Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
the ivy league

Berbagai Universitas yang Tergabung dengan Ivy League

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Berbagai Universitas yang Tergabung dengan Ivy League

Jika anda memiliki keinginan untuk kuliah ke Amerika, mungkin anda familiar atau pernah mendengar istilah ivy league. Apa sih sebenarnya ivy league itu? Universitas mana saja yang termasuk dalam kelompok ivy league? Apa perbedaan ivy league dengan universitas lainnya? Apakah ada keuntungan jika anda kuliah di kampus yang termasuk dalam kelompok ivy league?

Apa persyaratan sebuan universitas bisa bergabung dalam kelompok ivy league? Dimana saja lokasi kampus ivy league? Semua pertanyaan itu akan saya bahas dalam tulisan kali ini. Dalam tulisan ini saya akan membahas ivy league secara umum. Jika anda ingin mengetahui informasi detil setiap kampus saya sarankan untuk mengunjungi website kampus tersebut.

Mengenal Apa Itu Ivy League

Ivy league adalah sebuah asosiasi yang berisikan 8 universitas yang terletak di Amerika Utara. Ivy league merupakan sebuah istilah yang berarti kesempurnaan dan elitisme dalam akademik. Selain menggunakan istilah ivy league, kedelapan universitas yang termasuk dalam anggota ivy league juga dikenal dengan istilah ancient eight atau delapan sekolah lama atau tua.

Seluruh anggotanya mempunyai ciri-ciri yang umum: mereka adalah universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top Amerika dan dunia; mereka juga adalah bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia. Dari universitas-universitas inilah hampir 80% riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan dan juga banyak sekali ilmuwannya yang telah meraih penghargaan nobel di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Selain itu, jumlah mahasiswa sarjananya juga lumayan kecil di kedelapan universitas tersebut, antara 4.100 untuk Darmouth dan 13.700 untuk Cornell. Mereka semuanya berlokasi di sebelah timur laut AS dan kesemuanya didirikan pada zaman kolonial AS kecuali Cornell.

8 Universitas yang Tergabung dalam Ivy League

Anggota Ivy League semua merupakan universitas swasta, kecuali Cornell yang adalah setengah swasta.

1. Universitas Brown

Didirikan tahun 1764 dengan nama Rhode Island College. Kampus Brown terletak di Providence, Rhode Island. Terkenal dengan nama tim atletiknya yang disebut The Bears. Dengan jumlah penerimaan mahasiswa 6.316 orang, kampus dengan motto In Deo Speramus (Pada Tuhan Kami Berharap) tesebut tekenal juga dikenal dengan liberal arts-nya.

2. Universitas Columbia

Didirikan tahun 1754 dengan nama King’s College. Columbia terletak di New York City, New York. Kampus dengan motto In lumine Tuo videbimus lumen (Pada cahaya kita bisa melihat cahaya) tahun ini menerima sedikitnya 7.160 mahasiswa baru, kampus yang dikenal dengan performing arts-nya tersebut memiliki tim atletik yang populer dengan sebutan The Lions.

3. Universitas Cornell

Didirikan tahun 1865, Cornell merupakan satu-satunya dari ivy league yang memiliki sistem setengah universitas swasta. Selain itu, Cornell juga merupakan satu-satunya universitas dari ivy league yang berdiri setelah era kolonial Amerika. Dengan motto I would found an institution where any person can find instruction in any study, Cornell berhasil menjaring 13.931 mahasiswa baru tahun ini. Kampus yang terketak di Ithaca, New York itu memiliki tim atletik ternama, yakni The Big Red.

4. Universitas Dartmouth

Didirikan tahun 1769, kampus dengan motto Vox clamantis in deserto (Suara sebuah tangisan pada keliaran) tersebut terletak di Hanover, New Hampshire, dengan tim atletik The Big Green, Dartmouth menerima 4.248 mahasiswa baru tahun ini.

5. Universitas Harvard

Kampus ini terletak di Cambridge, Massachusetts dan didirikan tahun 1636 dengan nama New College. Sebagai universitas terbaik se-dunia, kampus tesebut hanya menerima 7.181 mahasiswa dari seluruh dunia tahun ini. Universitas yang terkenal dengan Jurusan Hukum dan Liberal Arts, kampus dengan motto Veritas (Kebenaran) tersebut pun memiliki tim atletik yang sangat diperhitungkan yakni The Crimson. Kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts juga memiliki media massa online yang sangat aktif dengan nama The Harvard Crimson.

6. Universitas Pennsylvania

Berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania, didirikan tahun 1749 dengan nama Academy of Philadelphia. Kampus yang terketak di New Jersey tersebut dikenal dengan kampus swasta yang mahal. Meski demikian, universitas dengan motto Dei sub numine viget (Di bawah kekuatan Tuhan Dia berkembang), tetap bisa menjaring 5.113 mahasiswa tahun ini. University of Pennsylvannia juga memiliki klub atletik yang dikenal dengan nama The Tigers.

7. Universitas Princeton

Kampus ini didirikan tahun 1746 dengan nama College of New Jersey. Terletak di Philadelphia, kampus dengan tim atletik yang bernama The Quakers tersebut menerima mahasiswa baru sebanya 10.337 orang tahun ini. Dengan motto Leges sine moribus vanae (Hukum tanpa moral adalah sia-sia), kampus tersebut juga sering disebut dengan Penn.

Baca juga:
Apa Saja Daftar Universitas Ivy League?

8. Universitas Yale

Berlokasi di New Haven, Connecticut, didirikan tahun 1701 dengan nama Collegiate School. Dengan tim atletik yang bernama The Bulldogs, Yale merupakan saingan Harvard University. Yale terletak di New Haven, Connecticut dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru hanya sebanyak 5.275 orang tahun ini. Semboyan kampus tersebut yakni Lux et veritas (cahaya dan kebenaran) yang menjadikan Yale merupakan kampus terbaik di Liberal arts. 

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN Education Consultant atau bisa datang langsung ke kantor cabang yang ada di kota anda.

Keunggulan University Ivy League

Orang-orang mengenal sekolah Ivy League karena keunggulan akademisnya, tetapi mereka juga terkenal karena bermain dan mengambil bagian dalam atletik. Sekolah-sekolah ini telah berkompetisi di konferensi atletik dan olahraga sejak akhir abad ke-19.

Sekolah-sekolah Ivy League secara konsisten berada di peringkat 20 universitas nasional terbaik dalam daftar situs seperti Forbes dan U.S. News & World Report. Mereka juga mendapat peringkat tinggi di banyak daftar Perguruan Tinggi Terbaik.

Karena reputasi akademis mereka yang terhormat, Ivies memiliki sumbangan besar dalam bentuk sumbangan dan aset. Perguruan tinggi menggunakan dana abadi ini untuk membangun fasilitas, mempekerjakan anggota fakultas bergengsi, dan mendukung mahasiswa melalui hibah dan beasiswa.

Menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional (NCES), Harvard memiliki dana abadi sebesar $42 miliar pada akhir tahun fiskal 2020, yang merupakan dana abadi terbesar dalam pendidikan tinggi AS.

Manfaat menghadiri institusi Ivy League terus berlanjut setelah lulus, karena keluarga Ivies menikmati jaringan alumni yang kuat. Di Princeton, misalnya, presiden pertama Asosiasi Alumni adalah mantan Presiden AS James Madison, yang lulus pada tahun 1771.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan