Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
10 alasan mengapa harus kuliah di luar negeri

10 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

Beranda / Perkuliahan / 10 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

Dengan membaca beberapa alasan kuliah di luar negeri, mungkin membantu kamu untuk lebih yakin melanjutkan pendidikan di kampus-kampus terbaik luar negeri. Saat ini kuliah di luar negeri bukan sesuatu hal yang sulit lagi untuk dicapai, bahkan sedang menjadi tren di kalangan pelajar Indonesia.

Hal ini bisa dilihat, contoh kecilnya saja banyak artis Indonesia yang mulai tertarik untuk menjelajah kuliah di luar negeri. Bahkan dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pelajaran Indonesia di luar negeri semakin meningkat drastis dan bisa mencapai puluhan ribu baik, untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Negara yang dituju juga sangat beragam, mulai dari Malaysia, Singapura, Australia,  Amerika Serikat, dan beberapa negara lain. Jika masih ragu untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, sebaiknya kamu cari alasan kenapa kuliah di luar negeri  semakin diminati.

Dengan membaca beberapa alasan kuliah di luar negeri, mungkin membantu kamu untuk lebih yakin melanjutkan pendidikan di kampus-kampus terbaik luar negeri. Saat ini kuliah di luar negeri bukan sesuatu hal yang sulit lagi untuk dicapai, bahkan sedang menjadi tren di kalangan pelajar Indonesia.

Hal ini bisa dilihat, contoh kecilnya saja banyak artis Indonesia yang mulai tertarik untuk menjelajah kuliah di luar negeri. Bahkan dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pelajaran Indonesia di luar negeri semakin meningkat drastis dan bisa mencapai puluhan ribu baik, untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Negara yang dituju juga sangat beragam, mulai dari Malaysia, Singapura, Australia,  Amerika Serikat, dan beberapa negara lain. Jika masih ragu untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, sebaiknya kamu cari alasan kenapa kuliah di luar negeri  semakin diminati. Berikut ini beberapa alasan yang akan membantu menguatkan keinginan kamu untuk kuliah di luar negeri.

1. Lebih Siap dengan Jenis Pekerjaan Baru

Salah satu alasan untuk membantu kamu siap kuliah di luar negeri adalah adanya banyak jenis pekerjaan baru yang dapat dipelajari. Seperti yang kita tahu bahwa beberapa perguruan tinggi unggul di luar negeri menyediakan banyak jenis program studi.

Bahkan untuk satu bidang  terdapat beberapa detail program studi yang bisa dipilih. Dengan banyaknya program studi yang ditawarkan secara detail, tentu semakin besar peluang untuk mendapatkan jenis pekerjaan baru di luar negeri.

Hal ini menjadi peluang besar bagi kamu yang tertarik untuk berkarya di luar negeri setelah menyelesaikan pendidikan. 

2. Adanya Pendidikan Berkualitas Tinggi

Alasan selanjutnya kuliah di luar negeri bisa membantu kamu untuk mendapatkan kualitas pendidikan  terbaik. Ketika memiliki keinginan untuk mewujudkan pendidikan di luar negeri,  tentu kamu berharap bisa mendapatkan kualitas dan pendidikan terbaik.

Pilihan jurusan di Universitas terbaik sesuai dengan kriteria biasanya tersedia di luar negeri. Misalnya saja negara Amerika Serikat, Inggris, maupun Australia yang memiliki sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia, bahkan sebagian besar universitas internasional berperingkat tinggi ada di negara-negara tersebut.

Universitas-universitas terbaik telah memiliki pengalaman dalam masalah perkuliahan, penelitian, dan berbagai macam sistem pendidikan mendukung sehingga kamu bisa  mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Baca juga :
Mau Kuliah Gratis Di Luar Negeri? Lakukan Cara Cerdas Ini

3. Belajar Perspektif Baru

Jika ingin belajar hal-hal baru, maka kuliah di luar negeri bisa menjadi pilihan yang tepat. Setiap Budaya tentu memiliki caranya tersendiri untuk melakukan interaksi dengan dunia luar. Kuliah di luar negeri bisa membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan unik dalam mempelajari berbagai macam hal terhadap perspektif budaya negara tujuan.

Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berinteraksi  dengan beberapa orang teman yang  datang dari negara lain dan berlatar belakang berbeda. Perspektif baru yang didapatkan bisa membantu kamu untuk melakukan evaluasi dan mengetahui pola pikir selama ini kemudian membentuk diri menjadi  pribadi yang lebih baik.

4. Mulai Memperluas Jaringan

Alasan selanjutnya bisa dikarenakan untuk membantu mulai memperluas jaringan secara internasional. Kuliah di luar negeri bisa membantu kamu menjadi bagian dari komunitas mahasiswa internasional. Ada banyak teman yang bisa kamu temui dan berbagai macam acara sosial yang bertujuan untuk membantu  mendapatkan pertemanan serta jaringan baru.

Sekalipun kebanyakan mahasiswa internasional kembali ke negara asalnya setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, tetapi biasanya mereka tetap berhubungan dengan teman-teman kuliah dan bisa mendapatkan berbagai macam cerita terbaru untuk peluang karir secara internasional dari teman-teman kuliah di luar negeri.

5. Dapat Hobi Baru

Jika masih merasa kurang yakin untuk melanjutkan studi di luar negeri, kamu harus tahu bahwa kuliah di luar negeri juga bisa membantu kamu menemukan aktivitas maupun hobi baru. Ada banyak aktivitas maupun hobi yang bisa dilakukan di luar negeri dan tidak mungkin ditemukan di Indonesia.

Misalnya saja kamu memiliki bakat terpendam untuk melakukan aktivitas snowoarding, sehingga menjadikan kegiatan tersebut sebagai hobi baru dan mendapatkan banyak pengalaman.

6. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Penguasaan bahasa asing menjadi salah satu keterampilan yang saat ini banyak dicari oleh pemberi kerja. Memutuskan untuk kuliah di luar negeri bisa membantu kamu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan pemahaman dan belajar tentang bahasa asing, yaitu bahasa ibu di negara tujuan.

Mungkin kamu sudah pernah belajar bahasa asing di Indonesia, tetapi jika belajar dari negara asal bahasa tersebut akan membantu lebih mudah memahami dan mendalami secara menyeluruh. 

Ada berbagai macam universitas internasional yang menyediakan program khusus untuk bisa membantu mahasiswa internasional menguasai bahasa ibu. 

7. Adaptabilitas Meningkat

Kuliah di luar negeri juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan adaptabilitas. Hal ini dikarenakan adanya berbagai macam pergeseran lokasi dan metode pembelajaran yang ditemui. Pergeseran tersebut akan  menguji kamu untuk bisa menangani dalam berbagai macam masalah dan situasi sehingga bisa meraih tujuan utama.

Hasilnya nantinya lingkup pemikiran menjadi lebih terbuka, sehingga kamu bisa mendekati permasalahan dengan baik dan mulai beradaptasi pada situasi baru yang lebih mudah.

8. Jalan Studi Lebih Lancar

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi pada tingkatan yang lebih tinggi, Maka kuliah di luar negeri bisa membantu hal tersebut lebih lancar. Hampir semua staf penerimaan mahasiswa pascasarjana di berbagai macam universitas internasional biasanya memberikan nilai tambahan bagi calon mahasiswa yang mendaftar, apalagi bagi yang pernah mendaftar di luar negara asal.

Dalam sudut pandang universitas luar negeri, dapat menghargai keberagaman  dan tidak takut menghadapi tantangan maupun situasi yang sulit bisa menjadi nilai tambah. 

Apabila tertarik untuk melanjutkan studi di program yang kompetitif, seperti program MBA,  maka pengalaman sekolah di luar negeri bisa membantu kamu mendapatkan nilai lebih dan menonjol dibandingkan beberapa pendaftar lainnya. 

9. Meraih Pengalaman Kerja di Luar Negeri

 Alasan selanjutnya yang bisa membantu menguatkan kamu adalah  mendapatkan pengalaman kerja di luar negeri. Biasanya beberapa perguruan tinggi memberikan kesempatan untuk melakukan magang di beberapa perusahaan besar negara tujuan.

Dengan adanya program magang tersebut tentu tidak hanya memperkaya CV saja,  tetapi bisa memberikan kamu banyak pengalaman yang berharga. Kuliah di luar negeri bisa memberikan kesempatan yang baik sebab banyak negara yang memiliki visa kerja pasca studi dan dikhususkan kepada mahasiswa internasional yang kuliah di negara tersebut.

10. Adanya Status Permanent Resident di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri tetapi tertarik untuk mendapatkan status permanent resident,  maka hal tersebut lebih mudah didapatkan. Banyak sekali negara-negara maju yang kekurangan tenaga kerja pada industri-industri penting. Hal ini tentu membuat beberapa negara  lebih memilih untuk mengambil beberapa mahasiswa yang bekerja di luar negeri untuk mengisi kekosongan tersebut.

Dengan kuliah di negara tujuan, kamu bisa mendapatkan prioritas utama untuk melamar pekerjaan di berbagai macam industri esensial. Setelah menyelesaikan pekerjaan beberapa tahun, kamu juga bisa mengajukan status sebagai permanent resident. 

Baca Juga:
Pentingkah Melanjutkan Kuliah Di Luar Negeri?

Benefit Kuliah di Luar Negeri

Setelah mengetahui beberapa alasan kuliah di luar negeri, tentu kamu bisa berpikir kembali bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan jika melanjutkan pendidikan tinggi di negara tujuan. Apalagi jika negara tujuan kamu adalah negara-negara a berkualitas dalam bidang pendidikan, seperti Amerika Serikat, Inggris, maupun Australia. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan, seperti berikut:

Jangkauan Karir Lebih Luas

Benefit pertama yang bisa didapatkan ketika kuliah di luar negeri adalah jangkauan karir menjadi lebih luas. Jika memutuskan kuliah di luar negeri, kamu bisa bertemu dengan banyak mahasiswa yang berasal dari negara-negara lain. Dengan begitu kamu bisa membantu orang mendapatkan Jangkauan yang lebih luas.

Kamu juga bisa belajar bahasa negara lain dan temanmu berhasil. Semakin banyak teman, tentu semakin banyak rezeki yang didapatkan. Jika kamu bisa mendapatkan banyak teman dan memiliki peluang, tentu membangun bisnis dan meminta dukungan dari teman-temanmu bukan hal yang sulit dilakukan.

Selain itu kamu juga tidak akan melihat tubuhnya dengan mata yang sama karena ada berbagai macam sudut pandang yang dipelajari secara berbeda. Berteman dengan berbagai macam rotan belakang akan membantu memperluas pikiran. Memberikan pemahaman terhadap ide-ide baru yang mustahil akan didapatkan.

Belajar Lebih dari Satu Bahasa

Keuntungan selanjutnya yang didapatkan adalah kamu bisa belajar lebih dari satu bahasa. Jadi kamu tidak aja belajar bahasa Inggris, tetapi kamu juga bisa belajar bahasa ibu yang digunakan di negara tersebut. Misalnya, kamu memutuskan untuk kuliah di Jerman maupun di Belanda. Selain belajar menguasai bahasa Inggris lebih baik, ternyata kamu juga harus mempelajari tentang bahasa Jerman maupun Belanda sesuai dengan negara tujuan.

Hal tersebut akan memudahkan untuk beradaptasi dan membawa dengan kehidupan sosial. Menguasai bahasa asing lebih banyak tentu memberikan benefit, sebab peluang pekerjaan bisa didapatkan jauh lebih besar di beberapa perusahaan-perusahaan luar negeri.

Mendapatkan Pendidikan Berkualitas

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa universitas di luar negeri yang memberikan kualitas pendidikan terbaik. Hal ini tentu bisa membantu kamu untuk mendapatkan  kualitas pendidikan terjamin. Negara-negara maju pasti memiliki keunggulan dalam kualitas pendidikan, ekonomi, lingkungan, budaya, dan lain sebagainya.

Dengan kuliah di luar negeri juga bisa mendapatkan pengalaman serta merasakan janjinya teknologi. Mendapatkan lingkungan masyarakat yang berbeda, serta kualitas pendidikan dengan menggunakan fasilitas terbaik tentu bisa membantu kamu meningkatkan kualitas pembelajaran dalam segi apapun.

Magang di Perusahaan Besar Luar Negeri

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan ketika kuliah di luar negeri adalah kamu memiliki kesempatan untuk melakukan magang di beberapa perusahaan-perusahaan besar luar negeri. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa Universitas unggulan dunia, di mana mereka sudah bekerja sama dengan beberapa  perusahaan internasional terbaik, seperti Windows, Apple, dan masih banyak lagi perusahaan lain sesuai dengan  bidang yang kamu Minati.

Dengan melakukan magang di beberapa perusahaan-perusahaan besar dunia kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, seperti di Google,  Toyota,  Hilton Hotel, dan lain sebagainya.

Bisa Semakin Mandiri

Keuntungan lainnya ketika kuliah di luar negeri adalah kesempatan kamu untuk belajar mandiri. Ketika kuliah di luar negeri, mau tidak mau kamu harus berpisah dari orang tua dan mulai belajar untuk menata kehidupan sendiri.

Pada awalnya mungkin terasa berat, tetapi kamu akan belajar banyak dan keluar dari zona nyaman. Tinggal di luar negeri ada berbagai macam tantangan yang harus kamu hadapi sendiri, jika sudah bisa menghadapi suatu tantangan tersebut maka siap  juga menghadapi berbagai macam perubahan lingkungan di masa depan. 

Baca Juga:
Cara Wujudkan Impian Kuliah Ke Luar Negeri

Persiapan Diri Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri tentu kamu akan membutuhkan berbagai macam persyaratan yang akan membantu perkuliahan perjalanan lancar dan kehidupan kamu di negara tersebut lebih mudah. Ada banyak sekali yang harus disiapkan, seperti berikut:

  • Buat paspor dan visa
  • Belajar bahasa
  • Belajar budaya
  • Mulai cari tempat tinggal
  • Pelajari akses maupun transportasi di negara tujuan
  • Pesan tiket pesawat, sebelum masuk perkuliahan
  • Cari asuransi perjalanan
  • Siapkan fotocopy dokumen penting
  • Tidak perlu bawa banyak barang
  • Informasikan ke bank dan perusahaan kartu kredit ketika akan berada di luar negeri
  • Asuransi kesehatan di luar negeri sudah di urus
  • Dana yang cukup untuk kehidupan di luar negeri, minimal 1 tahun.

Masih banyak persiapan lain yang harus disediakan ketika kuliah di luar negeri. Untuk mengetahui berbagai macam persiapan dalam proses perkuliahan maupun kehidupan sehari-hari kuliah di luar negeri, kamu bisa  berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen pendidikan luar negeri ICAN Education.

ICAN Education akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi valid seputar perkuliahan di luar negeri, serta berbagai macam pelayanan gratis yang akan membantu kamu lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri tanpa adanya kendala.

ICAN Education juga memantau terus perkembangan pendaftaran dan perkuliahan kamu selama di luar negeri. Tertarik untuk daftar?

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan