Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tingkat pendidikan di amerika serikat

Tingkat Pendidikan di Amerika Serikat

Beranda / Bacaan Umum / Tingkat Pendidikan di Amerika Serikat

Tingkat pendidikan di Amerika Serikat baik pada jenjang sekolah dasar dan menengah merupakan pendidikan wajib. Tiap negara bagian juga mempunyai jenjang usia pelajar berbeda. Pendidikan di Amerika Serikat dimulai dari jenjang usia 5 sampai 6 tahun yaitu Kidergarten sampai pada pendidikan menengah kelas 12 yaitu usia 18 tahun.

Terdapat hingga 14.000 sekolah yang ada di Amerika Serikat. Setiap tahun pemerintah Amerika Serikat mengucurkan dana pendidikan hingga $500 triliun untuk berbagai kebutuhan sekolah dasar sampai menengah.

Sistem Pendidikan Amerika Serikat

Untuk mempelajari sistem dan tingkat pendidikan di Amerika Serikat, ICAN Education Consultant sebagai agen pendidikan luar negeri akan memberikan penjelasan lengkap sebagaimana berikut:

Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar di Amerika Serikat mulai dari Kindergarten sampai Fifth Grade atau kelas 5. Ada juga yang menawarkan jenjang sampai Fourth Grade atau kelas 4, Sixth Grade atau kelas 6, dan Eight Grade atau kelas 8. Hal ini bisa berbeda karena masing-masing school district punya kebijakan kurikulum berbeda.

School district memilih kurikulum pendidikan sesuai standar pendidikan pada tiap-tiap negara bagian. Standar pembelajaran merupakan tujuan yang harus diraih oleh school district sesuai AYP atau Adequate Yearly Program.

Baca juga : Informasi Tentang Negara Amerika Serikat, Simak!

Pendidikan Menengah

Terdapat dua tahap pendidikan menengah yang ditawarkan di Amerika Serikat. Pertama yaitu middle school atau junior high dengan jenjang dimulai pada kelas Sixth, Seveenth, Eight, sampai Ninth. Jenjang pendidikan middle school atau junior high ditentukan faktor demografi. Contohnya, jumlah usia siswa. Tujuannya untuk mempertahankan populasi siswa agar tetap stabil.

Pada jenjang ini, masing-masing siswa punya kebebasan memilih mata pelajaran sesuai pilihan menggunakan system moving class atau kelas berpindah.

Senior high yaitu untuk kelas 9 sampai 12, merupakan jenjang lanjutan setelah kamu menyelesaikan middle school atau junior high. Jenjang pendidikan ini dimulai dari Ninth Grade atau Freshman sampai Tenth Grade atau Sophomores, Eleventh Grade atau Juniors, serta Twelfth Grade atau Seniors. Perlu kamu ketahui bahwa jenjang middle school atau junior high dan senior high bisa berbeda pada setiap negara bagian, bergantung pada demografi usia pelajar pada tiap negara bagian.

Struktur kurikulum yang digunakan pada pendidikan menengah di Amerika Serikat sangat berbeda dengan struktur di Indonesia. Pada jenjang tersebut, pelajar wajib ambil mata pelajaran wajib, yang dikenal dengan mandatory subject serta mata pelajaran pilihan disebut dengan electives.

Baca Juga : Persiapan Kuliah Di Amerika Yang Perlu Kamu Tahu

Alasan Pendidikan di Amerika Serikat Lebih Unggul

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja tingkat pendidikan di Amerika Serikat. Berikutnya, kamu wajib tahu tentang apa alasan pendidikan di Amerika Serikat lebih unggul.

Pertama, Amerika Serikat telah menggunakan teknologi pengajaran canggih. Di perguruan tinggi, tiap kelasnya sudah dilengkapi fasilitas canggih mulai dari aplikasi Blackboard, Moodle dan lainnya untuk proses belajar mengajar.

Masing-masing kelas juga mempunyai Supplemental Instruction, sebuah kegiatan dengan adanya sesi mengulang pelajaran sebelum adanya ujian. Tujuannya supaya dapat membantu junior students saat proses belajar. SI tersebut mempunyai leader, senior student yang merupakan pilihan dosen.

Universitas di Amerika Serikat juga dilengkapi dengan Career Centre. Hal ini untuk memberikan solusi bagi mahasiswa akhir yang kebingungan ketika menghadapi dunia kerja. Fasilitas Career Centre tersebut berguna karena selalu mengadakan berbagai program seminar, pelatihan menulis resume, menulis CV, dan lainnya yang berhubungan dengan mencari pekerjaan.

Bahkan kaum minoritas seperti African American dan Hispanic yang kuliah di Amerika Serikat bisa menggunakan fasilitas fellowship langsung dari Pemerintah. Program ini terbilang menarik karena semua biaya riset, dana buku, sampai tes masuk program pascasarjana sudah ditanggung pemerintah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan