Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal seputar gelar bachelor of science

Mengenal Seputar Gelar Bachelor of Science

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Seputar Gelar Bachelor of Science

Sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu harus mengetahui apa saja gelar yang tersedia di universitas tujuan kamu. Salah satu gelar yang cukup banyak diminati adalah gelar bachelor of science. Gelar yang satu ini biasa disingkat dengan B. Sc.

Gelar bachelor of science adalah sebuah gelar yang diberikan oleh universitas di seluruh dunia untuk seseorang yang telah menyelesaikan tingkat sarjana di bidang terkait sains dan teknologi.

Lebih Jauh Tentang Gelar Bachelor of Science

Gelar Bachelor of Science (BS) adalah gelar sarjana empat tahun yang ditawarkan oleh banyak universitas dan perguruan tinggi dalam berbagai mata pelajaran. Gelar BS sering kali menjadi persyaratan untuk beberapa pekerjaan yang paling banyak diminati dan kompetitif, dan mendapatkan gelar tersebut dapat membuka pintu bagi segala jenis karier dan pilihan studi lebih lanjut.

Bachelor of Science adalah salah satu jenis gelar yang paling umum ditawarkan, bersama dengan gelar Bachelor of Arts (BA). Meskipun bisa mendapatkan gelar BS dalam mata pelajaran STEM (sains, teknologi, teknik, atau matematika), kamu juga bisa mengambil jurusan non-ilmiah dengan gelar BS.

Gelar B. Sc. Bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika kamu mengetahui persis pekerjaan apa yang kamu inginkan. Pilihan spesialisasi memungkinkan kamu untuk fokus pada kurikulum yang kamu minati.

Gelar yang satu ini juga membutuhkan lebih banyak kredit daripada gelar B.A. karena gelar B. Sc. lebih fokus pada jurusan tertentu. Mahasiswa dituntut untuk fokus mempelajari jurusan mereka secara lebih mendalam.

Jenis program sarjana yang satu ini memiliki pendekatan yang lebih teknis dan matematis. B.Sc. juga mempromosikan pemikiran yang mendalam dan terperinci, gelar ini juga meningkatkan pemikiran analitis dan statistik.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memilih gelar Bachelor of Science, seperti misalnya:

  • Langkah awal meniti karir: Sama halnya dengan B.A., mempelajari gelar B.Sc. juga memberikan Langkah yang sangat bagus menuju karir pilihan kamu
  • Pengalaman langsung: Beberapa program B.Sc. menawarkan kursus dengan penempatan kerja. Gelar ini biasanya mewajibkan siswa untuk menjalani 1 tahun penempatan kerja dalam bentuk magang atau pekerjana berbayar
  • Mempelajari kursus lain: Hanya karena kamu mengambil gelar B.Sc. tidak berarti bahwa kamu akan mempelajari mata pelajaran ilmu khusus saja. Ada fleksibilitas untuk mengambil minat dan menjelajahi rute dan opsi lain.

Sementara itu, banyak pekerjaan yang berbeda dapat dikejar oleh lulusan, gaji sangat bervariasi di seluruh bidang pekerjaan. Tiga contoh posisi bergaji tinggi yang bisa diperoleh seseorang dengan gelar B.Sc. adalah insinyur perangkat lunak, kepala keuangan dan konsultan layanan profesional senior.

Jurusan B. Sc. yang Umum Dipilih

Menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional, bisnis telah menjadi jurusan sarjana yang paling umum dari tahun 2010 hingga 2021. Ini adalah jurusan yang paling populer di kalangan mahasiswa sarjana: 

  • Business
  • Health professions
  • Social sciences and history
  • Biological and biomedical sciences
  • Psychology
  • Engineering

Kamu dapat mempelajari sebagian besar jurusan ini sebagai bagian dari gelar BS, meskipun jurusan itu sendiri mungkin tidak cocok dengan mata pelajaran STEM. Di beberapa universitas, gelar di bidang seni visual atau psikologi, misalnya, mungkin tersedia dalam bentuk BA atau BS, masing-masing dengan fokus yang sedikit berbeda.

Persyaratan untuk Gelar Bachelor of Science

Proses pendaftaran akan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, namun biasanya kamu perlu membuktikan bahwa sudah memenuhi persyaratan masuk pendidikan dan menyerahkan esai perguruan tinggi atau pernyataan tujuan dan lulus tes masuk SAT atau ACT. Beberapa perguruan tinggi dan universitas juga akan meminta surat rekomendasi dan resume.

Baca Juga:
Perbedaan Bachelor Of Arts Dan Bachelor Of Science, Wajib Tahu!
Kuliah Gelar Master of Science (MSc) – Pilihan Universitas dan Prospek Kerja

Universitas Terbaik untuk Meraih Gelar B.Sc.

Program BSc ditawarkan di sejumlah berbagai bidang. Ada beberapa universitas terbaik yang juga dapat kamu pilih untuk mendapatkan gelar B.Sc.

Jika kamu membutuhkan informasi yang lebih lengkap seputar universitas untuk meraih gelar ini, kamu bisa melakukan konsultasi universitas luar negeri di ICAN Education Consultant. Konselor kami akan memberikan informasi terbaik dan terlengkap sebelum kamu kuliah ke luar negeri.

Beberapa universitas terbaik untuk meraih gelar Bachelor of Science adalah

LSBF Singapore, Singapura Bachelor of Science (Honours) in Computer Science
King’s College, Inggris Bachelor of Science in Computer Science
University of London, Inggris Online BSc Accounting and Finance
University of Manchester, Inggris BSc (Hons) Accounting
University of Denver, Inggris BS in Accounting
University of Groningen, Belanda BSc in Psychology
University of Lincoln, Inggris BSc (Hons) Business Psychology
Florida Institute of Technology, Amerika BS in Electrical Engineering
University of Redlands, Amerika Bachelor of Science in Mathematics

Bachelor of Science biasanya berlangsung selama 3 tahun, di mana kamu akan menyelesaikan 24 mata pelajaran. Dari jumlah tersebut, beberapa akan berkontribusi ke jurusan kamu atau spesialisasi pilihan kamu. Beberapa lainnya akan menjadi pilihan sains dan beberapa lainnya akan menjadi mata pelajaran non-sains.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan