Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa saja pilihan asrama siswa di luar negeri

Apa Saja Pilihan Asrama Siswa di Luar Negeri?

Beranda / Bacaan Umum / Apa Saja Pilihan Asrama Siswa di Luar Negeri?

Saat kuliah di luar negeri, kamu mungkin akan mempertimbangkan tempat tinggal. Akomodasi atau asrama di luar negeri biasanya memiliki beberapa tipe. Kamu bebas memilih jenis asrama yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ada banyak variasi asrama siswa di luar negeri, kamu mungkin akan sedikit kesulitan dalam memilih. Masing-masing memiliki pro dan kontra tertentu, tetapi semuanya sama-sama solusi yang layak selama mereka diakreditasi oleh institusi tujuan kamu. Jadi, tak perlu takut untuk tinggal dan kuliah di luar negeri.

Tipe Asrama Siswa di Luar Negeri

Dari banyaknya tipe asrama siswa di luar negeri atau biasa disebut juga dengan akomodasi, kamu bisa memilih mana yang paling tepat. Pastikan kamu sudah memahami semua jenisnya dan jangan lupa untuk mencari tahu apakah asrama tersebut diakreditasi oleh universitas yang kamu tuju.

Berikut beberapa tipe akomodasi yang bisa dipilih sebagai siswa:

University Hall of Residence

Tipe akomodasi ini kemungkinan besar dimiliki oleh Universitas (walaupun beberapa independen) dan didominasi untuk mahasiswa tahun pertama. Tempat ini membantu mahasiswa baru terbiasa tinggal jauh dari rumah, bertemu orang baru, dan merasakan kehidupan Universitas.

Tempat tinggal ini biasanya terletak di kampus dan biaya yang ditetapkan biasanya sudah termasuk banyak fasilitas. Kelompok utama siswa yang tinggal di sini adalah siswa di tahun pertama dan kedua.

Private Sector Halls of Residence

Ini adalah akomodasi tempat tinggal siswa yang dibangun khusus, mirip dengan asrama universitas, tetapi dimiliki oleh perusahaan swasta yang menjalankan dan mengelolanya. Mereka sering berada di lokasi pusat, namun seringkali merupakan pilihan yang paling mahal. Penting untuk mengetahui apa yang termasuk dalam biaya sewa.

Terkadang kamu bahkan mungkin berbagi dengan campuran orang yang berbeda, bahkan beberapa dari berbagai Universitas.

Sewa Kamar atau Ruangan Pribadi

Ini adalah pilihan paling umum dan populer di kalangan siswa. Mereka biasanya dikelola oleh tuan tanah sebagai properti di sektor sewaan swasta. Siswa biasanya berbagi rumah dengan sejumlah teman serumah (atau teman satu flat), tergantung pada ukuran bangunan. Mereka biasanya terletak di lingkungan dengan konsentrasi siswa yang tinggi tetapi juga dapat menjadi bagian dari daerah yang lebih beragam.

Kualitasnya bisa sangat berbeda dan direkomendasikan untuk menyewa dari tuan tanah yang diakreditasi oleh institusi tujuan.

Homestay

Beberapa universitas mengijinkan siswanya untuk tinggal di homestay. Keluarga homestay biasanya menyediakan kamar tidur untuk tinggal dan penggunaan area komunal mereka. Kamu akan memiliki pengalaman tinggal yang sangat unik dan mengenal keluarga lokal di negara tujuan kamu. Tergantung di mana kamu belajar, ini bisa menjadi pilihan yang lebih murah juga.

Di sini, kamu harus mematuhi semua peraturan yang telah dibuat oleh keluarga tersebut. Biasanya kamu akan mendapatkan dua kali makan pada pagi dan malam serta fasilitas lainnya. Semua keluarga yang masuk dalam program Homestay biasanya telah disurvei dan dinilai oleh pihak universitas.

Rumah dan Kamar yang Dikelola Universitas

Ini adalah properti yang dimiliki oleh universitas dan perguruan tinggi yang dapat terlihat mirip dengan rumah/flat biasa tetapi biasanya memiliki tampilan dan fasilitas standar. Siswa sering mendaftar melalui kantor akomodasi institusi mereka.

Aula tempat tinggal seringkali telah termasuk sarapan dan makan malam. Namun, perlu kamu ingat bahwa asrama kampus biasanya membuat kamu tinggal di kamar bersama mahasiswa lainnya. Hal ini sering terjadi di universitas di Amerika. Sementara di Inggris, Sebagian besar siswa memiliki kamar sendiri, namun akan berbagi fasilitas kamar mandi dan dapur.

Namun, kamu harus cepat dalam memesan kamar karena ruangan biasanya sering penuh. Jika bersedia menunggu, kamu akan dimasukkan dalam daftar tunggu. Universitas dapat menawarkan kamar di rumah untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Tips Memilih Asrama Siswa di Luar Negeri

Salah satu hal yang paling menarik tentang memulai studi adalah kesempatan untuk pindah dari rumah dan tinggal jauh dari negeri sendiri. Namun, pemilihan asrama atau akomodasi tentu tak semudah yang dipikirkan.

Kamu perlu tahu bagaimana memilih akomodasi yang tepat. Bila perlu, kamu bisa menggunakan jasa konsultasi kuliah luar negeri agar bisa mendapatkan akomodasi yang tepat.

Sebelum memilih akomodasi atau asrama siswa di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Jika kamu menemukan tempat dengan harga sewa rendah, cari tahu apakah biaya tersebut sudah termasuk tagihan lainnya, misalnya listrik.

Apa pun jenis akomodasi yang akan kamu pilih, lokasi adalah salah satu hal terpenting untuk dipertimbangkan. Tentu, kamar murah yang jauh dari pusat kota terlihat bagus, tetapi kamu perlu mempertimbangkan berapa durasi perjalanan menuju kampus di pagi hari? Apakah hal tersebut tidak akan menyulitkan kamu?

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih akomodasi adalah:

  • Harga yang wajar
  • Dekat dengan kampus dan kebutuhan mahasiswa seperti toko dan supermarket
  • Tranportasi terdekat

Sebelum kamu menandatangani kontrak, pastikan kamu meneliti seberapa aman area tersebut. Lingkungan siswa umumnya aman tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksanya.

Baca juga:
Benefit Memilih Program Homestay Di Luar Negeri

Persiapan Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

Kamu mungkin sudah mendaftar secara online untuk masuk ke universitas, tetapi universitas mungkin juga mengharuskan siswa internasional untuk bertemu dengan mereka ketika kamu sudah tiba ke negara tujuan.

Siswa internasional biasanya diberi waktu untuk menghadiri sesi pendaftaran di universitas. Hal ini dilakukan agar universitas mengetahui bahwa kamu hadir dan dapat memeriksa apakah mereka memiliki informasi yang benar terkait profil kamu.

Proses ini juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan akses yang diperlukan ke universitas, termasuk kartu identitas. Ini memungkinkan kamu untuk mengakses ke area universitas manapun, seperti perpustakaan.

Ketika tiba di universitas, kamu mungkin diminta untuk menunjukkan dokumen untuk menyelesaikan pendaftaran. Beberapa dokumen yang mungkin kamu perlukan adalah:

  • Paspor
  • Dokumen perjalanan
  • Informasi visa
  • Sertifikat kualifikasi asli
  • Terjemahan yang diperlukan dan sertifikasinya
  • Bukti pembayaran biaya kuliah
  • Bukti pembayaran biaya akomodasi

Universitas biasanya memiliki kantor internasional yang menangani dukungan untuk mahasiswa internasional. Sebagai bagian dari dukungan mereka, kantor siswa internasional terkait akan menyelenggarakan minggu orientasi khusus untuk siswa dari luar negeri.

Acara ini membantu kamu untuk bertemu dengan siswa internasional lainnya dan memahami lebih banyak tentang universitas dan negara tujuan kamu.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan