Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 program pertukaran buat pelajar sma, bisa jadi peluang

Program Pertukaran Buat Pelajar SMA, Bisa Jadi Peluang!

Beranda / Perkuliahan / Program Pertukaran Buat Pelajar SMA, Bisa Jadi Peluang!

Program pertukaran pelajar SMA sangat membantu apabila kamu ingin menikmati pengalaman belajar di luar negeri. Walaupun terdengar tidak mudah, ada beberapa pilihan program pertukaran pelajar yang dibiayai secara penuh.

Dari program pertukaran pelajar, kamu bisa menikmati belajar pada lingkungan baru terutama di luar negeri. Ketika orang lain harus mengeluarkan biaya transportasi dan kebutuhan lainnya selama menjalani keseharian di luar negeri, hal ini justru tidak berlaku bagi para pelajar yang memperoleh kesempatan program pertukaran belajar secara Fully funded.

Daftar Pilihan Program Pertukaran Pelajar Khusus SMA

Dalam program pertukaran pelajar fully funded, kamu akan menerima banyak materi termasuk wawasan baru terkait budaya, bertemu orang-orang baru, bahkan belajar bahasa baru. Fully funded berarti kamu bisa mengikuti program tersebut secara gratis mulai dari biaya transportasi sampai biaya kebutuhan selama tinggal di luar negeri.

Jika tertarik mengikuti program pertukaran pelajar SMA, kamu bisa mencoba beberapa peluang berikut:

Youth for understanding

Program pertukaran pelajar ini disediakan setiap tahun dengan beberapa pilihan negara tujuan mulai dari Australia, Austria, Belgia, Italia, Finlandia, Swiss, Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang. Program tersebut membuat kamu bisa merasakan tinggal pada sebuah keluarga angka sekolah pada negara tujuan selama 2 semester atau 1 tahun.

Keuntungan dari program ini adalah kamu bisa berinteraksi dengan orang asing pada latar belakang Berbeda sehingga bisa belajar budaya negara lain. Jika kamu melihat informasi situs resmi maka program ini berlangsung setiap bulan Juli dan September.

United World college

Pilihan berikutnya program pertukaran pelajar yang merupakan gerakan pendidikan dengan total 16 sekolah internasional maupun perguruan tinggi. Terdapat pula komite nasional yang sudah ada pada 140 negara.

Dalam program ini kamu harus mengikuti beberapa tahap pendaftaran sehingga hanya peserta yang lolos seleksi yang bisa mengikuti program tersebut. Tidak perlu patah semangat, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menikmati ke luar negeri tanpa biaya.

Baca juga:
Alasan Penting Kamu Harus Ikut Program Pertukaran Pelajar

Australia-Indonesia Muslim Exchange Program

Program pertukaran pelajar SMA ini khusus bagi Pelajar Muslim Indonesia yang ingin mengetahui banyak hal tentang Australia. Kamu bisa belajar tentang organisasi agama Universitas, sekolah, masyarakat dan budayanya di Australia.

Program pertukaran pelajar tersebut berlangsung selama dua minggu sehingga kamu bisa menikmati pengalaman berbeda. Untuk proses pendaftarannya terbilang mudah karena hanya daftar dan siapkan semua persyaratan.

KL YES

KL Yes adalah program pertukaran pelajar khusus SMA dan merupakan program fully funded. Program ini sudah ada sejak tahun 2003 sekaligus telah berkontribusi memberikan fasilitas lebih dari 1000 pelajar Indonesia untuk menikmati pengalaman pendidikan di Amerika Serikat. Latar belakang Apapun yang kamu miliki selama kamu adalah pelajar Indonesia yang aktif juga berprestasi, kamu punya peluang mengikuti program pertukaran pelajar ini.

Selama mengikuti program, Kamu akan tinggal dengan keluarga Amerika Serikat dan sekolah pada SMA lokal. Kamu juga akan belajar bagaimana pengalaman hidup di Amerika Serikat. Selain itu kamu juga wajib mempelajari persyaratan program pertukaran pelajar ini terutama dalam hal syarat waktu lahir.

Asia Kakehashi

Pilihan terakhir sebagai program pertukaran pelajar dari Kementerian Pendidikan Jepang khusus pelajar SMA Indonesia. Penerima beasiswa ini bisa memperoleh kehidupan seperti orang Jepang karena kamu akan tinggal dengan keluarga lokal disana.

Tujuannya adalah supaya kamu bisa mempelajari bagaimana kehidupan dan berinteraksi dengan masyarakat Jepang. Ada banyak kegiatan yang juga menguntungkan karena dapat meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.

Baca juga: Syarat Pertukaran Pelajar SMA Ke Amerika

Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar SMA

Pertukaran pelajar tentu mengharuskan kamu untuk ke luar negeri dan beradaptasi dengan budaya di sana. Lakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant agar kamu dapat mengetahui seperti apa pendidikan dan perkuliahan di luar negeri.

Selanjutnya kamu juga perlu mengetahui apa saja keuntungan mengikuti program pertukaran pelajar. Tidak hanya belajar tentang budaya lain kamu bisa membawa kebiasaan yang baik dari budaya luar negeri seperti terbiasa datang tepat waktu hidup teratur, juga berkata sopan sehingga dapat kamu terapkan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa belajar meningkatkan jaringan. Perkenalan dan kedekatan para pelajar tidak hanya sekedar reuni tetapi juga bisa membuka peluang bisnis. Bagian hal yang tak kalah penting yaitu kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris karena kesempatan tinggal di luar negeri.

Mau tidak mau kamu harus menggunakan bahasa Inggris selama tinggal di sana untuk berinteraksi dengan keluarga lokal maupun dengan masyarakat sekitar. Skill ini bisa kamu gunakan setelah selesai dan kembali ke Indonesia, untuk menjadi guru privat, atau memperoleh posisi pekerjaan lebih baik.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan