Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tingkatan sekolah di malaysia, apakah sama dengan indonesia

Tingkatan Sekolah di Malaysia, Apakah Sama dengan Indonesia?

Beranda / Sekolah / Tingkatan Sekolah di Malaysia, Apakah Sama dengan Indonesia?

Jika kamu penasaran dengan tingkat sekolah di Malaysia, negeri Jiran ini mempunyai beberapa kemiripan dengan sistem pendidikan Indonesia. Pendidikan adalah aspek penting kehidupan apalagi untuk anak-anak pada tahap pertumbuhannya. Kamu perlu mengenal tingkatan sekolah di Malaysia sebelum memutuskan melanjutkan pendidikan di sini.

Banyak orang tua ingin memilih pendidikan terbaik sampai memilih sekolah ke luar negeri. Malaysia menjadi salah satu negara populer bagi para pelajar yang melanjutkan studi setelah SMA.

Fakta Sekolah di Malaysia

Untuk kamu yang berencana untuk melanjutkan sekolah di Malaysia, berikut fakta-fakta mengenai sekolah di Malaysia yang perlu kamu ketahui! Ini bisa jadi pertimbangan agar kamu dapat memilih sekolah yang tepat sebelum mendaftarkan diri.

Pendidikan SD-SMP-SMA Malaysia

Terdapat dua tipe sekolah di Malaysia, yakni sekolah kebangsaan dengan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar dan sekolah kebangsaan yang menggunakan bahasa Inggris, Tamil, atau Mandarin untuk bahasa pengantar.

Studi tingkat SD di Malaysia berjalan selama enam tahun, dilanjutkan ujian UPSR untuk bisa lulus dan studi di jenjang Sekolah Menengah 2 tingkatan. Kemudian, pelajar dapat mengikuti Sekolah Menengah Rendah (Form 1-3) dengan durasi studi selama 3 tahun. Form 1-3 ini setara dengan tingkatan SMP.

Berikutnya, Sekolah Menengah Atas (SMA) di Malaysia dikenal dengan tingkatan Form 4-5. Jika di Indonesia, SMA berjalan selama tiga tahun, di Malaysia justru hanya dua tahun. Kemudian, pelajar harus mengikuti program khusus, seperti contoh kelas sastra, kelas sains, atau kelas teknikal. Jika sudah menyelesaikan studi selama dua tahun di Form 4-5, pelajar harus mengambil program tingkat 6.

Baca Juga: Deretan Sekolah Termahal di Malaysia

Program Tingkat 6

Dalam jenjang pendidikan ini, tersedia pilihan program studi yaitu sains atau swasta. Pendidikan akan berlangsung selama 1 tahun 6 bulan. Setelah selesai studi, pelajar akan dihadapkan dengan ujian umum STPM sebagai ujian akhir, apakah kamu sudah sesuai kualifikasi pelajar yang siap masuk ke pendidikan tingkat perguruan tinggi atau belum.

Program Pra Universitas

Di Malaysia, tingkat pendidikan ini hampir mirip dengan tingkat pendidikan form 6. Hanya saja, Pra Universitas dirancang sebagai program dari Universitas terkait, atau biasanya disebut sebagai program Foundation. Untuk mengikuti program ini, pelajar harus memenuhi syarat ujian SBM.

Program Pra Universitas berjalan selama satu tahun di universitas yang menyediakan. Setelah dinyatakan lulus, kamu akan menjadi mahasiswa resmi di universitas terkait dan bisa langsung masuk mengikuti perkuliahan.

Pendidikan Tingkat Universitas

Agar kamu mendapatkan gelar Sarjana di Malaysia, selesaikan perkuliahan terlebih dahulu selama tiga atau lima tahun. Apabila memilih universitas Negeri atau (PTN), maka bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Melayu. Sedangkan jika memilih universitas swasta, maka akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Sebagai mahasiswa Sarjana, program studi harus ditempuh dengan total 120 kredit. Berbeda dengan universitas di Indonesia yang mempunyai sebutan 120 SKS. Untuk biaya perkuliahan di Malaysia bervariasi, mulai dari RM20.000-RM25.000 setiap tahunnya.

Malaysia juga menyediakan program studi twinning, memungkinkan pelajar agar bisa mengikuti perkuliahan di Malaysia tetapi menyandang gelar sarjana dari Universitas lain yang berada di Amerika, Jerman, Inggris, atau negeri lainnya sesuai penawaran yang disediakan oleh universitas di Malaysia. Program kuliah ini membutuhkan waktu 2 hingga 5 tahun sehingga kamu bisa menyandang gelar tersebut.

Baca Juga:
Biaya Sekolah di Malaysia Mulai dari D3 Sampai S2
Rekomendasi Sekolah Swasta Terbaik di Malaysia

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Sekarang kamu sudah memahami seperti apa tingkatan sekolah di Malaysia dan kemiripan pendidikannya dengan Indonesia. Jika kamu merasa bingung harus melanjutkan studi di Indonesia atau Malaysia, kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di negeri jiran ini, kamu bisa melakukan konsultasi perkuliahan luar negeri dengan tim konselor ICAN Education Consultant. Sebagai agen perkuliahan luar negeri, kami memberikan layanan konsultasi gratis agar kamu menemukan universitas yang tepat.

Kuliah di Malaysia menawarkan beberapa keunggulan karena lokasinya yang strategis dan kaya budaya baru. Sehingga kamu dapat belajar bahasa juga budaya baru. Kuliah di Malaysia juga menyediakan biaya hidup hampir mirip seperti di Indonesia. Pilihan kampusnya juga sangat beragam.

Meskipun tidak setara dengan negara-negara Asia lainnya seperti Hong Kong dan Singapura, universitas-universitas di Malaysia berkembang pesat, dan tidak jauh tertinggal dari universitas-universitas yang memberikan pendidikan kelas dunia. Beberapa universitas menawarkan program studi ilmu komputer dan teknik yang termasuk dalam 100 program studi terbaik dunia, semua berkat sistem pendidikan Malaysia dan fokusnya pada standar internasional. Standar pendidikan diawasi secara ketat oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, yang memiliki visi untuk mengubah Malaysia menjadi Pusat Keunggulan Pendidikan Tinggi.

Sebagian besar investasi negara Malaysia pada pendidikan tinggi adalah peningkatan kemitraan dengan universitas-universitas di negara lain. Banyak universitas asing, terutama Australia dan Inggris, yang memiliki kampus cabang di Malaysia. Misalnya, Monash University (Australia) dan University of Nottingham (Inggris), keduanya termasuk dalam 100 universitas terbaik di dunia, memiliki kampus cabang di Malaysia. First City University College di Malaysia (sebelumnya dikenal sebagai KBU International College) telah bekerja sama dengan Anglia Ruskin di Inggris, Universitas Teesside, dan Institut Manajemen Hotel dan Pariwisata, Swiss.

Selain itu, biaya hidup di Malaysia juga jauh lebih rendah, sehingga meringankan beban keuangan. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan bagi pelajar internasional karena mereka dapat hidup nyaman dengan biaya sekitar MYR 1500 per bulan. (Ini termasuk makanan, akomodasi, dan pengeluaran harian lainnya).

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan