Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Alasan Mengambil Jurusan Seni Musik yang Wajib Kamu Tahu

Alasan Memilih Jurusan Seni Musik yang Wajib Kamu Tahu

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Alasan Memilih Jurusan Seni Musik yang Wajib Kamu Tahu

Alasan memilih jurusan seni musik bisa membantu kamu lebih yakin lagi untuk mempelajari tentang seni musik. Jurusan Pendidikan Seni Musik memberikan kesempatan kamu untuk mendalami dunia musik dan membuatnya sebagai pilihan pendidikan lanjutan di universitas. Program ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan musik.

Dalam jurusan ini, kamu dapat memperluas pengetahuanmu tentang musik, mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, manajemen industri musik, hingga komposisi musik. Melalui pemahaman yang mendalam ini, kamu dapat mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme.

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan, baik sebagai pendidik musik, komponis, produser musik, atau profesional di industri musik. Jadi, tidak hanya mendalami hobi, tapi juga mempersiapkan diri untuk karir yang menjanjikan di bidang musik.

Apa itu Jurusan Seni Musik?

Jurusan Pendidikan Seni Musik adalah jurusan yang mempelajari tentang musik, pembelajarannya sangat luas seperti berbagai aspek musik, mencakup sejarah musik, analisis musik, praktik vokal, praktik instrumen musik, serta ilmu kependidikan. Fokus jurusan ini melibatkan keterampilan praktis dan pemahaman teoritis dalam seni musik, mencakup perancangan, penelitian, dan penyajian karya musik.

Beberapa mata kuliah akan dipelajari mahasiswa jurusan ini dengan mencakup filsafat seni, sejarah musik, orkestrasi dasar, teori budaya, solfegio, komputer musik, dasar-dasar piano, harmoni, teknik vokal, produksi musik, hingga komposisi musik.

Selain itu, jurusan ini juga menyediakan pembelajaran berbagai keahlian untuk mempersiapkan lulusannya menghadapi tantangan di dunia karir, baik yang langsung berkaitan dengan musik maupun tidak. Banyak hal menarik jika kamu mempelajari jurusan seni musik.

5 Alasan Memilih Jurusan Seni Musik

Jika kau masih merasa ragu-ragu, berikut ini beberapa alasan terbaik untuk membantu kamu  lebih yakin memilih jurusan seni musik:

1. Membantu Mempelajari Passion Kamu

Jurusan Pendidikan Seni Musik memberikan kesempatan langka untuk menggabungkan minat pribadi dan hobi dengan pengembangan ilmu pengetahuan kamu. Kuliah sambil menekuni hobi seperti bernyanyi atau bermain musik dapat menjadi pengalaman unik, di mana kamu dapat mendalami passionmu sekaligus mengejar pendidikan tinggi.

Jurusan ini memberikan landasan yang kuat untuk menggali lebih dalam dalam dunia musik dan seni, membuka peluang baru untuk mengembangkan diri dalam bidang yang kamu cintai.

2. Membantu Lebih Kreatif

Alasan memilih jurusan musik selanjutnya karena bisa membantu kamu untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif lagi. Jurusan Pendidikan Seni Musik menjadi prodi yang tepat untuk mengembangkan kreativitas. Ada banyak tugas-tugas dan latihan di jurusan ini, kreativitasmu akan terus diasah dan diperluas.

Kamu akan belajar berpikir kreatif dalam merancang, menginterpretasikan, dan menyajikan karya musik. Pengalaman ini tidak hanya membentuk pelajar sebagai musisi yang terampil, tetapi juga sebagai individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif untuk menghadapi tantangan di berbagai aspek kehidupan.

3. Saingan Tidak Banyak

Jika kamu ingin  memiliki kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi unggulan, baik dalam negeri maupun luar negeri maka jurusan seni musik ini bisa membantu sebab saingannya tidak terlalu banyak.

Selain itu, tidak setiap kampus menyediakan jurusan seni musik. Sebagian besar, jurusan seni musik dapat ditemukan di institut seni. Mereka yang memutuskan untuk mengejar jurusan ini biasanya adalah individu yang memiliki kasih sayang yang mendalam terhadap dunia musik. Namun, jumlah orang yang memilih jurusan ini tidaklah sebanyak jurusan lain yang lebih populer.

4. Prospek Pekerjaan Luas

Banyak yang penasaran mengenai peluang karir dari jurusan seni musik. Sebab prospek kerja menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa ketika akan memilih jurusan terbaik. Sebenarnya, jurusan ini memiliki beragam peluang pekerjaan yang menarik. Selain bisa menjadi musisi, kamu dapat menjelma menjadi produser musik, komposer, bahkan film scorer.

5. Gaji Cukup Tinggi

Pernahkah kamu berpikir bahwa gaji lulusan seni musik cukup tinggi? Mungkin tidak banyak tahu, tapi gaji tinggi juga loh. Bekerja di dunia musik menuntut keterampilan dan kreativitas luar biasa yang tidak dimiliki oleh semua orang. Maka tidak mengherankan jika para pekerja di industri musik memperoleh imbalan finansial yang besar.

Penutup

Ada banyak alasan mengambil jurusan seni musik yang bisa membantu kamu semakin yakin untuk menempuh pendidikan di bidang tersebut. Pastikan untuk kuliah di kampus terbaik untuk mendapatkan kualitas pendidikan di bidang seni musik.

Kamu dapat berkonsultasi dengan agen pendidikan ICAN Education untuk memberikan berbagai macam tips-tips menarik serta saran perguruan tinggi terbaik untuk jurusan seni musik. Tidak hanya membantu kamu untuk menemukan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, tetapi juga banyak perguruan tinggi di luar negeri. Melalui agen pendidikan luar negeri kamu memiliki peluang untuk kuliah jurusan seni musik di luar negeri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan