Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal akreditasi untuk universitas di malaysia

Mengenal Akreditasi untuk Universitas di Malaysia

Beranda / Bacaan Umum / Mengenal Akreditasi untuk Universitas di Malaysia

Akreditasi seringkali menjadi salah satu yang diperhatikan dalam memilih lembaga pendidikan yang akan dijalani. Akreditasi merupakan sebuah penilaian dari pihak ketiga yang bersifat pembuktian secara formal bahwa suatu lembaga pendidikan memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik untuk menyelenggarakan suatu proses pembelajaran.

Proses akreditasi biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga independen yang disebut dengan badan akreditasi. Negara Malaysia sudah lama menerapkan sistem akreditasi ini untuk melakukan kontrol terhadap kualitas dari setiap lembaga pendidikan di negara tersebut.

3 Faktor Penilaian Akreditasi Sebuah Universitas

Hasil dari akreditasi universitas di Malaysia dapat menjadi manfaat buat berbagai pihak. Bagi calon pelajar, mereka dapat menjadikan akreditasi sebagai bahan pertimbangan karena akreditasi biasanya akan menunjukkan kualitas suatu lembaga pendidikan.

Bagi pemerintah, akreditasi akan dapat menjadi alat untuk melakukan kontrol dan perbaikan terhadap lembaga pendidikan yang ada di negara tersebut. Untuk pihak universitas, hasil akreditasi dapat menjadi bahan untuk melakukan perbaikan di bagian yang masih dianggap kurang baik. Ada beberapa faktor yang akan dinilai dalam proses akreditasi di universitas, antara lain:

1. Fasilitas

Fasilitas merupakan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sebuah lembaga pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran. Akreditasi universitas di Malaysia menilai fasilitas dari setiap universitas dengan objektif sehingga universitas dapat memperbaiki diri jika dianggap kurang memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas yang memadai sangat penting karena proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan maksimal jika fasilitas yang ada masih kurang baik.

Baca juga :
Jurusan Terbaik Yang Ada Di Universitas Malaysia

2. Sistem Edukasi

Sistem edukasi juga dinilai dalam akreditasi untuk universitas di Malaysia. Ini mencakup kurikulum yang digunakan, sistem pembelajaran yang seimbang, serta bagaimana penilaian terhadap mahasiswa dilakukan.

Sistem edukasi akan dinilai berdasarkan berbagai dokumen arsip yang dimiliki oleh pihak universitas. Melalui berbagai dokumen tersebut akan dapat dinilai apakah sebuah universitas menjalankan sistem edukasi yang berkualitas baik atau buruk.

3. Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik sangat krusial dalam akreditasi untuk universitas di Malaysia. Proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik tanpa tenaga pendidik yang kompeten dan juga berintegritas tinggi. Badan akreditasi akan menuai dengan sangat hati-hati mengenai kualitas tenaga pendidik dari sebuah universitas.

Terkadang, badan akreditasi dalam proses penilaiannya juga memantau secara langsung bagaimana cara tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Untuk selebihnya bila mencari daftar rekomendasi universitas terbaik yang sudah terakreditasi di luar negeri, silahkan hubungi jasa konsultan kuliah luar negeri ICAN Education supaya tidak sampai salah memilih universitas di luar negeri.

Baca Juga:
Universitas Paling Ngetop Di Malaysia
Akomodasi Siswa di Kuala Lumpur Malaysia

Pentingnya Menggunakan Hasil Akreditasi untuk Mengambil Keputusan

Hasil akreditasi sangat penting apabila dilakukan dengan objektif secara keseluruhan. Hasil akreditasi dapat menjadi sarana untuk perbaikan sistem, juga dapat menjadi sarana seseorang dalam menentukan tempat melanjutkan pendidikannya.

Badan akreditasi harus bekerja secara independen tanpa adanya intervensi dari pihak lain. Selain itu, badan akreditasi juga harus memiliki integritas yang tinggi sehingga hasil akreditasi menjadi suatu hal nyata yang dapat dipertanggungjawabkan.

Maka dari itu bila kamu masih bingung memilih universitas di Malaysia, salah satu solusinya adalah perhatikan akreditasinya dulu. Sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas tempat kuliah yang benar-benar terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan