Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
universitas di jepang dengan jurusan psikologi

Universitas di Jepang dengan Jurusan Psikologi

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Universitas di Jepang dengan Jurusan Psikologi

Universitas di Jepang jurusan psikolog bisa jadi pilihan kamu untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Sakura tersebut. Meskipun tidak sedikit yang beranggapan bidang studi ini hanya akan mengurusi masalah kejiwaan. Pada faktanya mahasiswa dapat mengembangkan keterampilannya pada berbagai karir seperti guru BK, dosen, psikoterapis dan lain – lainnya.

Selain itu, banyak anggapan bahwa jurusan psikolog hanya mempelajari perilaku manusia saja. Padahal pada bidang studi ini terdapat beberapa pilihan spesialis seperti psikologi klinis, dalam dunia pendidikan hingga industri organisasi. Sehingga berbagai pendapat miring dapat dipatahkan dengan fakta tersebut.

Universitas di Jepang Jurusan Psikologi

Dalam program psikologi kamu dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perilaku manusia. Hal ini kemudian dikembangkan untuk memperoleh cara mengarahkan perbuatan tersebut pada hal yang positif. Jika tertarik dengan bidang studi ini negara Jepang menawarkan jurusan ini di berbagai universitas Jepang, berikut informasi lengkapnya.

Tsukuba University

Universitas di Jepang jurusan psikologi yang pertama yaitu Tsukuba University. Memiliki 31 staf pengajar, mulai dari asisten profesor serta profesor. Hal ini menjadikan departemen tersebut menjadi asosiasi guru dalam psikologi di Jepang. Kemudian setelah mendapatkan tambahan guru di berbagai divisi, tenaga pengajar di universitas tersebut berjumlah 40 orang

Jurusan ini dibagi dalam 5 bidang yaitu Psikologi secara Eksperimental, pendidikan, perkembangan anak,sosial dan klinis. Dimana pada universitas tersebut mencakup pendidikan jenjang sarjana dan pascasarjana. bidang studi ini termasuk pada program pendidikan S1 dan S2 pada jenjang magister psikologi.

Sebagian dari anggota fakultas Divisi Psikologi terlibat pada berbagai kegiatan dari Pusat Kesehatan Universitas. Dimana di dalamnya melakukan aktivitas perawatan dan pengobatan bagi mahasiswa sarjana maupun pascasarjana. selain itu, para staf pengajar juga membantu Biro Pendidikan Sekolah Laboratorium.

Baca juga:
Universitas Terbaik Di Jepang Untuk Kuliah Psikologi

Chubu University

Universitas di Jepang jurusan psikologi di Chubu University mulai diberlakukan tahun 2002. Sebagai bagian dari kebutuhan masyarakat untuk berbagai permasalahan. Dalam universitas tersebut, mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai dasar – dasar psikologi. Mulai dari psikologi di bidang kognitif, pendidikan, sosial serta klinis.

Mahasiswa jurusan psikologi di Chubu University dibekali dengan pemahaman masalah sehari – hari. Seperti misalnya di dalam rumah bersama keluarga hingga di tempat kerja kemudian memecahkan persoalan tersebut. Sehingga pembelajaran yang ditekankan tidak hanya untuk orang lain, melainkan untuk diri sendiri juga.

Adapun yang khas dari jurusan ini adalah ketika mahasiswa membangun pemahaman dalam mempelajari psikologi secara luas di tahun pertama pendidikan. tujuannya agar mahasiswa memperoleh pemahaman tentang karakteristik mendasar dari psikologi manusia. Dimana siswa dapat mempelajari berbagai teknik penemuan serta pemecahan permasalahan.

Keio University

Universitas di Jepang jurusan psikologi resmi diberlakukan di Keio University pada bulan Maret 1926 oleh Matsusaburo Yokoyama. Laboratorium, ini dimasukan ke dalam Fakultas Sastra tahun 1928. Jurusan ini kemudian dicanangkan pada jenjang pascasarjana tahun 1951. Melalui laboratorium kampus inilah telah lahir berbagai lulusan ilmuwan.

Pada jurusan ini mahasiswa dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan untuk mengatasi berbagai masalah psikologis. Kemudian pelajar dibuat berkelompok dan melakukan percobaan pada berbagai bidang pengalaman. Siswa diberikan tugas yang harus dimuat dalam sebuah laporan percobaan. Aktivitas ini akan melatih siswa dalam persiapan membuat tesis kelulusan.

Kurikulum program Psikologi mencakup pada penelitian serta seminar yang khusus. Mahasiswa dapat mempersiapkan dalam merencanakan penelitian mereka mampu berpartisipasi dalam program penelitian yang dilakukan oleh anggota fakultas. Keterampilan ini kemudian dapat berguna bagi mahasiswa untuk mempersiapkan tesis kelulusan.

Tohoku University

Universitas di Jepang jurusan psikologi di Tohoku University mempelajari mengenai tentang pikiran manusia. Hal ini bertujuan untuk mengungkap cara manusia berfikir. Dimana mahasiswa diajarkan membuat sebuah kesimpulan dan pemecahan dengan melakukan analisis data. Proses tersebut merupakan metode pembelajaran yang berlaku di universitas tersebut.

Adapun metodologi pengajaran yang diberikan di Keio University diantaranya eksperimen, wawancara,survey serta observasi. Kemudian mahasiswa mengaplikasikan metode tersebut pada sebuah penelitian di lapangan melalui beberapa kursus, salah satunya adalah Percobaan Dasar dalam Psikologi.

Pada mata kuliah tersebut mahasiswa mempelajari mengenai reaksi, dasar – dasar kerja di lapangan, dan keterampilan lainnya. Pada pertemuan pertama, mahasiswa akan dimintai untuk mengisi sebuah angket yang berisikan pemahaman jurusan psikologi. Kemampuan ini akan berguna ketika nanti mahasiswa membuat tesis untuk kelulusan jenjang sarjana.

Baca Juga:
Universitas di Jepang Jurusan Keperawatan

The University of Tokyo

Kamu mungkin akan tertarik juga dengan University of Tokyo. Universitas ini merupakan perguruan tinggi yang terkenal di Ibu kota yang memiliki fakultas psikologi terbaik di peringkat 100 besar dunia. rangking tersebut menempatkan University of Tokyo sebagai pemilik fakultas dengan kualitas pendidikan terbaik untuk bidang psikologi di Jepang.

Dari sekian banyak jurusan maupun spesialisasi fakultas Psikologi di universitas ini, salah satu yang paling favorit adalah bidang psikologi sosial. Sebab studi ini terkategori baru dan memiliki pengaruh dan manfaat yang besar bagi masyarakat pada umumnya.

Masih banyak lagi Universitas di Jepang jurusan psikolog yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan di negeri sakura tersebut. Untuk informasi seputar kuliah di luar negeri bisa didapatkan melalui ICAN Education Consultant. Kami akan memberikan informasi lengkap seputar perkuliahan, konsultasi kuliah luar negeri atau bantuan pendaftaran ke kampus tujuan.

3 Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Lulus kuliah merupakan salah satu bagian dari perjalanan karir kamu, sehingga ini bukanlah suatu akhir. Maka, setelah lulus dari program studi psikologi ada beberapa profesi yang bisa kamu coba. Adapun profesi tersebut adalah sebagai berikut!

1. Psikoterapis

Profesi ini akan berfokus kepada praktek dalam menangani masalah mental seseorang dengan menggunakan prosedur penanganan yang tepat. Bahan penangannya pun, cenderung tidak menggunakan obat-obatan. Melainkan, menggunakan teknik dalam pendekatan interpersonal maupun komunikasi.

2. Dosen

Apakah kamu menyukai dunia pendidikan? Jika iya, maka profesi satu ini bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu pilih hal ini karena kamu bisa menjadi seorang dosen. Menjadi seorang dosen merupakan salah satu karir yang memiliki peluang yang baik. Bahkan jika memang jam terbang kamu terbilang cukup tinggi, maka nantinya kamu bisa mengemabngakn karir kamu menjadi rektor atau guru besar di sebuah universitas.

3. Psikolog

Kamu pun dapat menjadi seorang psikolog dan membuka praktek konseling setelah mendapatkan izin praktik. Biasanya, nanti para klien akan mencoba untuk konsultasi mengenai masalah yang dihadapinya. Sehingga kamu dapat membantu para klien untuk menemukan solusi yang dibutuhkannya.

Beberapa Universitas di Jepang jurusan psikologi ini dapat menjadi salah satu referensi untukmu. Selain itu, setelah lulus kamu pun dapat mencoba berbagai profesi dari mulai psikoterapi sampai dengan psikolog. Bahkan nantinya, kamu pun bisa menjadi seorang BK di sekolah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan