Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
begini cara melihat ranking universitas dunia

Begini Cara Melihat Ranking Universitas Dunia

Beranda / Bacaan Umum / Begini Cara Melihat Ranking Universitas Dunia

Jika kamu punya rencana besar mendaftar kuliah pada perguruan tinggi, maka kamu harus memperhatikan bagaimana kualitas pendidikan universitas pilihan dengan cara melihat ranking Universitas dunia. Kamu juga wajib melakukan hal ini Jika ingin mengetahui mana universitas terbaik, kamu juga bisa menggunakan rangking dunia sebagai perbandingan.

Adalah kebanggaan tersendiri ketika kamu melamar pekerjaan dan kamu dapat menjawabnya bahwa kamu adalah salah satu mahasiswa di universitas top dunia. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan di Indonesia yang justru mengunggulkan para calon karyawan yang mempunyai riwayat pendidikan kuliah di luar negeri.

4 Daftar Cara Lihat Pemeringkatan Universitas Terbaik Dunia

Untuk mencari informasi tentang apa saja universitas terbaik di dunia kamu dapat mengetahui bagaimana cara melihat ranking universitas dunia sebagai berikut ini:

1. QS World University ranking

Kamu bisa mencari tahu Universitas pilihan dan prestasinya menggunakan informasi dari QS World University ranking. Lembaga tersebut selalu melakukan pemeringkatan lembaga perguruan tinggi setiap tahun. QS juga menjadi salah satu lembaga pemeringkatan paling bergengsi di dunia.

Cara penilaiannya adalah dengan memberikan nilai keseluruhan berdasarkan wilayah, jurusan, keunggulan sistem, kapasitas alumni dalam berkarir. QS World University ranking menjadi salah satu rujukan mencari informasi akreditasi kampus bagi banyak pelajar internasional.

2. Times Higher Education World University Rankings

Cara berikutnya untuk mencari tahu informasi ranking universitas yang kamu mau adalah dengan melihat the World University of Ranking. Informasi ini tersedia di majalah Times Higher Education.

Keunggulan majalah ini adalah kemampuannya dalam memperoleh informasi seluruh Universitas dan melakukan sistem ranking per tahun. Sistem ranking yang disajikan juga paling banyak diamati. Hal ini karena metodologi pemeringkatan terkini bahkan telah meningkat sejak tahun 2010. Berbagai universitas di seluruh dunia, seperti universitas di Amerika, Inggris, Jerman dan masih banyak lagi tersedia di situs ini.

3. Center For World University Rankings

Terkenal dengan singkatan CWUR, Center for World University rankings menyediakan sasaran kebijakan, layanan konsultasi, strategis pada pemerintah juga universitas. Tujuannya adalah supaya memperoleh feedback agar penelitian dan pendidikan pada seluruh negara bisa meningkat.

Bahkan sejak tahun 2012, The Center for World University rankings sudah menerbitkan akademik universitas secara global yang mempunyai kualitas pendidikan tinggi. Penilaian berdasarkan kualitas pendidikan lembaga pekerjaan alumni, kinerja penelitian, dan kualitas fakultas. Bagian menariknya adalah, semua penilaian tersebut tidak mengandalkan survei atau Pengiriman data dari universitas.

4. Academic Ranking Of World Universities (ARWU)

Terkenal juga dengan sebutan Shanghai Rankings, kamu dapat menggunakan situs ini sebagai cara melihat ranking Universitas dunia. Shanghai Rankings salah satu pemeringkatan Universitas paling berpengaruh pengamatan internasional.

Alasan menggunakan Shanghai ranking sebagai sumber referensi mencari informasi universitas terbaik dunia adalah karena Shanghai ranking mempunyai feedback positif. Hal tersebut sebagai bukti Shanghai ranking telah menyediakan informasi data dengan objektivitas dan metodologi sesuai.

Mengapa Penting Mengetahui Ranking Universitas Dunia?

Universitas dengan peringkat lebih tinggi sering kali memiliki reputasi yang lebih kuat secara global. Hal ini dapat berdampak positif terhadap persepsi gelar yang akan diperoleh dari perusahaan di industri yang kamu tuju dan berpotensi meningkatkan prospek karier.

Kualitas suatu kursus berbeda-beda di setiap universitas. Sebagian besar universitas ternama melakukan pembaruan secara teratur dalam program studi yang mereka tawarkan, yaitu; mereka memastikan bahwa telah menawarkan kursus terbaik dalam domain tertentu sesuai dengan standar industri terkini.

Menghadiri universitas terkemuka dapat memberikan akses ke jaringan alumni yang kuat, yang dapat bermanfaat untuk kemajuan karir dan koneksi profesional. Universitas dengan peringkat lebih tinggi sering kali memiliki alumni berpengaruh yang mungkin menawarkan bimbingan, magang, atau peluang kerja.

Beberapa universitas berperingkat tinggi mungkin memiliki lebih banyak dana untuk beasiswa, hibah, atau bantuan keuangan. Hal ini sangat penting jika kamu memerlukan bantuan keuangan untuk belajar di luar negeri.

Universitas bergengsi sering kali menarik peneliti terkenal dan menawarkan lingkungan yang mendukung penelitian dan inovasi. Jika kamu tertarik untuk melakukan penelitian atau ingin bekerja dengan pakar terkemuka di bidangnya, universitas berperingkat tinggi dapat memberikan lebih banyak peluang.

Baca juga : Daftar Lengkap Universitas Terbaik Di Dunia 

Keuntungan Menjadi Mahasiswa Universitas Terbaik Dunia

Ketika kamu berhasil masuk menjadi mahasiswa pada universitas terbaik, ada banyak keuntungan yang kamu peroleh. Pertama yaitu kualitas pendidikan pasti terjamin. Apalagi jika Universitas tersebut berhasil memperoleh top ranking dunia, maka pendidikan sudah tidak dapat diragukan lagi karena bisa memenuhi standar internasional dan bahkan menjadi panutan bagi universitas-universitas stop lainnya.

Universitas terbaik juga mampu memberikan tenaga pengajar berkualifikasi tinggi, sedangkan materi perkuliahannya sangat bervariasi mulai dari praktek kemah penelitian, hingga wawasan perkuliahan secara teori. Dengan menggunakan cara melihat ranking Universitas dunia, kamu juga dapat mendaftar kuliah dengan bantuan konsultasi universitas luar negeri terbaik yang disediakan oleh ICAN Education Consultant.

Diharapkan perkuliahan bisa berjalan lancar Karena kamu telah informasi valid dari agen pendidikan ini. Tidak sedikit Universitas Top Dunia telah mempunyai jaringan luas bisa bergabung dengan berbagai perusahaan atau industri kelas internasional setelah lulus nanti. Banyak program jurusan juga menyediakan sertifikat yang sudah diakui secara internasional. Tujuannya adalah supaya kamu bisa berkarir sampai tingkat global.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan