Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 Beasiswa Ekstensi D3 ke S1 di Australia

5 Beasiswa Ekstensi D3 ke S1 di Australia

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / 5 Beasiswa Ekstensi D3 ke S1 di Australia

Mencari beasiswa ekstensi D3 ke S1 di Australia adalah pilihan tepat, sebab bisa membantu meringankan biaya kuliah kamu. Bagi lulusan D3 atau vokasi mereka sudah memiliki keterampilan terapan yang siap untuk diaplikasikan pada kemampuan secara langsung di dunia kerja. Namun tidak sedikit lulusan D3 yang tertarik untuk melanjutkan studi S1 di luar negeri.

Australia menjadi salah satu tujuan bagi pelajar Indonesia yang lulus D3 tetapi ingin melakukan program ekstensi ke jenjang S1. Program ekstensi merupakan istilah dari perubahan jenjang D3 menuju jenjang yang lebih tinggi dengan cara transfer SKS yang sudah diperoleh selama program diploma.

Kamu juga bisa melanjutkan perkuliahan ekstensi tersebut di Australia dengan bantuan beasiswa. Banyak lembaga pemberi beasiswa yang menawarkan bagi pelajar internasional untuk melanjutkan program S1 setelah mereka selesai pendidikan D3.

Ketahui Syarat Program Ekstensi D3 ke S1 di Australia

Australia adalah salah satu negara yang menyediakan program ekstensi bagi pelajar internasional untuk lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi. Tapi ada beberapa persyaratan yang diminta dan harus dipenuhi bagi calon pelamar program ekstensi tersebut, seperti berikut:

  • Memiliki nilai GPA yang kuat
  • Merupakan lulusan dari universitas yang sudah terakreditasi, minimal B
  • Harus memiliki sertifikat IELTS dengan skor 6.0
  • Berasal dari negara yang berkembang
  • Bukan lulusan S1 dari negara asal
  • Menguasai bahasa negara tujuan

Memang tidak mudah untuk mencari universitas di luar negeri yang menyediakan program ekstensi, tetapi Australia sudah menyediakan serta menawarkan program ekstensi bagi mahasiswa internasional untuk mengajukan gelar S1.

Pemerintah Australia telah menjalin kerjasama dengan beberapa jenis perguruan tinggi yang menawarkan program dengan durasi singkat. Program tersebut bisa disediakan untuk pengajuan ekstensi terlebih dahulu menuju S1, setidaknya minimal 4 bulan.

5 Pilihan Beasiswa Ekstensi D3 ke S1 di Australia

Apabila ingin mendapatkan program beasiswa untuk melanjutkan dari D3 menuju S1 di Australia, maka berikut ini beberapa beasiswa yang direkomendasikan:

1. RMIT University

Beasiswa pertama datang dari RMIT University, dengan program Medibank Scholarships, dimana peluang beasiswa diberikan kepada pelajar internasional. Beasiswa memberikan dukungan finansial kepada mahasiswa internasional dengan total nilai sekitar AUD 2,000.

Baca juga:
Program Ekstensi D3 ke S1 Di Luar Negeri Tersedia Di Negara Ini

2. Swinburne University of Technology

Selanjutnya juga ada Swinburne University of Technology, yang menawarkan beasiswa Swinburne International Excellence Pathway bagi mahasiswa internasional yang telah memiliki prestasi akademis tinggi. Beasiswa ini memberikan keringanan biaya perkuliahan mulai dari AUD2.500 hingga AUD 4.000 yang akan dikurangkan dari total biaya kuliah mahasiswa.

Untuk bisa memenuhi persyaratan calon penerima harus memenuhi salah satu kriteria, seperti menyelesaikan setidaknya mata pelajaran dari VCE atau mencapai hasil akademis minimal 60% dan WAM di tahun 11 maupun tahun 12 Australia.

Proses pendaftaran berlangsung secara otomatis bagi mahasiswa yang mendaftar ke jurusan relevan di Swinburne University of Technology.

3. Griffith College

Ada juga beasiswa dari Griffith College dengan nama Welcome to Queensland. Program beasiswa ini memberikan potongan biaya perkuliahan dengan total AUD1.000 kepada pelajar internasional yang melakukan program ekstensi D3 menuju S1.

Beasiswa ini akan membuat studi kamu lebih menyenangkan karena ada berbagai macam fasilitas menarik dari awal kedatangan di Queensland, misalnya dijemput langsung oleh pihak kampus di bandara, mendapatkan makan siang dan kegiatan orientasi di minggu pertama, dan fasilitas lainnya. 

4. UNSW College 

Selanjutnya ada UNSW College di New South Wales, Australia yang menawarkan International Student Award bagi mahasiswa internasional yang ingin memulai program Diploma di UNSW. Beasiswa ini akan memberikan kontribusi sebanyak 15% dari biaya perkuliahan selama masa studi di UNSW.

Jika ingin mendapatkan beasiswa ini maka kamu harus memiliki status sebagai mahasiswa dan warga negara dari negara yang sudah memenuhi syarat. Kamu juga harus kuliah di UNSW untuk program Diploma, sarjana, maupun pascasarjana. Kecuali untuk program UNSW Online, UNSW Canberra, UNSW Foundation Programs, dan lainnya.

5. University of Newcastle

Ada program beasiswa College of International Education International Pathways yang ditujukan bagi mahasiswa internasional dan diberikan untuk jenjang diploma, sarjana, serta pascasarjana. Setiap tahunnya University of Newcastle memberikan kesempatan beasiswa kepada 300 orang yang memiliki prestasi secara Akademi berupa potongan biaya perkuliahan hingga mencapai AUD 17.575.

Untuk mengikuti program beasiswa dari University of Newcastle ini harus berprestasi akademis diatas rata-rata. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki status pembayaran secara mandiri dan sudah menyelesaikan program Foundation Studies, Degree Transfer Extended, Degree Transfer, atau program Pre-Masters di University of Newcastle.

Baca juga :
Universitas Di Australia Yang Menawarkan Pathway

Penutup

Beasiswa ekstensi D3 ke S1 di Australia ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi unggulan seperti RMIT University, Swinburne University of Technology, Griffith College, UNSW College, dan University of Newcastle. Cari informasi lebih banyak seputar program beasiswa ekstensi di kampus favorit kamu.

Untuk mendapatkan informasi lebih valid dan memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa ekstensi ke Australia dari D3 ke S1 kamu bisa berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri terbaik ICAN Education. Melalui agen pendidikan luar negeri akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan kesempatan kuliah ekstensi D3 ke S1 di Australia.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan