Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
jenis visa untuk pelajar asing

Jenis Visa Untuk Pelajar Asing

Beranda / Perkuliahan / Jenis Visa Untuk Pelajar Asing

Visa untuk pelajar asing adalah bagian penting dari dokumen persyaratan kuliah luar negeri. Tanpa membawa visa yang tepat, kamu tidak bisa masuk ke negara tujuan sebagai pelajar. Visa terbagi dalam berbagai jenis dan punya fungsi masing-masing. Sehingga, kamu wajib tahu apa jenis visa yang tepat ketika hendak kuliah ke negara tujuan.

Adalah suatu kebanggaan jika kamu berhasil diterima di salah satu universitas pilihan di luar negeri salah satu dokumen yang wajib kamu urus sebelum berangkat adalah visa. Mengurus visa membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Sehingga, sebaiknya kamu segera merencanakan pendidikan secara matang termasuk ketika hendak mengurus visa.

Macam-Macam Visa Bagi Pelajar

Sampai saat ini, banyak pelajar Indonesia yang bingung mengurus visa ketika sudah merencanakan secara matang kuliah di luar negeri. Tidak sedikit pula pelajar yang bingung mana kira-kira Visa yang tepat untuk melanjutkan studi. Salah pilih visa juga bisa berakibat fatal, yaitu deportasi.

Agar tidak mengalami masalah deportasi oleh badan imigrasi, ICAN Education Consultant membagikan informasi lengkap tentang apa saja jenis visa pelajar dan fungsinya sebagai berikut:

Visa Belajar

Jenis visa untuk pelajar asing adalah visa belajar. Kamu perlu menggunakan visa tersebut untuk belajar di negara tujuan setelah memenuhi persyaratan dari universitas yang kamu tuju. Visa tersebut berlaku hanya saat masa pendidikan dan tetap berjalan sekalipun masa libur di universitas kamu sedang berjalan.

Syarat atau prosedur pembuatan visa di setiap negara berbeda, meskipun garis besarnya mirip. Beberapa egara mengharuskan memiliki surat keterangan bebas penyakit tertentu. Beberapa lainnya mewajibkan melampirkan surat keterangan hubungan degan orang yang membiayai kuliah.

Penting untuk menghubungi kedutaan negara yang bersangkutan dan pastikan kamu bisa memenuhi semua persyaratan dokumen sebelum kamu mengajukan visa. Beberapa persyaratan yang kamu perlukan adalah

  • Memiliki paspor
  • Surat penerimaan dari universitas
  • Melampirkan sertifikat pendidikan
  • Hasil skor tes bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS
  • Foto (dengan ukuran dan latar belakang yang berbeda di setiap negara)

Visa Pertukaran Pelajar

Visa ini berfungsi untuk para pelajar yang mengikuti pertukaran pelajar. Biasanya, proses mengurus visa untuk pelajar asing ini dibantu oleh lembaga yang menyediakan program pertukaran pelajar. Visa tersebut juga memiliki masa waktu sesuai lamanya program.

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja jenis visa bagi pelajar asing untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Resiko ketika mengurus visa yang tidak memenuhi syarat adalah visa ditolak. Bahkan, ketika sampai di negara tujuan, badan imigrasi dapat melakukan deportasi karena salah memilih jenis visa.

Perlu diingat bahwa jika kamu sudah memiliki visa dan siap berangkat ke negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada lembaga perguruan tinggi yang telah menerima kamu sebagai mahasiswa, jangan lupa untuk selalu membawa visa tersebut ke manapun kamu berpergian.

Baca juga :
Ketahui Jenis-Jenis Visa Beserta Fungsinya

Tips Agar Visa Tidak Ditolak

Visa merupakan sebagai dokumen wajib yang harus kamu bawa ketika masuk pada negara lain. Kamu dapat memperoleh visa dari Konsulat Jenderal maupun dari kantor kedutaan asing.

Untuk memperoleh Visa lebih mudah, kamu dapat meminta bantuan agen pendidikan luar negeri seperti ICAN Education Consultant. Tim kami dapat bekerja mengurus visa dan memastikan jenis visa untuk pelajar asing yang sesuai supaya kamu bisa melanjutkan studi ke lembaga perguruan tinggi di luar negeri tepat waktu.

Ada beberapa alasan mengapa permohonan Visa bisa ditolak sehingga rencana perjalanan harus tertunda atau batal. Apalagi beberapa negara mempunyai aturan ketat terhadap calon pendatang termasuk pelajar asing.

Selain menguras tenaga dan waktu, visa ditolak artinya kamu juga tidak dapat meminta seluruh biaya mengurus visa kembali.  Permohonan visa ditolak karena dalam proses pembuatan, kamu harus datang ke kantor kedutaan asing dan mengikuti tahap wawancara.

Saat proses wawancara, kamu harus membawa semua dokumen yang diperlukan. Biasanya, dokumen yang kurang lengkap dan alasan tidak jelas mengapa kamu harus kuliah di luar negeri bisa menjadi alasan permohonan visa ditolak. Maka pastikan semua dokumen yang kamu serahkan sudah benar dan dalam bahasa Inggris. Jangan lupa datang untuk melakuan wawancara, ya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan