Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
berapa batas umur untuk kuliah di australia

Berapa Batas Umur untuk Kuliah di Australia?

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Berapa Batas Umur untuk Kuliah di Australia?

Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda. Apabila kamu ingin berkuliah di luar negeri, maka kamu harus mencari informasi dahulu mengenai sistem pendidikan di negara yang ingin kamu tuju. Salah satu yang harus kamu ketahui adalah mengenai batasan umur dalam sistem pendidikan negara yang menjadi destinasi kamu.

Salah satu negara yang menjadi banyak tujuan untuk melanjutkan pendidikan adalah negara Australia. Untuk itu bila kamu ingin tahu berapa batasan usia untuk mengambil pendidikan kuliah di Australia dan informasi lengkap lainnya seputar perkuliahan disana, silahkan gunakan layanan jasa konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education sekarang juga.

3 Alasan Ditetapkannya Batasan Umur untuk Kuliah di Australia

Ada beberapa alasan yang mendasari adanya batas umur untuk kuliah di Australia. Alasan tersebut tentulah berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam menjalani proses akademik. Batasan umur diperlukan agar seseorang dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik sehingga dapat lulus dengan baik pula. Beberapa alasan utama antara lain kemampuan daya pikir, kemampuan pengendalian diri, dan juga kemampuan bersosialisasi. Berikut penjelasannya:

1. Kemampuan Daya Pikir

Seseorang yang terlalu muda, cenderung akan susah untuk mengikuti cara berpikir yang kompleks. Di sisi lain, orang yang sudah terlalu tua juga mengalami kesulitan karena sudah akan mengalami penurunan kualitas dalam berpikir. Maka sangat masuk akal bahwa Negara Australia menetapkan batas umur sehingga setiap mahasiswa yang belajar di sana dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lancar.

2. Kemampuan Pengendalian Diri

Sama halnya dengan kemampuan berpikir, kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri juga terkadang dipengaruhi oleh umur. Walaupun juga terdapat faktor lain, namun pada umumnya seseorang yang terlalu muda atau terlalu tua memiliki kecenderungan untuk susah mengendalikan diri. Kesulitan dalam pengendalian diri tentu akan melahirkan banyak masalah yang akan merusak nama lembaga pendidikan. Oleh karena itu, batas umur untuk kuliah di Australia pun ditetapkan.

3. Kemampuan Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berkuliah. Tugas yang diberikan dosen seringkali bersifat kerja kelompok sehingga seseorang harus mampu bekerja sama dan bersosialisasi dengan sesama mahasiswa. Batas umur untuk kuliah di Australia ini juga ditetapkan dengan mempertimbangkan faktor sosialisasi ini. Meskipun terkadang ada juga faktor lain seperti kepribadian juga lingkungan, namun jika secara umum umur yang ideal untuk mampu bersosialisasi dengan baik adalah umur yang tidak terlalu muda maupun terlalu tua.

Baca Juga: Kuliah di Australia atau New Zealand

Batasan Umur yang Ditetapkan di Australia

Berdasarkan berbagai pertimbangan seperti yang sudah dijelaskan, batas umur untuk kuliah di Australia pun ditetapkan. Sebagai batas minimal, para peserta didik harus memiliki usia minimal 18 tahun untuk menempuh kuliah di Australia.

Jika kamu berusia di bawah 18 tahun, maka harus menyerahkan Formulir Persetujuan Orang Tua atau Wali saat mendaftar mata pelajaran atau mengajukan permohonan gelar.

Ketika orang tua atau wali menandatangani formulir tersebut, hal ini memberi tahu universitas, bahwa mereka:

  • Adalah orang tua atau wali sah dari seorang murid
  • Memberimu izin untuk belajar
  • Memahami bahwa kamu mungkin perlu mempelajari konten dewasa
  • Dapat memenuhi syarat dan ketentuan pembayaran

Biasanya, siswa berusia di bawah 18 tahun meminta orang tua atau wali untuk bertindak atas nama mereka dalam mengelola pendaftaran dan akun mereka. Jika kamujuga ingin melakukan hal ini, maka dapat mengisi Formulir Persetujuan Pihak Ketiga untuk memberi tahu universitas siapa perwakilan dan bagaimana universitas dapat menghubungi mereka.

Sebagai batas atas, untuk kuliah jenjang pertama, peserta didik tidak boleh melebihi umur 50 tahun saat memulai proses kuliah. Batasan umur ini ditetapkan oleh otoritas pendidikan di Australia agar proses perkuliahan dapat berlangsung dengan baik dan meminimalisir hambatan yang mungkin akan terjadi.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan