Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kenali seputar pte academic, seperti apa sebenarnya

Kenali Seputar PTE Academic, Seperti Apa Sebenarnya?

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Kenali Seputar PTE Academic, Seperti Apa Sebenarnya?

PTE Academic atau juga terkenal sebagai Pearson Test of English adalah tes bahasa Inggris berbasis komputer yang diterima oleh lembaga pendidikan di seluruh dunia. Tes ini khusus untuk siswa yang ingin pergi ke luar negeri untuk belajar atau berimigrasi ke negara berbahasa Inggris.

Siswa harus mengikuti ujian PTE untuk membuktikan kompetensi bahasa Inggris mereka. Dalam tes ini, siswa akan mengkuti tes dalam mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

Perbedaan PTE Academic dan Tes Lainnya

PTE Academic adalah tes bahasa Inggris yang lebih baru daripada IELTS dan TOEFL yang telah ada sejak 2009 lalu. Hasil tes ini akan diberikan dalam lima hari kerja, lebih cepat daripada IELTS dan TOEFL.

Ada tiga versi tes: PTE Academic, General dan Young Learners. Jika kamu mengikuti tes untuk mendaftar ke program universitas, maka harus mengambil PTE Academic. Ini menilai mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis semua melalui komputer dalam satu sesi tes tiga jam. Ini adalah ujian berbasis komputer yang berfokus pada bahasa Inggris kehidupan nyata yang digunakan dalam lingkungan akademis, mencakup aspek-aspek seperti aksen dan bahasa akademis.

Hasil tes ini lebih detail daripada hasil IELTS, menggunakan Skala Global Bahasa Inggris untuk memberikan gambaran akurat tentang kemampuan bahasa Inggris di berbagai bidang, seperti tata bahasa. Kisaran untuk skor keseluruhan adalah 10-90 poin.

PTE adalah tes bahasa Inggris yang jauh lebih baru dibandingkan IELTS dan TOEFL, yang diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2009. Artinya, tes ini belum diterima secara luas, meskipun terus meningkat. Hasil tesnya lebih detail dibandingkan IELTS, dengan menggunakan thermometer-style Global Scale of English  untuk memberikan gambaran akurat tentang kemampuan bahasa Inggris di berbagai bidang, seperti tata bahasa. Kisaran skor keseluruhan adalah 10-90 poin.

PTE Academic diakui oleh ribuan universitas di seluruh dunia dengan yang paling populer diakui di universitas di Inggris, Amerika dan Kanada. Kamu harus menghubungi universitas yang ingin kamu lamar untuk mengetahui apakah mereka menerima kualifikasi PTE in dan nilai apa yang mereka butuhkan.

Waktu dan Lokasi Tes

Tes bahasa Inggris yang satu ini berlangsung di lebih dari 200 lokasi pusat ujian di lebih dari 50 negara. Tanggal pasti tes bervariasi tergantung pada pusat ujian tersebut. Daftar lengkap pusat tes dapat kamu temukan di situs web PTE, di mana kamu juga dapat memeriksa ketersediaan tempat untuk sesi tes mendatang.

Jika gagal dalam tes, kamu bisa mengulang sebanyak yang kamu inginkan. Namun, kamu harus menunggu hingga menerima skor dari tes sebelumnya. Untuk itu, pastikan kamu telah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Ikut kursus bahasa Inggris di ICAN English bisa menjadi persiapan yang tepat agar kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Perhitungan Skor

Skor PTE memiliki perhitungannya sendiri. Keterampilan komunikatif memiliki 4 komponen, membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis.

Kamu akan menerima hasil secara online dalam waktu maksimal lima hari kerja setelah tes selesai. Jika kamu membutuhkan hasil bahasa Inggris yang cepat, PTE Academic bisa jadi pilihan.

Baca Juga : Seperti Apa Format Test PTE Academic?

Persiapan untuk PTE Academic

Untuk memahami kebutuhan persiapan PTE Academic, permulaan yang baik adalah memahami tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu saat ini dan skor yang perlu kamu capai.

Setelah itu, luangkan waktu untuk membiasakan diri dengan struktur PTE Academic. Memahami formatnya dan jenis pertanyaan yang kamu harapkan sangat penting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tes ini biasanya terbagi menjadi tiga sesi yang mencakup:

  • Speaking and Writing
  • Writing
  • Listening

Skor untuk beberapa pertanyaan didasarkan pada apakah mereka benar, sementara yang lain didasarkan pada kebenaran, aspek formal, dan kualitas jawaban. Semua pertanyaan di PTE Academic adalah 100% berasal dari mesin, yang berarti bahwa setiap tes ditandai secara akurat, konsisten, dan adil.

Ujian PTE akan menguji kemampuan kosakata dan tata bahasa. Penting untuk membangun kosakata dan ini dapat dicapai dengan membaca koran, novel, dan majalah. Kandidat juga dapat melihat alat dan aplikasi kosakata online untuk meningkatkan kosakata mereka secara keseluruhan.

Bagian berbicara pada ujian PTE akan menilai pengucapan dan kelancaran. Kandidat diharuskan untuk meningkatkan pelafalan dan kefasihan mereka dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris, film berbahasa Inggris dan berlatih berbicara di depan cermin untuk meningkatkan pelafalan dan kefasihan mereka.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan