Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
persyaratan visa pelajar untuk kuliah di inggris

Persyaratan Visa Pelajar untuk Kuliah di Inggris

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Persyaratan Visa Pelajar untuk Kuliah di Inggris

Cara mengurus visa pelajar Inggris atau Student Visa tidaklah sulit jika kamu mau mempelajari prosedur dan bagaimana cara mengurusnya dengan benar. Pelajar internasional membutuhkan visa pelajar agar dapat melanjutkan studi di Inggris. Visa tersebut juga mengizinkan supaya kamu bisa tinggal dan melanjutkan kuliah di Inggris sampai masa perkuliahan selesai.

Jika kamu mengikuti pengarahan sebelum berangkat dari Indonesia, kamu akan memperoleh lebih banyak informasi terkait apa saja cara-cara praktis untuk mengajukan visa. British Council rajin mengadakan berbagai pengarahan sebelum keberangkatan ke banyak negara salah satunya adalah Indonesia.

Macam-Macam Visa Pelajar

Sebelum mengurus visa di Inggris, ada beberapa jenis visa pelajar yang wajib kamu ketahui. Dengan informasi ini, akan membantu supaya tidak salah menggunakan visa yang berakibat fatal pada rencana perkuliahan kamu nanti.

Visa pelajar bisa kamu dapatkan dengan mengajukan permohonan di kedutaan masing-masing negara. Sebagai agen pendidikan luar negeri, ICAN Education Consultant memiliki tim terbaik untuk membantu mengajukan visa pelajar kamu. Kami akan memastikan bahwa kamu sudah memenuhi semua persyaratan visa tersebut.

Student Visa

Untuk pelajar usia 16 tahun atau lebih dan memiliki rencana kuliah, kamu dapat mengurus student Visa menggunakan Student Route. Per 5 Oktober 2020, Student Route mengambil alih peran Tier 4 Route. Student Route juga merupakan bagian dari point-based immigration.

Bagi pelajar yang telah mengurus Visa 4 Route, maka dapat menggunakannya dan masih berlaku. Sedangkan yang mampu memenuhi syarat visa di Inggris boleh mengajukan Graduate Route, yang menyediakan layanan saat musim panas tahun 2021.

Kamu harus menunggu hingga memperoleh tawaran dari Universitas atau perguruan tinggi sebelum mengajukan pengurusan visa. Pihak kampus akan memberikan dokumen confirmation acceptance of studies atau CAS.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka lembaga perguruan tinggi pilihan kamu harus memperoleh persetujuan dari pemerintah Inggris.

Visa Studi Jangka Pendek

Visa studi Jangka pendek dapat kamu gunakan jika ingin mengikuti kursus panjang, sampai enam bulan atau kursus Bahasa Inggris sampai 11 bulan. Kamu bisa menggunakan visa ini sesuai lamanya waktu kursus serta tambahan 30 hari, selama kamu tidak tinggal di Inggris selama lebih dari sebelas bulan.

Visa studi jangka pendek harus kamu gunakan sesuai aturan. Beberapa larangan menggunakan visa di Inggris ini adalah tidak boleh menggunakannya pada kursus lainnya atau ganti kursus selama tinggal di Inggris. Kamu juga tidak diperbolehkan sekolah negeri, bekerja pada berbagai bisnis apapun, memperpanjang masa visa, atau membaw keluarga dalam visa.

Baca Juga : Benarkah Kuliah Di Inggris Murah? Ini Estimasinya!

Peraturan Visa Pelajar Terbaru di Inggris

Peraturan tentang visa pelajar inggris telah disampaikan oleh sekretariat Inggris terkait mahasiswa asing. Beberapa perubahan tersebut tidak berdampak bagi pemohon sah. Agar lebih paham, berikut adalah informasi tentang peraturan visa terbaru berdasarkan UK Border Agency:

Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Pengajuan visa dari luar EU harus punya kemampuan Bahasa Inggris sesuai standar GCSE (peraturan terdahulu hanya cukup menguasai Bahasa inggris tingkat dasar). Umumnya, universitas tidak menerima calon mahasiswa apabila mempunyai skor IELTS kurang dari 6,0.

Peraturan Kerja Sambil Kuliah

Mahasiswa yang memilih program di bawah level sarjana hanya boleh bekerja selama 10 jam tiap minggu. Peraturan lama memperbolehkan bekerja 20 jam tiap minggu.

Peraturan Seputar Tanggungan

Jika memilih program pendidikan kurang dari 6 bulan, tidak boleh membawa tanggungan, dan tanggungan mahasiswa pada program di bawah level sarjana tidak diizinkan bekerja.

Baca juga : Catat! Ini Alasan Apply Visa Ke Inggris Ditolak

Peraturan Seputar Penempatan Kerja

Visa program bawah level sarjana dengan adanya izin penempatan kerja hanya akan disediakan kalau institusi tersebut memperbarui pendaftarannya pada Highly Trusted Sponsors List.

Setiap kali mengurus visa pelajar, maka kamu harus berapa besarnya biaya permohonan visa tersebut. Masing-masing negara pasti punya ketentuan yang berbeda.

Jika kamu berusia 18 tahun atau lebih dan program studi berada di tingkat sarjana, kamu biasanya dapat tinggal di Inggris hingga 5 tahun. Jika di bawah level sarjana, kamu biasanya dapat tinggal di Inggris hingga 2 tahun.

Untuk kuliah di Inggris, per juli 2021, besaran biaya permohonan visa yaitu £144. Apabila kamu tidak mempunyai seluruh dokumen yang telah diwajibkan, seperti contoh paspor, maka kamu harus membayar biaya lebih.

Baca juga : Cara Membuat Visa Jangka Pendek UK

Syarat Mengurus Visa di Inggris dan Izin Kerja

Berikut adalah syarat lengkap mengurus visa di Inggris khusus bagi pelajar:

  • Pasport baru, masih berlaku
  • Referensi certificate of acceptance for studies valid
  • Semua sertifikat pendidikan termasuk ijazah harus asli
  • Bukti mampu membayar biaya kuliah tahun pertama, juga biaya hidup sampai Sembilan bulan
  • Bukti hubungan dengan wali sah atau orangtua jika dana perkuliahan menggunakan nama mereka
  • Sertifikat skema persetujuan teknologi akademik (opsional, mengikuti syarat kampus)
  • Dokumen pendukung harus diterjemahkan dalam Bahasa Inggris
  • Sertifikat bebas TBC dengan hasil rontgen dada dari RS. Premiere

Mahasiswa internasional seringkali memilih kuliah di Inggris serta mengambil pekerjaan part-time, mengikuti kegiatan magang atau penempatan kerja sambil kuliah. Perguruan tinggi dan jenis visa di Inggris sangat mempengaruhi jumlah jam serta jenis pekerjaan apa yang dapat kamu lakukan.

Untuk pelajar usia 16 tahun atau lebih, boleh bekerja walaupun hanya terbatas pada program magang yang sesuai dengan perkuliahan. Hal ini memberikan peluang besar untuk menghasilkan uang tambahan, sekaligus meningkatkan pengalaman bekerja selama di Inggris, bertemu banyak orang baru dan meningkatkan prospek karir.

Hak bekerja sangat bergantung pada izin imigrasi, sehingga sangat penting mengetahui kebijakan apa yang diperbolehkan dan tidak dari jenis visa yang kamu miliki. Kamu juga harus mengikuti seluruh larangan yang telah dijelaskan oleh pihak imigrasi.

Izin pelajar dapat digunakan untuk bekerja selama atau setelah perkuliahan. Misalnya, jika kamu mengambil perkuliahan jurusann kedokteran di Inggris, maka kamu dapat bekerja sebagai seorang dokter gigi atau doktor melalui program pelatihan setelah selesai kuliah. Dengan informasi lengkap tentang visa di Inggris ini, kamu dapat menggunakan visa pelajar secara tepat.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan