Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
seperti apa format test pte academic

Seperti Apa Format Test PTE Academic?

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Seperti Apa Format Test PTE Academic?

PTE atau Person Test of English adalah salah satu test bahasa Inggris yang digunakan untuk menilai kesiapan non native speaker sehingga mampu berpartisipasi untuk program pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat universitas. PTE Academic Test Format harus kamu ketahui sebelum menjalani tes ini.

Saat ini, salah satu syarat untuk bisa mengikuti pembelajaran bahasa Inggris di tingkat universitas memang harus mencantumkan PTE. namun, hal ini digunakan untuk beberapa kampus di luar negeri.

Jadi PTE ini adalah ujian berbasis komputer dan fokus pada penggunaan bahasa Inggris secara autentik dan digunakan pada lingkungan akademis. Hal ini akan diterapkan untuk mengetahui kemampuan dalam mendengarkan berbagai macam aksen dan akan dihadapi untuk jenjang pendidikan tinggi luar negeri.

Format Tes PTE (Pearson Test of English)

Ketika kamu tertarik untuk mendaftar perguruan tinggi di luar negeri maka harus melakukan tes PTE. Semua tas akan dikerjakan menggunakan komputer sama halnya seperti IELTS dan TOEFL.

Hanya saja materi yang digunakan untuk melakukan ujian berbeda dan waktu pengerjaan hampir 3 jam. Nantinya Hasil tersebut didapatkan lebih cepat yaitu 5 hari setelah melakukannya. Materi tes ini lebih sulit karena mengukur kemampuan berbahasa Inggris yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga:
Persiapan Singkat untuk Tes PTE Academic

Kenali PTE academic test format, seperti berikut.

Reading

Reading adalah sesi paling dasar dan bisa dikatakan cukup mudah. Peserta tes nanti akan diuji kemampuan untuk membaca instruksi tertulis dalam menggunakan bahasa Inggris. Sesi ini akan dibagi menjadi lima segmen dan harus dikerjakan selama 32-41 menit.

Jenis pertama akan menggunakan pilihan ganda dengan 1 jawaban. Ada juga yang Gunakan kalimat benar dalam sebuah paragraf,  mengisi bagian yang hilang dalam bacaan, dan terakhir untuk mengisi bacaan dengan menulis.

Listening

Listening akan dilakukan dengan durasi 45-57  menit. Fungsinya untuk mengenali kemampuan pemahaman berbahasa Inggris dari peserta. Setiap peserta akan mendengarkan audio yang diputar  dan 8 segmen.

Setiap soal bisa dikerjakan dalam hitungan detik. Peserta juga harus menyelesaikan pilihan ganda, mengisi kata yang hilang, menulis bagian yang salah dan benar, dan memilih kata yang hilang.

Speaking dan Writing

Pada sesi speaking dan  writing peserta akan diuji menggunakan dua kemampuan dalam berkomunikasi. Pada sesi ini akan ada 6 bagian dan hampir semuanya harus dikerjakan pada hitungan detik. Waktu yang diberikan sekitar 77- 93  menit.

Setiap peserta harus memperkenalkan diri, menjawab pertanyaan singkat, membuat esai, membaca bacaan, dan menggunakan pelafalan tepat.

Walaupun terdiri dari 4 sesi, namun tes ini sama dengan TOEFL dan IELTS. Hanya saja tes ini lebih sulit sebab menguji kemampuan hanya beberapa detik saja.

Baca Juga:
Kenali Seputar PTE Academic, Seperti Apa Sebenarnya?

4 Tips Belajar Untuk Mempersiapkan Tes PTE

Belajar bahasa Inggris perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan tes PTE. Bergabung dengan kursus bahasa Inggris di ICAN English akan membuat kamu mengerti dan memahami semua materi bahasa Inggris. Tutor berpengalaman akan membantu kamu memahami berbagai aspek dalam tes bahasa Inggris.

Apabila ingin merasa berhasil untuk mengikuti tes PTE, maka bisa mengikuti beberapa tips berikut.

1. Belajar Reading

Belajar untuk tes reading paling efektif jika membeli buku kumpulan soal PTE. Setelah membeli buku kumpulan soal Jangan lupa untuk mengerjakan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Jadi jangan lupakan stopwatch untuk menemani kamu belajar sesi reading. Dengan begitu kamu bisa mengukur kecepatan mengerjakan. Jawaban yang sering muncul pada 2 kalimat terakhir harus diperhatikan dan kalimat except yang biasa digarisbawahi pada soal.

2. Belajar Speaking

Untuk sesi speaking nanti kamu akan merekam proses pembelajaran agar mengetahui bagaimana cara berbicara dengan lantang namun artikulasi tetap jelas. Cobalah untuk sering membaca dengan keras dengarkan dan ulang setiap latihan agar bisa dijadikan evaluasi.

Baca Juga:
Persiapan Sebelum PTE Academic Online Test

3. Belajar Listening

Pening kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik sebagai cara belajar. Cobalah untuk mendengarkan musik maupun menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan teks. Setelah itu kamu juga harus membuat report dari apa yang telah kamu tonton dan dengarkan. 

Buatlah catatan sebanyak 50-70 kata. Fokus pada tema dan jumlah pengulangan kata. Itu fokus pada pilihan ganda sebab nilainya cukup memberikan pengaruh.

4. Belajar Writing

Untuk sesi   writing sebenarnya cara belajarnya cukup mudah. Kamu bisa mendapatkan skor 90 apabila memiliki pengetahuan yang baik terkait kosakata dan grammar. Pada saat belajar cobalah untuk membuat essay dari sudut pandang orang ketiga. 

Menjalani tes PTE memang tidak mudah, namun kamu bisa mencoba mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Dengan melakukan berbagai macam latihan akan mendapatkan peluang untuk lulus tes PTE lebih mudah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan