Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri ICAN Education Consultant
Alasan Memilih Jurusan Bisnis untuk Pendidikan Tinggi

Alasan Memilih Jurusan Bisnis untuk Pendidikan Tinggi

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Alasan Memilih Jurusan Bisnis untuk Pendidikan Tinggi

Mengetahui alasan memilih jurusan bisnis tentu bisa membantu kamu merasa lebih yakin lagi untuk mengambil program studi tersebut dijajang pendidikan tinggi. Program studi bisnis menjadi salah satu jurusan yang paling populer, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa perguruan tinggi luar negeri. 

Kuliah jurusan bisnis di kampus terbaik memang bisa memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa. Apalagi jika dari awal kamu memang memiliki ketertarikan dalam program bisnis, maka jurusan yang satu ini bisa menjadi pilihan paling tepat.

Apa itu Jurusan Bisnis?

Jurusan Bisnis adalah salah satu bidang studi yang melibatkan pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip manajemen, ekonomi, akuntansi, pemasaran, keuangan, dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan dunia bisnis. Mahasiswa jurusan Bisnis dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami lingkungan bisnis, mengambil keputusan manajerial, dan mengembangkan strategi bisnis.

Program studi Bisnis ini mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Operasional. Dalam bidang ini program-program dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang berbagai aspek bisnis, jadi kamu dituntut untuk menjadi seseorang yang benar-benar paham dengan jalannya bisnis.

Sebagai mahasiswa Bisnis, kamu akan diajarkan untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dapat diterapkan di dunia nyata. Tentu hal ini melibatkan kemampuan analisis, pemecahan masalah, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan kerjasama tim.

Baca juga : Kampus Terbaik Untuk Kuliah Jurusan Bisnis Di Luar Negeri

Alasan Memilih Jurusan Bisnis

Ada banyak alasan kenapa memilih jurusan bisnis bagi para mahasiswa. Berikut ini beberapa alasan yang akan membantu kamu merasa lebih yakin untuk mengambil program studi tersebut.

Memiliki Prospek Kerja Cerah dan Gaji Besar

Alasan pertama kenapa mengambil program studi bisnis ketika masuk perguruan tinggi karena Jurusan yang satu ini memberikan  prospek kerja yang cerah dan memiliki gaji besar. Para lulusan bisnis memiliki kesempatan untuk melamar posisi manajerial bahkan direktur di perusahaan, yang tentunya disertai dengan gaji yang mencapai puluhan juta rupiah.

Kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai pemimpin tertinggi, menjadi CEO (Chief Executive Officer) atau direktur ketika memilih jalur pendidikan di bidang bisnis. Menyandang peran ini memang bukanlah tugas yang dapat diemban oleh sembarang individu.

Melalui pendidikan di bidang bisnis, kamu akan memperoleh pengetahuan yang membantu merintis karier menuju puncak perusahaan secara bertahap. Jurusan bisnis membekali mahasiswanya dengan pemahaman mendalam mengenai berbagai aspek bisnis, termasuk ilmu akuntansi, manajemen, pemasaran, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Semua ini menjadi pondasi kokoh untuk meraih impian meniti karier hingga mencapai posisi puncak dalam dunia bisnis.

Bisnis adalah Jurusan Favorit

Alasan selanjutnya karena habisnya menjadi salah satu program studi favorit. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri, Mungkin kamu sudah memiliki banyak teman yang mengambil program studi ini ketika mereka masuk di jenjang perkuliahan. Bahkan ketika lulus ada kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa program studi bisnis untuk menjadi lulusan terbaik.

Peluang Masuk ke Semua Bidang

Pilihan kuliah di bidang bisnis membuka lebar peluang karir setelah menyelesaikan studi. Hampir setiap perusahaan membutuhkan kehadiran lulusan bisnis yang berkualitas. Hal ini karena pengetahuan yang diperoleh dalam jurusan ini tidak hanya mempertajam keterampilan individu, tetapi juga memberikan bekal yang kokoh untuk terjun ke dunia bisnis, mengembangkan ide, dan mengimplementasikan.

Dengan demikian, pencapaian target karir yang telah ditetapkan sebelumnya menjadi lebih terjangkau. Saat mencari pekerjaan, lulusan bisnis memiliki peluang besar diterima di berbagai sektor. Beragam cabang ilmu bisnis, seperti keuangan, pemasaran, manajemen, dan lainnya, mencakup berbagai bidang seperti sekuritas, perbankan, perhotelan, manufaktur, farmasi, penerbangan, kesehatan, dan sebagainya. Hal ini menjadikan peluang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan passion semakin besar.

Memiliki Dasar dan Pemahaman untuk Mengembangkan Usahanya Sendiri

Tak dapat dipungkiri, ketika mengambil program studi bisnis, pintu modal untuk memulai dan mengembangkan usaha sendiri terbuka lebar. Ketika kamu menjalani perkuliahan, sudah memiliki bekal pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam dunia wirausaha.

Kesempatan ini menjadi keistimewaan tersendiri, sebab tidak semua jurusan mampu memberikan persiapan dan keterampilan untuk memulai bisnis kamu sendiri setelah lulus. Hal ini menjadi alasan mengapa semakin banyak orang tertarik untuk memilih jurusan bisnis, di mana keahlian yang diperoleh setelah lulus menjadi modal berharga untuk merintis dan mengembangkan usaha dengan kesuksesan yang diinginkan.

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Alasan lainnya karena program studi bisnis ternyata  membantu  kamu untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Keterampilan berkomunikasi sangat penting dalam dunia bisnis, terutama ketika terlibat dalam diskusi dan negosiasi.

Orang seringkali merasa nyaman dan tertarik untuk berinteraksi dengan seseorang yang memiliki kemampuan public speaking baik. Lulusan dari jurusan bisnis akan terbiasa melakukan presentasi, berpartisipasi dalam praktik bisnis, dan melakukan riset. Semua ini membantu mereka menjadi lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.

Baca juga : Jurusan Bisnis Internasional Di Luar Negeri, Ini Yang Akan Dipelajari!

Penutup

Ada banyak alasan memilih jurusan bisnis untuk masuk di jenjang pendidikan tinggi. Bisnis akan membantu kamu untuk memahami seputar prinsip-prinsip manajemen, ekonomi, akuntansi, dan lain sebagainya. Apabila kamu masih merasa ragu untuk memilih program studi, jauh lebih baik jika konsultasi dengan agen pendidikan luar ICAN Education.

Konsultan pendidikan luar negeri akan membantu kamu memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Memilih program studi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan dengan cermat, sehingga tidak ada kesalahan  dan tidak ada hambatan ketika menjalani  masa studi.

ICAN Event - Study in Asia
ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Open House UIC
ICAN Event - EF Academy
study in asia 24
Study in Australia 24
expo manado 24
Info Session UIC BSD
Info Session Ivy League

Konsultasi Gratis

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)

Berencana untuk

Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan