Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Ketahui Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

Ketahui Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Ketahui Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

Mengetahui apa saja syarat masuk jurusan ilmu gizi akan membantu kamu mempersiapkan diri dengan baik, sehingga keinginan untuk mempelajari ilmu gizi bisa  terwujud. Program studi gizi merupakan disiplin ilmu yang akan membantu mempelajari tentang kandungan nutrisi di dalam sebuah makanan, serta  belajar mengatur pola makan dan gaya hidup sehat.

Mahasiswa jurusan ilmu gizi akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan makanan maupun nutrisi dari berbagai macam sudut pandang, misalnya  ilmu biologi, ilmu kedokteran,  ilmu kesehatan, ilmu ekonomi, dan  ilmu sosial. Mahasiswa juga akan belajar bagaimana cara menghitung kebutuhan nutrisi dengan merancang diet yang seimbang sesuai dengan kondisi kesehatan pasien.

Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

Belakangan ini masyarakat semakin sadar akan gaya hidup sehat sehingga  ahli nutrisi menjadi salah satu program studi yang mulai banyak diminati sebab peluang kerjanya cukup menjanjikan di masa depan. Apabila kamu termasuk salah satu orang yang tertarik untuk kuliah jurusan ilmu gizi, maka berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan:

Tidak Buta Warna

Tidak  buta warna adalah salah satu syarat untuk bisa masuk jurusan ilmu gizi. Jadi buta warna merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membedakan beberapa, atau bahkan semua warna. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya kelainan pada pigmen di dalam sel penglihatan mata, atau bisa jadi karena ada masalah dalam saraf mata.

Karena kemampuan untuk bisa membedakan warna dan detail  penting halus di dalam jurusan ilmu gizi merupakan bagian penting. Sebagai mahasiswa jurusan ilmu gizi, nantinya ada tugas dan pekerjaan yang harus dikerjakan dengan melibatkan warna dan bentuk, baik untuk makanan maupun minuman.

Bebas Narkoba

Selanjutnya, masuk jurusan gizi juga harus terbebas dari narkoba ya. Narkoba dan napza tentu memiliki  dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang bahkan bisa mengancam nyawa diri sendiri dan orang lain. Salah satu mah syarat masuk jurusan ilmu gizi adalah terbebas dari segala bentuk obat-obatan yang terlarang.

Narkoba bisa mempengaruhi kemampuan belajar dan kinerja akademik calon mahasiswa. Oleh karena itu jika kamu tertarik menjadi salah satu mahasiswa jurusan ilmu gizi haruslah bebas dari narkoba dan napza.

Memiliki Tinggi dan Berat Badan Ideal

Syarat selanjutnya adalah memiliki tinggi dan berat badan ideal. Memiliki tinggi dan berat badan ideal yang sehat tentu bisa membantu calon mahasiswa program studi gizi memahami Bagaimana cara menjaga kesehatan secara umum. Sebagai calon ahli gizi kamu harus sadar Pentingnya menjaga nutrisi yang seimbang di dalam tubuh diri sendiri dan klient di bahasa mendatang.

Ketika belajar ilmu gizi kamu juga akan mempelajari berbagai macam prinsip-prinsip dan diet, sehingga harus bisa diterapkan pada diri sendiri terlebih dahulu, kemudian bisa menerapkannya kepada orang lain dan klien.

Memiliki Ketelitian Tinggi

Syarat selanjutnya diharapkan mahasiswa jurusan ilmu gizi juga memiliki ketelitian yang tinggi, apalagi ketelitian dalam mengukur. Jadi ketelitian dalam mengukur menjadi salah satu hal yang sangat penting di jurusan gizi, sebab di bidang ini pengukuran akurat dari berbagai macam parameter tubuh. Misalnya seperti berat badan, tinggi badan, lingkar lengan, lingkar pinggang, semuanya sangat penting untuk bisa menentukan keberhasilan program diet.

Selain itu di dalam penelitian gizi, ketelitian dalam pengukuran dibutuhkan untuk bisa menghasilkan data yang valid dan terpercaya. Contohnya, di dalam penelitian yang memiliki kaitannya dengan pola makan tentu dibutuhkan ketelitian dalam pengukuran asupan makan klien. 

Suka Gaya Hidup Sehat

Syarat masuk jurusan ilmu gizi selanjutnya disarankan agar kamu memiliki gaya hidup yang sehat. Dengan pola gaya hidup sehat tentu kamu akan menjaga makanan yang dikonsumsi, olahraga secara teratur, tidur dengan cukup, dan tidak merokok. Ketika calon mahasiswa di jurusan ilmu gizi senang dengan gaya hidup yang sehat tentu mereka akan merasa energik.

Selain itu kamu juga akan terasa lebih sehat dan lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup sehat yang kamu jalani bisa menjadi inspirasi bagi beberapa klien yang sedang berkonsultasi  seputar gizi dengan kamu.

Baca Juga:
Jurusan Ilmu Gizi Di Luar Negeri, Seperti Apa Perkuliahannya?

Kelebihan Kuliah Jurusan Gizi

Jadi secara umum jurusan ilmu gizi ini memiliki tujuan untuk bisa mempelajari hubungan antara asupan makanan seseorang dengan kualitas tubuh manusia. Asupan makanan yang tepat tentu bisa mempengaruhi produktivitas, kecerdasan,  serta kesehatan seseorang. Kualitas asupan dari suatu negara bisa mempengaruhi kualitas dari masyarakat di dalamnya.

Jadi bisa dikatakan jurusan ahli gizi tidak hanya belajar tentang ilmu biologi dan kimia saja, tetapi juga bisa memahami hal di luar sektor kesehatan, misalnya seperti ekonomi kemasyarakatan sosial & ilmu budaya. Nah,  kuliah jurusan ilmu gizi tentu bisa memberikan beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan, seperti berikut:

  • Lulusan ahli gizi banyak dibutuhkan di berbagai macam bidang industri. Berhasil menjadi seorang ahli gizi, kamu memiliki kesempatan untuk bersinggungan dengan berbagai macam aspek keilmuan lainnya. Misalnya saja di bidang industri yang bersentuhan dengan masyarakat, biasanya mereka akan membutuhkan ahli zat makanan terutama untuk industri makanan dan perawatan tubuh.
  • Menjadi seorang ahli gizi kamu memiliki ilmu yang nantinya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu kamu sudah mengetahui bagaimana cara menjaga pola hidup sehat hingga makanan apa saja yang harus dijaga. 
  • Kelebihan lainnya kamu memiliki kesempatan untuk belajar hal baru yang unik. Jadi, kamu akan belajar lebih banyak seputar bahan pangan.

Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika yakin untuk mengambil jurusan ilmu gizi. Tidak perlu khawatir sebab prospek pekerjaan dari ilmu gizi cukup banyak sehingga jurusan ini menjadi salah satu program studi yang disarankan bagi kamu.

Untuk mendapatkan perguruan tinggi berkualitas  yang menyediakan jurusan ilmu gizi konsultasikan keinginan kamu dengan agen pendidikan terbaik ICAN Education. Kamu akan didampingi oleh konselor profesional yang sudah ahli di bidangnya, sehingga bisa mendapatkan kampus terbaik sesuai keinginan. Tugas kamu hanya perlu mempersiapkan diri memenuhi semua syarat masuk jurusan ilmu gizi.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan