Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Alasan Mengapa Memilih Jurusan Hubungan Internasional

Alasan Mengapa Memilih Jurusan Hubungan Internasional

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Alasan Mengapa Memilih Jurusan Hubungan Internasional

Mengapa memilih jurusan Hubungan Internasional? Program studi hubungan internasional adalah salah satu jurusan yang belakangan ini mulai banyak diminati oleh generasi muda. Jadi jurusan ini di perguruan tinggi akan menggaji terkait hubungan internasional antar negara. Program studi ini juga mempelajari dinamika politik, ekonomi, serta sosial budaya antar negara.

Saat ini kita Diharapkan dengan zaman yang lebih mudah untuk berinteraksi dan menuntut setiap individu lebih cepat beradaptasi dengan kompleksitas dari arus globalisasi. Salah satu bidang studi yang menarik perhatian banyak generasi muda terkait pemahaman dan kompleksitas interaksi antar negara ini adalah hubungan internasional.

Skill yang Dipelajari dalam Jurusan Hubungan Internasional

Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan Hubungan Internasional, maka ada berbagai macam keuntungan yang bisa dirasakan, salah satunya adalah skill kamu semakin meningkat. Pada berbagai macam kemampuan yang dipelajari di dalam jurusan Hubungan Internasional, seperti berikut:

Kemampuan Negosiasi dan Mediasi

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional memiliki ciri khas keterampilan negosiasi dan mediasi, dimana dapat membantu mereka untuk unggul dalam berkarir. Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional memiliki ciri keterampilan negosiasi dan mediasi yang baik sehingga lebih membantu mereka untuk membuka peluang karir.

Program studi yang satu ini akan membantu mahasiswa belajar teknik negosiasi dan mediasi yang sangat penting dalam memfasilitasi dialog antara beberapa pihak yang berbeda dengan konteks hubungan internasional. Bahkan Kamu juga belajar bagaimana melakukan negosiasi yang efektif untuk bisa mencapai kesepakatan yang menguntungkan serta membantu memecahkan konflik secara damai.

Di jurusan Hubungan Internasional kamu juga akan belajar bagaimana meningkatkan keterampilan mediasi untuk membantu pihak-pihak yang terlibat di dalam konflik bisa menemukan titik temu dan mencapai solusi yang bisa diterima oleh semua pihak. Kemampuan negosiasi di dalam mediasi ini tentu sangat berharga dalam situasi kompleks di tingkat Internasional, di mana kepentingan serta tujuan negara-negara seringkali saling bertentangan.

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi juga termasuk salah satu alasan skill yang akan ditingkatkan dalam jurusan Hubungan Internasional. Kamu akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan individu dari berbagai macam budaya serta latar. Melalui interaksi tersebut kamu diharapkan untuk mengembangkan kepekaan budaya yang dalam, memahami berbagai macam perbedaan budaya nilai-nilai, serta norma-norma yang saat ini ada.

Selain itu, mahasiswa hubungan internasional juga meningkatkan kemampuan komunikasi dalam segi lintas budaya dengan melibatkan pemahaman yang mendalam terkait dinamika komunikasi yang efektif antar individu dari latar budaya yang berbeda.  Kemampuan komunikasi antar budaya menjadi kunci dalam menjalin hubungan yang baik dan bekerja secara efektif di lingkungan multikultural, sehingga semakin terhubung secara global.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Kritis

Mahasiswa hubungan internasional juga memiliki kemampuan untuk berpikir secara analitis dan kritis. Mahasiswa hubungan internasional ini sudah dilatih menganalisis informasi yang kompleks, serta memahami berbagai macam sudut pandang yang ada.

Tidak  hanya itu,  tetapi Mahasiswa juga akan belajar tentang bagaimana mengembangkan pemikiran kritis dalam menghadapi isu-isu Global saat ini. Dalam jurusan Hubungan Internasional ada juga cara mengelola perbedaan budaya dan politik antar negara.

Semuanya dipahami dengan baik, sehingga kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara analitis dan kritis untuk menghadapi tantangan Kompleks di bidang hubungan internasional. Selain itu, keputusan dan kebijakan yang diambil harus disesuaikan dengan pemahaman mendalam  serta penilaian yang cermat terhadap situasi yang ada.

Baca juga : Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Alasan Mengambil Jurusan Hubungan Internasional

Ada banyak alasan kenapa jurusan Hubungan Internasional menjadi salah satu program yang patut dipertimbangkan jika kamu akan mengambil pendidikan tinggi. Berikut ini beberapa alasan mengambil jurusan Hubungan Internasional yang akan membantu kamu semakin yakin dengan program studi ini.

Memiliki Kesempatan Membahas Masalah Dunia

Alasan pertama sebab kamu memiliki kesempatan untuk membahas masalah dunia. Jika kamu memiliki kemampuan secara sadar untuk memberikan argumentasi yang kuat dan seimbang, apalagi dalam dunia kerja hubungan internasional maka jurusan ini sangat penting. Informasi yang sengaja menyesatkan dan berita-berita palsu untuk memecah komunitas, serta memperkuat agenda yang berpotensi berbahaya  bisa menjadi pembahasan kamu dengan argumentasi yang kuat.

Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa saat ini jurusan Hubungan Internasional sangat  tepat bagi orang-orang yang memiliki kemampuan berbicara secara kritis dan analitis.

Memiliki kesempatan Mengubah Dunia

Mungkinkah kamu memiliki kesempatan untuk mengubah dunia? Tentu saja, melalui jurusan Hubungan Internasional kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mengubah dunia. Hubungan internasional  bisa dikatakan jurusan yang memiliki pemahaman serta saudara lintas budaya terkait apa yang terjadi secara global.

Mereka yang sudah mempelajari hubungan internasional cenderung menjadi individu yang semakin bersemangat untuk memerangi ketidakadilan, serta belajar dari sejarah tentang apa saja yang berhasil dan tidak.

Karir yang Cemerlang

Alasan memilih jurusan Hubungan Internasional salah satunya dikarenakan karir yang cemerlang bisa didapatkan. Hal ini tentu juga disesuaikan dengan pengalaman, minat, serta aspirasi yang dimiliki. Banyaknya peluang karir yang berkaitan dengan hubungan internasional di sektor swasta, publik, maupun nirlaba memberikan kesempatan bagi lulusan hubungan internasional untuk mengibarkan karir secara global.

Apabila kamu tertarik untuk mencari karir di pemerintahan, mungkin bisa mempertimbangkan peran dalam  Bidang keamanan. Bekerja di pemerintahan tidak selalu harus birokratis,  sehingga hal ini bisa menjadi hal yang bagus untuk terlibat dalam proyek dengan hubungan internasional.

Dapat Berkolaborasi dengan Banyak Orang

Alasan memilih jurusan Hubungan Internasional karena kamu memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan banyak orang. Entah kamu akan bekerja di kedutaan atau di ruang rapat, tetapi pekerjaan kamu akan  lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain.

Jurusan Hubungan Internasional juga bisa membuat kamu melatih kemampuan kolaboratif dengan fokus yang kuat terhadap hubungan interpersonal dan bahasa asing. Jadi kamu juga bisa mempelajari berkolaborasi dengan orang lain dan dari berbagai macam latar belakang.

Mendapatkan Pengalaman Unik

Hubungan internasional akan membantu kamu untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana dapat melihat dan memahami bagaimana kebijakan, strategi, hukum, konflik dan lain sebagainya memiliki dampak di seluruh dunia.  Banyak juga institusi pendidikan tinggi sekarang ini yang sudah mewujudkan integrasi studi wajib dan pengalaman kerja di dalam kurikulum mereka, sehingga memastikan setiap mahasiswa memiliki aplikasi praktis dari apa yang sudah dipelajari di kelas.

Baca juga : Apa Yang Dipelajari Dalam Jurusan Hubungan Internasional Di Luar Negeri?

Penutup

 Jurusan  Hubungan  internasional menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tertarik untuk membicarakan  isu-isu secara global. Melalui jurusan yang satu ini, kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan berbagai macam kemampuan, mulai dari kemampuan berbicara, kemampuan berpikir secara analitik dan kritis,  serta beberapa kemampuan lainnya.

Setelah mengetahui alasan memilih jurusan Hubungan Internasional, kemudian sudah merasa yakin untuk memilih jurusan Hubungan Internasional, Tentukan perguruan tinggi yang tepat untuk mendapatkan program studi tersebut. Konsultasi dengan agen pendidikan luar negeri ICAN Education, kamu akan mendapatkan banyak sekali tips serta solusi menarik seputar jurusan Hubungan Internasional di beberapa kampus terbaik.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan