Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
perbedaan bachelor of arts dan bachelor of science, wajib tahu

Perbedaan Bachelor of Arts dan Bachelor of Science, Wajib Tahu!

Beranda / Perkuliahan / Perbedaan Bachelor of Arts dan Bachelor of Science, Wajib Tahu!

Memilih kuliah di luar negeri tentu membuat kamu harus mencari tahu berbagai hal tentang perkuliahan yang ada di negara tujuan kamu. Gelar sarjana yang cukup populer di luar negeri umumnya B.A. dan B.Sc. Kamu perlu mengetahui perbedaan Bachelor of Arts dan Bachelor of Science sebelum memulai perkuliahan.

Untuk mendapatkan informasi perkuliahan di luar negeri, kamu bisa menghubungi tim ICAN Education Consultant. Lakukan konsultasi kuliah luar negeri bersama tim kami untuk memahami seperti apa perkuliahan di luar negeri dan persiapkan diri untuk menjalani masa studi di negara tujuan kamu.

Bachelor of Arts dan Bachelor of Science, Apa Bedanya?

B.A. adalah gelar yang bisa didapatkan dalam semua jenis mata pelajaran dan secara umum berkaitan dengan humaniora dan ilmu sosial. Sedangkan, B.Sc. adalah gelar yang berkaitan dengan aliran sains. Ada perbedaan antara konten, pendekatan studi dan ruang lingkin dari kedua gelar ini.

Bachelor of Arts

Gelar Bachelor of Arts menawarkan pendidikan yang lebih luas kepada siswa. Para siswa diwajibkan untuk mengambil berbagai mata pelajaran seni liberal, misalnya sastra, humaniora, sejarah, komunikasi, ilmu sosial dan bahasa asing.

Untuk para siswa yang kesulitan untuk memahami konsep matematika dan sains akan lebih memilih untuk mengikuti pelajaran seni. Di sini, siswa akan lebih banyak membaca dan menghafal daripada memecahkan berbagai formula ilmiah.

Baca Juga : Perbedaan Bachelor Dan Master, Mahasiswa Wajib Tahu!

Gelar B.A. memberikan pendidikan yang lebih luas. Karenanya, gelar ini membutuhkan kredit yang lebih sedikit daripada gelar Bachelor of Science. Mata kuliah di Bachelor of Science dirancang untuk mendorong penelitian di bidang humaniora.

Program yang satu ini umumnya ditawarkan di Sebagian besar perguruan tinggi dan universitas. Berbeda dengan program B.Sc., gelar B.A. umumnya memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam memilih kursus dan tidak terspesialisasi.

Dengan mengambil kursus seni dan humaniora, kamu dapat memperdalam pemahaman dan kesadaran budaya, selain mengembangkan keterampilan analitis, berpikir kritis, tertulis, dan komunikasi.

Gelar Bachelor of Arts mungkin menarik karena pendekatannya yang luas dan menyeluruh, yang dapat menawarkan pilihan ketika mencari karir atau gelar sarjana.

Bachelor of Science

Untuk gelar Bachelor of Science, siswa akan memiliki pendidikan yang lebih khusus di jurusan mereka. Gelar ini membutuhkan lebih banyak kredit daripada gelar B.A. karena lebih fokus pada jurusan tertentu.

Baca Juga : Mengenal Seputar Gelar Bachelor Of Science

Gelar yang satu ini biasanya ditawarkan dalam topik ilmiah, seperti teknologi, matematika, ilmu computer, biokimia dan teknologi. Siswa dituntut untuk fokus mempelajari bidangnya pada tingkat yang lebih mendalam.

Kursus dalam gelar Bachelor of Science melibatkan banyak tugas di laboratorium dan menghasilkan hasil yang sangat akurat. Bidang ini lebih fokus pada computer dan teknologi untuk memberikan keterampilan praktis kepada siswa.

Gelar Bachelor of Science berfokus pada penyediaan keterampilan praktis yang berorientasi pada pekerjaan dalam bidang yang terkait dengan sains atau matematika. Gelar ini biasanya membutuhkan banyak kursus sains dan matematika dan lebih sedikit kursus seni dan bahasa.

Siswa yang tertarik untuk mendapatkan gelar sarjana sains dapat memilih dari sejumlah jurusan yang berfokus pada sains, matematika, atau teknologi. Dengan begitu banyak pilihan di bidang studi ini, kamu bisa mendapatkan prospek kerja dalam bidang Kesehatan, keuangan, biologi, kimia, Teknik, pendidikan dan program komputer.

Perbedaan Bachelor of Arts dan Bachelor of Science tidak akan menjadi masalah besar jika kamu sudah mengetahui gelar mana yang akan kamu ambil.

Baca Juga : Apa Saja Perbedaan Bachelor Dan Undergraduate

Mana yang Lebih Baik Untukmu?

Jika kamu kesulitan untuk menentukan gelar mana yang tepat untuk kamu, ada dua pertanyaan utama untuk memastikan kamu mendapatkan gelar yang akan membantu karir kamu nantinya.

Pikirkan gelar apa yang ingin kamu dapatkan. Jika kamu ingin mendapatkan gelar dalam bidang humaniora, ilmu sosial, bisnis dan lainnya, B.A. bisa menjadi gelar yang tepat. Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan di bidang STEM, maka B.Sc. adalah yang tepat untuk kamu.

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan lagi adalah tujuan karir nantinya. Jika kamu ingin bekerja di bidang teknis atau laboratorium, B.S. menjadi gelar yang bisa kamu pilih, karena gelar tersebut menekankan kedua bidang keterampilan tersebut.

Nah, jika kamu berencana mengembangkan karir dalam bidang sosial, maka B.A. bisa kamu pilih. Banyak pemberi kerja yang membutuhkan karyawan yang memiliki keterampilan komunikasi dan bahasa asing.

Kedua gelar ini bisa kamu dapatkan di beberapa universitas terkemuka luar negeri, seperti:

  • Kent State University, Amerika
  • Berlin School Of Business & Innovation, Jerman
  • Tennessee State University, Amerika
  • University of Manitoba, Kanada
  • U International University of Applied Sciences, Jerman

Selain beberapa universitas ini, masih ada banyak universitas lainnya yang bisa kamu pilih. Kunjungi situs resmi universitas untuk mengetahui program studi dan gelar yang mereka tawarkan.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan