Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips kuliah di malaysia, belajar jadi lancar

Tips Kuliah di Malaysia, Belajar Jadi Lancar!

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips Kuliah di Malaysia, Belajar Jadi Lancar!

Menjalani kuliah di negara orang bukanlah hal yang mudah. Jika kamu ingin proses kuliah menjadi lancar, maka banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang. kamu pada awalnya harus memilih negara tempat kamu akan melaksanakan kuliah. kamu harus mempertimbangkan banyak faktor seperti biaya, jarak, dan perbedaan budaya.

Salah satu destinasi kuliah yang cukup populer saat ini bagi pelajar Indonesia adalah negara Malaysia. Bila kamu masih bingung menyiapkan daftar persiapan kuliah di Malaysia, silahkan hubungi layanan konsultan kuliah luar negeri ICAN Education supaya persiapanmu menjadi lebih matang.

3 Tips Kuliah di Malaysia supaya Lebih Efisien

Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia. Hal tersebut menyebabkan tidak butuh biaya besar ataupun waktu yang lama untuk pergi ke Malaysia. Itulah alasan mengapa banyak pelajar Indonesia yang menjatuhkan pilihan kepada Negara Malaysia untuk berkuliah.

Selain alasan tersebut, Malaysia juga dinilai memiliki sistem pendidikan yang cukup baik dan berkualitas. Agar proses kuliah kamu lancar di Malaysia, ada beberapa tips kuliah di Malaysia yang perlu kamu simak di bawah ini:

1. Pengelolaan Waktu

Tips kuliah di Malaysia yang pertama adalah perlunya mengatur waktu saat melaksanakan kuliah. kamu harus dapat membagi waktu dengan baik antara studi dan juga kegiatan lain. Jika kamu berkuliah sambil bekerja, maka pengelolaan waktu harus dilakukan dengan cermat agar pekerjaan kamu tidak mengganggu proses kuliah. Jika manajemen waktu dapat dikelola dengan baik, maka proses kuliah kamu akan jauh dari masalah dan juga hambatan yang berarti.

2. Memilih Tempat Tinggal

Tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kuliah merupakan tips kuliah di Malaysia yang kedua. Jika kamu memiliki lokasi yang dekat dengan kampus, maka kamu tidak akan menghabiskan banyak biaya dan energi untuk bisa datang ke kampus. Efektivitas tenaga ini juga sangat baik agar mahasiswa tidak mudah cepat lelah karena alasan perjalanan, sehingga hasil studi juga bisa menjadi lebih baik.

3. Pengelolaan Biaya

Tidak dipungkiri bahwa biaya adalah hal yang sangat penting. Pada tips kuliah di Malaysia yang satu ini, kamu harus menghitung dan juga melakukan perencanaan dengan tepat agar proses kuliah kamu tidak terhambat karena masalah biaya. Biaya seperti akomodasi juga harus diperhitungkan dengan baik agar kamu tidak kehabisan biaya saat studi kamu belum selesai. Berusahalah berhemat dan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu agar kamu tidak mengalami masalah biaya saat kuliah di Malaysia.

Baca Juga : Akreditasi Untuk Universitas Di Malaysia

Kemahiran Bahasa yang Diperlukan

Mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di Malaysia di salah satu institusi akademik utama negara tersebut harus dapat membuktikan bahwa mereka mahir berbahasa Inggris. Selain itu, tingkat kemahiran bahasa Inggris seorang kandidat harus berada pada tingkat yang disyaratkan oleh program dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Kualifikasi Malaysia (MQA). Pada saat kamu mendaftar untuk Surat Persetujuan Visa, maka akan diminta untuk memberikan hasil tes kemahiran bahasa Inggris dari salah satu pilihan berikut:

  • IELTS
  • TOEFL
  • PTE Malaysian University English Test (MUET)
  • CAE or CPE

Perlu diperhatikan bahwa persyaratan hasil tes kecakapan bahasa Inggris sebagian besar bergantung pada program dan juga kandidatnya. Hal ini karena beberapa kursus menuntut tingkat kompetensi bahasa tertentu, dan siswa yang berasal dari negara berbahasa Inggris mungkin tidak diharuskan mengikuti tes bahasa. Sebelum mendaftar ke kelas pilihannya, siswa harus memeriksa dengan cermat prasyarat lainnya.

Setelah tiba di Malaysia, satu hal penting lagi yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu menjalani pemeriksaan kesehatan di salah satu klinik panel atau pusat kesehatan yang diakui yang merupakan bagian dari program Layanan Global Education Malaysia.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan