Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
10 Cara Apply Student Visa Australia

10 Cara Apply Student Visa Australia

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / 10 Cara Apply Student Visa Australia

Memahami cara apply student visa Australia akan membantu kamu untuk mempermudah mempersiapkan semua persyaratan pendaftaran. Jika kamu memiliki impian untuk melanjutkan studi di Australia maka salah satu hal yang wajib dimiliki adalah student Visa. kamu harus mengajukan visa dengan menyiapkan semua dokumen asli dan beberapa menggunakan dokumen fotokopi.

Visa merupakan izin masuk dan tinggal bagi warga negara asing yang juga dibutuhkan oleh pelajar internasional jika tertarik untuk kuliah di Australia. Visa ini bisa didapatkan melalui online dengan sistem keimigrasian yang sudah disediakan oleh pemerintah Australia. Jika ingin mendaftar untuk mendapatkan visa pelajar, kamu harus mempersiapkan mempersyaratan terlebih dahulu.

10 Cara Apply Student Visa Australia 

Berikut ini beberapa langkah untuk cara daftar siswa belajar ke Australia yang wajib kamu ketahui.

1. Miliki Surat Penawaran (Letter of Offer)

Langkah pertama kamu harus memiliki surat penawaran yang berasal dari universitas tujuan untuk kuliah di Australia. Jadi jika kursus yang kamu pilih berhasil diterima, maka akan ada surat penawaran dari penyedia pendidikan pilihan.

Dari surat penawaran yang sudah kamu dapatkan, jangan terburu-buru untuk langsung menerima tetapi harus lebih diteliti lagi. Cobalah untuk membaca surat penawaran dengan cermat sebelum akhirnya menerima. Kamu akan menemukan rincian kursus dan ketentuan pendaftaran serta biaya yang harus dibayarkan jika menerima tawaran tersebut/

Pastikan sudah memahami semua hak yang bisa kamu terima, termasuk pengaturan pengambilan dana. Sebaiknya kamu tidak menerima surat penawaran jika tidak puas dengan ketentuan apapun yang ada di dalamnya.

Jadi kamu bisa menyimak salinan surat penawaran dan memahami hak-hak yang bisa didapatkan untuk mengajukan klaim pada institusi pendidikan pilihan.

Baca juga : Deposit Visa Student Australia Terbaru

2. Siapkan Konfirmasi Pendaftaran atau Confirmation of Enrolment

Konfirmasi pendaftaran merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh penyedia pendidikan untuk memverifikasi pendaftaran dalam kursus tertentu. Confirmation of enrollment akan dikirimkan kepada setelah menerima surat penawaran dan membayar deposit.

Untuk mendaftar visa pelajar juga harus menyertakan salinan CoE sebagai permohonan visa sehingga pemerintah Australia memiliki bukti bahwa kamu sudah terdaftar dalam kursus yang telah dipilih.

3. Sertakan Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk mendapatkan visa belajar juga harus menyediakan bukti kemahiran bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kursus pendidikan di Australia akan diajarkan dalam bahasa Inggris sehingga kamu perlu memberikan sertifikat hasil tes bahasa Inggris yang telah disetujui.

Arti kata Tini akan membuktikan kepada pemerintah Australia bahwa kamu memenuhi tingkat kemahiran bahasa Inggris ini mau yang dibutuhkan untuk berhasil menyelesaikan kursus. Kemungkinan akan ada tes-tes tertentu yang akan kamu ikuti dari pemerintah Australia, namun semuanya bisa diakses dengan mudah dari seluruh dunia.

4. Siapkan Genuine Temporary Entrant (GTE)

Dalam formulir permohonan visa belajar online di Australia, kamu perlu menulis pernyataan dalam bahasa Inggris dan memberikan dokumen pendukung yang menunjukkan bahwa telah memenuhi persyaratan pendatang sementara yang asli atau Genuine Temporary Entrant (GTE).

Pernyataan tertulis tidak boleh lebih dari 300 kata atau berlaku batas 2000 karakter. Kamu juga perlu melampirkan dokumen pendukung pada aplikasi pendaftaran visa belajar di ImmiAccount.

Baca juga:
Proses Pengajuan Visa Pelajar ke Australia

5. Bukti Bahwa Dana Studi dan Tinggal di Australia Cukup

Untuk mendaftar bisa pelajari Australia, ternyata kamu juga harus memberikan bukti keuangan kamu dalam kondisi baik dan bisa tinggal selama masa studi di Australia. Jadi kamu harus bisa membuktikan bahwa ada cukup uang untuk menghidupi diri sendiri selama tinggal di Australia.

Jika ingin memenuhi persyaratan ini maka ada dua opsi, yaitu kamu bisa memberikan laporan bank atau bukti hibah atau beasiswa. Hal tersebut bisa membuktikan kamu memiliki cukup uang untuk menutupi semua biaya pengeluaran selama kursus. 

Jauh lebih baik jika ada bukti penghasilan tahunan orang tua atau pasangan kamu yang menjadi wali, paling tidak harus berjumlah AUD$62.222 pada tahun sebelum kamu mengajukan permohonan. Jika membawa anggota keluarga, pendapatan tahunan minimal harus AUD$72,592.

6. Dokumen Asuransi Kesehatan

Siapkan juga dokumen bukti bahwa kamu sudah memiliki asuransi kesehatan Australia yaitu Overseas Student Health Cover (OSHC). Asuransi kesehatan tersebut wajib dimiliki oleh pelajar internasional selama tinggal di Australia.

Jika kamu tidak memberikan bukti memiliki asuransi maka permohonan visa belajar agar ditolak. Melalui Overseas Student Health Cover (OSHC) kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan medis atau rumah sakit Selama belajar di Australia, memberikan perlindungan ampunan dalam keadaan darurat, dan bisa mengatur jaminan kesehatan. 

Maka dari itu jaminan kesehatan sangat dibutuhkan oleh pelajar internasional di Australia untuk menjamin kesehatan mahasiswa.

7. Penuhi Persyaratan Kesehatan

Mendaftar visa di Australia juga harus memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditentukan. Jadi pemerintah Australia telah memberikan syarat bahwa belajar internasional wajib berada dalam kondisi sehat sebelum masuk negaranya. Kamu mungkin perlu menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memenuhi syarat permohonan Visa.

Kamu dapat memanfaatkan layanan kesehatan My Health Declaration, untuk menyelesaikan pemeriksaan kesehatan dan apapun yang dibutuhkan sebelum mengajukan permohonan visa.

8. Persyaratan Karakter

Ada juga persyaratan karakter tertentu yang wajib dipenuhi jika tertarik untuk belajar di Australia. Jadi dalam lamaran kamu harus menjawab beberapa pertanyaan dasar tentang karakter dan perilaku di masa lalu. Beberapa kasus, kamu mungkin perlu memberikan pemeriksaan latar belakang polisi atau pernyataan berkelakuan baik.

9. Ajukan permohonan Menggunakan ImmiAccount

Melalui situs website Departemen Dalam Negeri, kamu bisa menguraikan semua persyaratan untuk bisa belajar. Jadi kamu bisa mendaftar secara online menggunakan ImmiAccount. kamu bisa minta bantuan agen yang sudah terdaftar secara resmi.

10. Periksa Pernyataan Perjalanan

Kamu bisa mengikuti semua perkembangan persyaratan perjalanan terkini dengan mengunjungi halaman dan mempersiapkan perjalanan untuk studi di universitas Australia.

Baca juga : Ciri Khas Australia, Siswa Wajib Tahu

Penutup

Cara apply student Visa Australia sebenarnya cukup mudah jika kamu mempersiapkan semua persyaratan dengan baik. Apabila masih bingung untuk mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan dengan khawatir jika ada kesalahan, kamu bisa meminta bantuan agar pendidikan luar negeri ICAN Education untuk membuat permohonan visa pelajar ke Australia.

Agen pendidikan luar negeri akan membantu kamu untuk menyelesaikan semua persyaratan yang dibutuhkan, sehingga kuliah di Australia lebih mudah. Selain itu kamu juga akan mendapatkan pemantauan mulai dari proses pendaftaran hingga nanti bisa melanjutkan studi di Australia.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan