Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
beragam tes kemampuan bahasa inggris

Beragam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Beragam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Siswa internasional yang mendaftar ke program dengan bahasa pengantar bahasa Inggris harus memberikan bukti kemahiran bahasa Inggris mereka sebagai bagian dari aplikasi. Bukti kemahiran bahasa Inggris ini dibuktikan dengan tes kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL, IELTS, CAE dan CPE.

Ada berbagai macam tes kecakapan bahasa Inggris untuk siswa membutuhkan bukti kemampuan bahasa Inggris. Banyak yang dikelola untuk negara atau universitas tertentu, sementara yang lain diakui secara global.

4 Macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Tidak semua tes kemahiran bahasa Inggris adalah sama. Beberapa tes tidak sulit untuk dikerjakan, beberapa lainnya membutuhkan tingkat kemahiran bahasa yang cukup tinggi. Berikut empat macam tes kemampuan bahasa Inggris yang diakui secara internasional.

1. TOEFL

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) mungkin merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang paling terkenal dan paling umum digunakan. Bersamaan dengan IELTS, ini adalah salah satu dari dua tes yang biasanya diterima di universitas luar negeri. TOEFL adalah tes untuk menguji pengetahuan bahasa Inggris seperti yang digunakan di lingkungan perguruan tinggi atau universitas.

Durasi tes ini berlangsung selama empat jam. Saat ini ada dua format, yakni tes berbasis internet (iBT) dan tes berbasis kertas baru yang menggantikan tes berbasis kertas lama yang tidak lagi tersedia. Tes berbasis internet dilakukan sepenuhnya di komputer, termasuk bagian tes berbicara. Jawaban dicatat dan dievaluasi oleh penilai.

2. IELTS

International English Language Testing System (IELTS) secara luas diakui oleh universitas dan pengusaha di seluruh dunia. Ada dua versi tes: versi akademik dan versi pelatihan umum. Sementara universitas memerlukan versi akademik, versi pelatihan umum digunakan oleh beberapa badan pemerintah untuk izin kerja dan imigrasi.

Durasi tes berlangsung selama tiga jam. Berbeda dengan TOFL, bagian berbicara dari IELTS dilakukan secara langsung dengan penguji. IELTS juga memiliki format pertanyaan yang lebih beragam, dengan campuran pilihan ganda, pelabelan diagram, pencocokan, jawaban singkat, dan penyelesaian kalimat.

3. CAE

Cambridge Exams secara global sebenarnya mirip dengan TOEFL atau IELTS. Namun, seringkali diperlukan untuk masuk ke universitas di Inggris. Cambridge Certificate of Advanced English (CAE) paling cocok untuk seseorang yang sudah percaya diri dalam komunikasi bahasa Inggris mereka.

Sesuai namanya, ini adalah tes lanjutan yang diterima sebagai bukti bahasa Inggris tingkat C1 (setara dengan skor 7-8 pada IELTS atau 110-120 pada TOEFL). Durasi tes akan berlangsung selama 4 jam dengan soal yang merupakan campuran dari pilihan ganda, mengisi bagian yang kosong, dan mencocokkan.

4. CPE

Cambridge Certificate of Proficiency in English adalah yang paling modern dari empat ujian ini. Seperti CAE, ujian ini sering digunakan dalam penerimaan universitas di Inggris. Ini menguji pengetahuan bahasa Inggris di tingkat C2 (setara dengan skor 8.5-9 pada IELTS dan di atas skor maksimum TOEFL).

Tes dapat dilakukan secara langsung atau di komputer, meskipun tidak semua pusat tes menawarkan kedua versi tersebut. Soal-soal tersebut merupakan campuran dari pilihan ganda, pengisian bagian yang kosong, dan menjodohkan. Tes berbicara dilakukan secara langsung dengan peserta tes lain dan dua penguji. Satu penguji melakukan tes sementara yang lain mengevaluasi kamu dan peserta tes lainnya.

Baca juga:
Beragam Tes Level Bahasa Inggris Online
Ragam Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Persiapan Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk melewati berbagai tes bahasa Inggris, kamu harus mempersiapkan diri agar mendapatkan skor terbaik. Kamu dapat bergabung dalam kursus persiapan TOEFL atau IELTS di ICAN English untuk mempersiapkan diri dan mengenal berbagai soal dalam tes tersebut.

Persiapan lain yang perlu kamu lakukan adalah familiar dengan bahasa Inggris. Mulailah mendengar bahasa Inggris sesering mungkin. Tergantung pada tes yang kamu pilih, kamu mungkin perlu memahami dan menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman atau lisan bahasa Inggris, jadi kamu harus mulai berlatih sesering mungkin.

Mendengarkan buku audio dalam bahasa Inggris bisa menjadi cara yang bagus untuk mendengarkan bahasa Inggris. Banyak aplikasi buku audio bahkan memungkinkan kamu untuk memperlambat pemutaran hingga kecepatan 50% atau 75%, membuatnya lebih mudah untuk memahami setiap kata. Video musik dan film dengan subtitle juga merupakan pilihan mendengarkan yang bagus.

Selain itu, kamu juga harus menguji pemahaman bacaan dengan membaca buku, majalah atau artikel online dalam bahasa Inggris. Salah satu cara yang bagus untuk berlatih membaca dalam bahasa Inggris adalah dengan membaca salinan terjemahan dari buku yang sudah kamu ketahui dalam bahasa ibu.

Ada juga versi novel klasik yang menggunakan kosakata sederhana dan struktur gramatikal agar lebih mudah dipahami.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan