Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa saja syarat tinggal di kanada

Apa Saja Syarat Tinggal di Kanada?

Beranda / Bacaan Umum / Apa Saja Syarat Tinggal di Kanada?

Kanada merupakan salah satu negara yang indah di dunia dan memiliki banyak area untuk dieksplorasi. Pendudukan ada juga terkenal sebagai masyarakat yang selalu bersikap ramah kepada orang lain sehingga membuat warga negara asing di negara tersebut selalu diterima.

Ada banyak orang yang berpengaruh di dunia berasal dari Kanada. Kanada juga memiliki kualitas pendidikan terjamin, sehingga bisa memberikan kesempatan bagi setiap siswa di dunia untuk diterima di kampus unggul Kanada.

ICAN Education Consultant, sebagai agen pendidikan luar negeri sudah berhasil mengantarkan banyak siswa Indonesia untuk kuliah di Kanada. Namun sebelum melakukan perpindahan untuk melanjutkan pendidikan di Kanada, para siswa tersebut harus memenuhi berbagai macam syarat tinggal di Kanada.

Ketahui Beberapa Syarat Tinggal di Kanada

Setiap tahun ada sekitar 250000 orang yang tertarik untuk tinggal di Kanada. Tinggal di Kanada Sebenarnya bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan apabila berhasil memenuhi berbagai macam syarat yang telah ditentukan. Nah, berikut ini beberapa syarat penting yang harus kamu lakukan.

Periksa Apakah Kamu Memenuhi Syarat Tinggal di Kanada

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu apakah semua syarat sudah terpenuhi. Sebelum melangkah lebih jauh untuk pindah ke Kanada, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Ada berbagai macam alasan yang membuat orang ditolak untuk tinggal di Kanada, seperti berikut;

  • Pernah melakukan pelanggaran hak asasi manusia secara internasional
  • Pernah memiliki catatan kriminal
  • Memiliki masalah pada kesehatan
  • Memiliki masalah pada finansial
  • Misrepresentasi atau membuat pernyataan yang tidak sesuai dengan kenyataan.
  • Tidak sesuai dengan undang-undang perlindungan imigran dan pengungsi
  • Ada anggota keluarga yang tidak bisa diterima di Kanada

Jika beberapa alasan tersebut tidak ada di dalam diri kamu, maka peluang besar untuk tinggal di Kanada bisa didapatkan.

Baca juga : Kehidupan Di Kanada Yang Wajib Diketahui Siswa

Pertimbangkan Izin Tinggal Resmi di Kanada

Selanjutnya sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkan berbagai macam izin tinggal secara resmi di Kanada. Jadi kamu perlu mendapatkan jalur resmi untuk masuk ke Kanada. Apabila kamu menggunakan jalur yang tidak resmi maka melanggar hukum dan bisa dideportasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tinggal di Kanada seperti berikut;

  • Menggunakan jalur pekerja ahli. Pertama kamu bisa menggunakan jalur pekerja ahli yang dikhususkan bagi kaum pekerja dan dianggap sebagai cara efektif untuk mendapatkan izin tinggal di Kanada. Orang yang memiliki pengalaman bekerja minimal 12 bulan secara penuh waktu pada bidang manajerial, profesional, atau keahlian tertentu bisa melamar dengan kategori yang satu ini. 
  • Melalui Rintisan Bisnis atau Investor. Selanjutnya kami juga bisa masuk sebagai seseorang yang merintis bisnis atau investor. Jadi ada berbagai macam pisau yang digunakan oleh wiraswastawan, pemilik bisnis pribadi, atau investor profesional. Investor yang sudah melamar melalui jalur investor ini harus memiliki keuntungan bersih setidaknya 10 juta dolar Kanada atau lebih ya. 
  • Melalui tingkatan provinsi. Yang satu ini merupakan golongan penduduk tingkat provinsi yang diperoleh apabila provinsi Kanada tertentu memilih kamu untuk pindah ke daerah tersebut. Izin tinggal seperti ini sebenarnya jarang terjadi

Masih banyak jalur yang bisa digunakan. Salah satunya juga jalur untuk siswa internasional yang tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di Kanada.

Baca Juga : Persyaratan Visa Kanada Untuk Siswa Internasional

Lengkapi Permohonan yang Sesuai untuk Visa

Selanjutnya kamu juga bisa memenuhi persyaratan yaitu melengkapi permohonan yang sesuai. Permohonan yang paling sesuai dengan situasi untuk mengajukan Visa. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan dijadikan ada, maka bisa mengisi aplikasi untuk mahasiswa internasional.

Bagi para pelajar internasional, visa untuk tinggal di Kanada sangatlah penting. Sisa ini lebih sering disebut sebagai study permit. Selain itu, kemungkinan besar kamu juga harus memiliki visa tinggal sementara atau Electronic Travel Authorization (ETA). Pihak imigrasi atau otoritas terkait akan memberitahu kamu jika memang membutuhkan ETA sebagai salah satu mendaftar study permit.

Sebenarnya syarat untuk mendapatkan visa siswa internasional ini bisa berubah sewaktu-waktu dengan cepat. Maka dari itu kamu harus selalu update perubahan peraturan untuk bisa tinggal di Kanada sebagai siswa ya. Nah, berikut ini beberapa persyaratan untuk mengajukan study permit di Kanada;

  • Kamu sudah terdaftar di salah satu institusi maupun lembaga pendidikan di Kanada
  • Tidak memiliki laporan kriminal
  • Menyertakan bukti sehat secara jasmani 
  • Membuktikan bahwa kamu akan tinggal di Kanada untuk belajar

Setelah itu nantinya akan diberikan kode referensi personal, daftar dokumen yang harus disediakan dalam bahasa Inggris maupun Perancis, serta hal-hal yang berguna untuk pengajuan visa dan instruksi selanjutnya. 

Ada banyak syarat tinggal di Kanada yang harus kamu penuhi, entah sebagai pelajar maupun pekerja. Bahkan kamu juga harus menyiapkan keuangan yang cukup, sebab pemerintah Kanada tidak ingin ada imigran yang kekurangan uang untuk memenuhi kehidupan di Kanada.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan