Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 prospek kerja teknik industri di indonesia

5 Prospek Kerja Teknik Industri Di Indonesia

Beranda / Bacaan Umum / 5 Prospek Kerja Teknik Industri Di Indonesia

Prospek kerja teknik industri di masa depan cukup menjanjikan dan jurusan teknik industri adalah salah satu program studi yang banyak diminati. Tidak hanya populer, tetapi prospek pekerjaan ini cukup menjanjikan.

Jika kamu tertarik untuk mengambil program studi teknik industri, ada banyak prosesor pekerjaan yang bisa dilihat di masa depan. Tidak hanya melihat prospek pekerjaan, kamu harus memastikan bahwa teknik industri adalah jurusan yang sesuai dengan  minat dan bakat kamu.

Seputar Jurusan Teknik Industri

Jurusan teknik industri adalah bidang ilmu yang akan membantu kamu mempelajari bagaimana cara mengoptimalisasikan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Misalnya, seperti memproduksi barang, pengelolaan dan ekonomi dengan pendekatan yang lebih sistematis.

Jadi singkatnya program studi teknik industri adalah ilmu yang mempelajari banyak hal terkait optimalisasi sistem melalui Rekayasa Industri. Nantinya kamu tidak hanya diminta untuk mengerti tentang mesin manufaktur, tetapi juga memahami bagaimana sistem manajemen pabrik bisa dijalankan.

Maka dari itu, jurusan teknik industri akan lebih menekankan fokus di sisi manajemen dari industri tersebut.

Biasanya prospek pekerjaan teknik industri ini akan memiliki tanggung jawab untuk mengoptimalisasi praktis dari beberapa sistem produksi pabrik, bertanggung jawab pada proposal strategi, hingga membuat desain yang optimal untuk Manajemen perusahaan.

Baca juga : Jurusan Teknik Industri Terbaik di Dunia, Ini Kampus Pilihannya!

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri yang Menjanjikan

Telah menyelesaikan pendidikan teknik industri di perkuliahan, ada banyak  prospek pekerjaan yang bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa prospek pekerjaan untuk lulusan teknik industri yang menjanjikan di masa depan.

Industrial Engineer

Prospek pekerjaan pertama yang bisa kamu pilih adalah Industrial Engineer. Pekerjaan yang satu ini memiliki tanggung jawab untuk membuat rancangan proses produksi dan memastikan bahwa produk yang digunakan telah memenuhi standar kualitas perusahaan.

Tidak hanya membuat rancangan saja, tetapi kamu juga akan diminta untuk memperkirakan biaya produksi hingga proses pengelolaan dan menyiapkan laporan produksi.

Industrial engineer banyak diminati oleh lulusan teknik industri karena gajinya cukup besar. Rata-rata gaji untuk pekerjaan ini pada level fresh graduate sudah dimulai dari belasan juta rupiah, tetapi disesuaikan dengan skala perusahaan tempat kamu bekerja.

Project Manager

Proses pekerjaan selanjutnya adalah Project Manager, di mana memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan unit usaha di perusahaan agar dapat berjalan sesuai dengan rencana dan menghasilkan keuntungan.

Seseorang yang memiliki posisi sebagai Project Manager harus mampu memastikan bahwa proyek yang digarap sesuai dengan rencana. Banyak yang harus dipikirkan, mulai dari rencana biaya  hingga hasilnya. Oleh karena itu, gaji yang dimiliki oleh Project Manager setara supervisor yaitu mulai dari 7 juta hingga 15 juta  disesuaikan dengan tempat kerja. 

Spesialis Logistik

Prospek pekerjaan selanjutnya adalah spesialis logistik yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahan baku yang digunakan pada produksi tercukupi dan memelihara berbagai macam alat produksi yang dibutuhkan.

Pada prakteknya spesialis logistik ini akan berwenang pada bahan baku produksi, produk proses produksi, kelebihan pasokan, hingga tahap akhir yaitu produksi sampai di tangan pelanggan.

Spesialis logistik memiliki gaji rata-rata mulai dari UMR hingga 7 juta disesuaikan dengan tempat bekerja.

Quality Controller

Prospek pekerjaan yang cocok selanjutnya untuk teknik industri adalah Quality Controller. Pekerjaan ini memiliki tugas utama untuk menguji kelayakan sebuah produk sebelum akhirnya dipasarkan. 

Selain itu, bekerja sebagai quality controller kamu juga harus membuat laporan secara rinci untuk bisa disampaikan kepada manajer produksi. Apabila kamu tertarik, prospek kerja teknik industri yang satu ini dibutuhkan dalam berbagai macam sektor perusahaan.

Pada level fresh graduate rata-rata gaji controller ini sesuai dengan UMR Tetapi beberapa perusahaan juga memberikan lebih banyak dari gaji UMR. 

Product Analyst

Banyak sekali proses pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan teknik industri, salah satunya adalah product analyst. Prospek pekerjaan yang didapatkan oleh product analyst ini memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan strategi marketing sebuah produk dan melakukan perbandingan dan trend industri terkini.

Kamu juga bisa melakukan analisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan dan memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, serta menilai keseluruhan proses produk.

Secara umum produk analis disetarakan dengan level supervisor atau high skilled professional, jadi gaji yang didapatkan mulai dari 7 juta hingga belasan juta.

Prospek kerja jurusan teknik industri sangat banyak mulai dari industrial engineer, project manager,  spesialis logistik, quality controller, product analyst,  dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut setelah menyelesaikan pendidikan teknik industri, minimal jenjang Sarjana.

Jika ingin kuliah teknik industri di luar negeri untuk mendapatkan prospek pekerjaan lebih luas secara global, konsultasikan  keinginan tersebut dengan agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education Consultant  yang akan memberikan berbagai macam informasi seputar jurusan teknik industri di luar negeri, serta tips-tips jitu  agar bisa mendaftar di kampus favorit kamu.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan