Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
syarat visa student australia terbaru 2023

Syarat Visa Student Australia Terbaru 2023

Beranda / Bacaan Umum / Syarat Visa Student Australia Terbaru 2023

Sebelum kamu melanjutkan pendidikan ke Australia dan menambah banyak pengalaman, ada berbagai macam persyaratan yang harus disiapkan salah satunya adalah Visa. Visa pelajar sangat dibutuhkan bagi mahasiswa yang datang dari luar negara.

Untuk mengurus visa tersebut, maka siapkan dulu semua syarat visa student Australia. Jadi student visa Australia dan  merupakan visa khusus yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah Australia untuk pelajar internasional.

Proses pendaftaran bisa ini dapat dilakukan setelah kamu mendaftar dan diterima menjadi salah satu bagian dari sekolah atau universitas yang diinginkan di Australia. Nanti, pihak imigrasi bisa melihat apakah aplikasi visa dan kondisi kamu secara keseluruhan sesuai melalui GTE statement.

Pahami Syarat Visa Student Australia Terbaru

Untuk mendapatkan visa pelajar Australia, pastikan kamu sudah mengetahui semua persyaratannya. Persyaratan pembuatan Visa pelajar di Australia ini biasanya mengalami pembaruan atau update. Cari informasi terbaru sehingga semua persyaratan sudah disiapkan dengan benar.

Nah, berikut ini syarat untuk membuat visa pelajar Australia terbaru yang sudah diupdate.

Menyediakan Paspor

Persyaratan pertama wajib disediakan adalah paspor yang masih berlaku. Paling tidak masa berlaku paspor masih memiliki durasi 6 bulan dari tanggal penerbitan visa pelajar Australia.

Kamu bisa mengirimkan foto paspor dan jangan lupa untuk memformat dengan bentuk PDF atau JPG.

Baca Juga:
Ketahui Jenis Visa Pelajar Australia

Confirmation of Enrollment

Menyediakan paspor untuk mengurus visa pelajar Australia, ternyata kamu juga harus menyediakan Confirmation of Enrollment atau CoE. Dokumen resmi tersebut didapatkan dari universitas yang menyatakan bahwa kamu sudah diterima menjadi salah satu pelajar internasional di perguruan tinggi tersebut.

Jadi kamu akan mendapatkan CoE  setelah adanya tawaran dari universitas yang akan diberikan melalui Offer Letter. Setelah menerima Conditional Offer Letter Berarti kamu sudah ditawarkan tempat untuk belajar di Universitas tersebut, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

CoE sangat dibutuhkan untuk membuat paspor pelajar Australia dan juga digunakan untuk mengajukan permohonan Overseas Student Health Cover (OSHC).

Menyerahkan Bukti Keuangan

Untuk membuat visa pelajar Australia terbaru kamu juga harus menyertakan bukti keuangan. Nanti Department of Home Affairs akan membutuhkan bukti keuangan yang bisa menjamin bahwa kamu memiliki cukup biaya untuk tinggal di Australia dan memenuhi semua kebutuhan hidup, kebutuhan studi, dan berpergian setidaknya untuk 12 bulan di Australia.

Ada beberapa bukti keuangan yang bisa ditunjukkan, seperti berikut;

  • Rekening bank dengan saldo cukup untuk membiayai kebutuhan hidup kebutuhan studi, dan bepergian selama di Australia. Pastikan kamu menyertakan bukti rekening bank dengan bahasa Inggris dan nilai saldo dengan mata uang Australia.
  • Menyertakan bukti penghasilan atau surat keterangan dari orang tua maupun sponsor yang bisa menjamin biaya kebutuhan hidup dan studi selama di Australia.
  • Surat keterangan beasiswa atau penghargaan yang akan menjamin biaya hidup, biaya studi, dan bepergian selama di Australia.

Jika kamu menggunakan orang tua atau keluarga ke dalam aplikasi visa pelajar Australia, maka harus mempersiapkan biaya tambahan.

Menyertakan Hasil Tes Bahasa Inggris

Untuk membuat visa pelajar Australia yang terbaru, ternyata kamu juga harus mempersiapkan hasil tes bahasa Inggris. Departemen Imigrasi Australia membutuhkan hasil tes bahasa Inggris kamu yang memadai.

Hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan kemampuan bahasa Inggris kamu cukup sehingga bisa berkomunikasi dengan mudah dan mengikuti program studi di Australia. Ada beberapa tes bahasa Inggris yang bisa digunakan, seperti berikut;

Pilih salah satu tes bahasa Inggris dan pastikan sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh institusi.

Baca Juga:
Berapa Lama Masa Berlaku Visa Australia?

Overseas Student Health Cover

Persyaratan selanjutnya yang dibutuhkan adalah Overseas Student Health Cover   yang merupakan jenis asuransi kesehatan dan dirancang khusus bagi para pelajar internasional di Australia.

Dengan kenaikan biaya perawatan kesehatan di Australia sekitar 5% setiap tahunnya, tentu OSHC  sangat dibutuhkan oleh pelajar internasional. Tujuannya untuk membantu menutupi biaya pengobatan  atau perawatan di rumah sakit yang dibutuhkan oleh pelajar internasional.

Menyediakan Foto

Selanjutnya kamu juga akan membutuhkan pas foto terbaru dengan resolusi yang cukup sehingga memenuhi kriteria yang telah diminta oleh DHA.

Genuine Temporary Entrant (GTE) Statement

Syarat visa student Australia yang terbaru harus menyediakan GTE Statement. Merupakan surat pernyataan yang bisa menjelaskan alasan kenapa kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Australia.

Kamu juga harus menyertakan tujuan kuliah di Australia dengan serius dan akan kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.

Dokumen Tambahan

Untuk mengurus visa pelajar Australia yang terbaru akan ada beberapa dokumen tambahan yang disesuaikan dengan beberapa institusi di Australia. Beberapa institusi biasanya meminta sertifikat kelahiran, sertifikat kesehatan, atau sertifikat karakter yang dapat dibuktikan melalui SKCK.

Jadi sebaiknya kamu mempersiapkan semua dokumen-dokumen tambahan terlebih dahulu, sebelum akhirnya diproses Melalui aplikasi Student Visa Australia.

Baca Juga:
Pengurusan Aplikasi Visa Australia

Cara Mudah Membuat Visa Pelajar Australia

Setelah mempersiapkan syarat visa student Australia, ada beberapa langkah yang untuk proses pembuatannya, seperti berikut;

  • Pertama silahkan buat akun di website Departemen Imigrasi Australia.  Pastikan kamu sudah memiliki alamat email yang aktif dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Setelah itu isi formulir aplikasi Student Visa Australia. Isi dengan teliti dan jujur setiap pertanyaan, termasuk untuk GTE Statement  yang bisa menjelaskan tujuan kamu belajar di Australia dan apa niat kembali ke negara asal setelah selesai studi.
  • Unggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Gunakan dalam format PDF atau JPG dan ukuran tidak lebih dari yang telah ditentukan.
  • Setelah mengunggah semua dokumen kamu akan diminta untuk membayar biaya Visa nominalnya sekitar AUD650  untuk jenis student visa Australia.
  • Proses persetujuan akan dimulai setelah pembayaran selesai. Departemen Imigrasi Australia akan meninjau aplikasi kamu. Waktu yang dibutuhkan sekitar 4 – 6  Minggu.

Kamu bisa melakukan cek status aplikasi melalui online di ImmiAccount. Pastikan kamu memeriksa status aplikasi secara rutin dan mengecek email maupun nomor telepon yang telah didaftarkan. Nantinya pihak DHA akan menghubungi kamu jika ada dokumen tambahan atau informasi yang dibutuhkan.

Ada berbagai macam syarat untuk memenuhi pembuatan visa pelajar Australia yang terbaru. Setelah semua dokumen persyaratan tersebut dipenuhi, proses pembuatan visa pelajar Australia yang terbaru bisa dilakukan melalui aplikasi dan mengunggah semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Untuk mempermudah proses pembuatan Visa Australia bagi pelajar internasional, sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada ICAN Education Consultant. Sebagai agen pendidikan luar negeri yang berkualitas dan profesional, ICAN akan membantumu untuk mempersiapkan berbagai macam persyaratan dan mengurus proses Visa sehingga jauh lebih mudah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan