Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pilihan universitas di malaysia untuk jurusan psikologi

Pilihan Universitas di Malaysia untuk Jurusan Psikologi

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Pilihan Universitas di Malaysia untuk Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi masih menjadi jurusan yang cukup popular di kalangan siswa. Banyak universitas di dunia memutuskan untuk kuliah di bidang psikologi karena beberapa alasan. Beberapa siswa Indonesia memilih universitas di Malaysia jurusan psikologi untuk melanjutkan studi.

Sebagai bagian dari studi psikologi, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip dasar psikologi dan menerapkannya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pikiran dan perilaku manusia.

Universitas Psikologi di Malaysia

Jika kamu tertarik untuk mempelajari teori psikologi yang menarik dan mengetahui bagaimana teori tersebut dapat memengaruhi perilaku manusia, mengikuti kursus psikologi di Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat.

Psikologi umumnya membahas topik-topik seperti membantu orang yang menderita trauma, gangguan mental, atau penyalahgunaan zat. Karir di bidang Psikologi akan memberikan kamu pekerjaan sebagai psikolog penelitian yang bekerja di universitas atau lembaga pemerintah.

Lantas, di mana universitas di Malaysia jurusan psikologi  yang bagus?

Asia Pacific University – Bachelor of Science (Honours) in Psychology

Keunggulan kampus ini adalah memiliki Dual-award degree, satu dari De Montfort University (UK) dan satu dari APU.

Kurikulumnya berfokus pada teknologi yang akan membekali siswa dengan keterampilan yang tepat dalam aplikasi media dan teknologi untuk penelitian psikologis

Dinilai Tier 5 (Excellent) dari 6 secara keseluruhan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi (MQA SETARA 2018/2019).

Heriot-Watt University Malaysia – BSc (Hons) Psychology

Kurikulum berfokus pada masalah dunia nyata dan pekerjaan. Lulusan kampus ini memiliki catatan pekerjaan yang kuat di berbagai industri, mulai dari konseling dan pengajaran hingga riset bisnis dan pasar.

Kampus ini memungkinkan kamu untuk pindah ke kampus-kampus bergengsi di Inggris dan dubai.

HELP University – Bachelor of Psychology (Hons)

Kampus ini memiliki salah satu program psikologi terbesar dan paling mapan di Asia dengan lebih dari 1.300 siswa penuh waktu

Transfer terjamin ke lebih dari 30 universitas di Australia, Inggris, AS, dan Selandia Baru. Kampus ini juga memberikan peluang untuk pelatihan praktis dengan lebih dari 300 organisasi.

UCSI University – BA (Hons) Psychology

UCSI memberikan struktur kursus yang seimbangd engan 3 penempatan magang. Setiap siswa juga memiliki peluang untuk belajar di Inggris melalui jalur gelar internasional. Kampus ini sendiri masuk dalam salah satu dari 500 universitas terbaik di dunia menutur QS World University Rankings 2020.

Jika kamu tertarik untuk kuliah di bidang ini, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant untuk mendapatkan informasi lengkap. Ada cukup banyak universitas Malaysia yang bisa kamu pilih. Dengan bimbingan dari konselor kami, kamu bisa memilih universitas yang paling tepat sesuai minat kamu.

Baca Juga: Biaya Visa Pelajar Malaysia

Durasi Kuliah Jurusan Psikologi di Malaysia

Diploma Psikologi biasanya akan memakan waktu 2 hingga 2,5 tahun untuk menyelesaikannya. Gelar Sarjana Psikologi umumnya membutuhkan waktu lebih lama.

Namun, untuk menjadi seorang psikolog, kamu harus memperoleh setidaknya gelar master di bidang psikologi khusus, seperti psikologi klinis, neuropsikologi, atau psikologi forensik. Ini akan memakan waktu sekitar 1 sampai 2 tahun studi penuh waktu atau hingga 3 tahun untuk studi paruh waktu.

Apa saja karir psikologi di Malaysia bisa kamu jalani? Untuk bekerja sebagai psikolog, kamu harus memperoleh setidaknya gelar master di bidang khusus psikologi. Setelah mendapatkan kualifikasi pascasarjana di bidang psikologi, peluang kerja psikologi berikut akan terbuka:

  • Clinical Psychologist
  • Counselling Psychologist
  • Industrial & Organisational Psychologist
  • Sport & Exercise Psychologist
  • Educational Psychologist

Sebagai pemegang Gelar Psikologi, kamu tidak harus mengejar karir yang berhubungan langsung dengan psikologi. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang relevan untuk lulusan psikologi di Malaysia.

  • Business Development Executive
  • Career Counsellor
  • Human Resources Executive
  • Market Research Analyst
  • Advertising & Media Executive
  • Special Education Therapist
  • Social Work Assistant

Sebagian besar universitas dan perguruan tinggi juga akan meminta kamu untuk menyelesaikan kerja lapangan yang diawasi dalam bentuk pelatihan industri atau magang.

Di sinilah kamu akan mendapatkan pengalaman dunia nyata dengan bekerja di berbagai bidang atau sektor industri di Malaysia.

Kenapa Kuliah Psikologi di Malaysia?

Di Indonesia memang banyak perguruan tinggi berkualitas bagus yang menyediakan jurusan Psikologi. Namun ada beberapa alasan yang bisa mendasari Kenapa banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia, serta mengambil jurusan Psikologi. Berikut ini beberapa alasannya;

Ada Banyak Pilihan Kampus Terbaik

Alasan pertama kenapa kamu kuliah psikologi di Malaysia? Karena ada banyak pilihan kampus berkualitas bagus. Saat ini Malaysia terus memperbaiki kualitas pendidikan dan banyak pilihan universitas di Malaysia jurusan psikologi, baik untuk jenjang pendidikan S1 maupun S2.

Misalnya saja yang diversity of Malaya, University of Nottingham, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kampus berkualitas untuk jurusan Psikologi tentang memberikan pengalaman belajar dan kurikulum terbaik sesuai dengan standar pendidikan di Malaysia dan dikenal sebagai salah satu negara yang berstandar pendidikan terbaik di kawasan Asia. 

Kesempatan Magang Besar 

Alasan kedua karena mahasiswa internasional yang kuliah di Malaysia untuk jurusan Psikologi juga bisa mendapatkan kesempatan magang seperti mahasiswa lainnya. Jadi kamu memiliki kesempatan untuk magang di perusahaan atau instansi berkelas internasional loh. 

Hal tersebut tentu saja berguna untuk memantapkan pemahaman mahasiswa terhadap jurusan Psikologi dan memiliki pengaruh kehidupan profesional. Pengalaman berharga magang di perusahaan internasional bisa membantu mahasiswa memahami dunia kerja dan memiliki sikap lebih siap untuk bekerja setelah lulus.

Berkarir Secara Global

Tidak jauh berbeda dari magang, lulusan psikologi di universitas terbaik negara Malaysia juga memiliki kesempatan untuk berkarir secara global. Tidak sedikit universitas di Malaysia yang menjalin kerjasama dengan beberapa instansi atau perusahaan besar, sehingga perekrutan karyawan dapat disesuaikan dari Universitas tertentu dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. Selain bekerja di Malaysia, lulusan psikologi ini juga bisa bekerja di negara lain menggunakan ijazah dan kemampuan yang telah dimiliki.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan