Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Biaya Hidup Kuliah di Melbourne dan Tips  Hematnya

Biaya Hidup Kuliah di Melbourne dan Tips  Hematnya

Beranda / Bacaan Umum / Biaya Hidup Kuliah di Melbourne dan Tips  Hematnya

Selain biaya perkuliahan, biaya hidup kuliah di Melbourne juga patut dipertimbangkan bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di  Melbourne. Melbourne adalah salah satu  kota di Australia yang banyak diminati oleh pelajar internasional, khususnya pelajar Indonesia. Karena banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk kuliah di Melbourne, maka berapa kira-kira biaya hidup yang dibutuhkan dalam satu bulan untuk tinggal di kota tersebut?

Menurut data dari UNESCO,  Australia menjadi negara yang paling banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Akan ada sekitar 13.000 lebih mahasiswa dari Indonesia yang menempuh studi di negeri kanguru.

Melbourne menjadi salah satu kota metropolitan yang memiliki banyak Universitas ternama, sehingga menjadi salah satu penyumbang jumlah warga negara Indonesia yang kuliah di kota tersebut. Namun sebenarnya berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa hidup di  Melbourne Australia dalam satu bulan?

Perkiraan Biaya Hidup Kuliah di Melbourne

Hidup di luar negeri tentu membutuhkan banyak biaya yang harus dipenuhi. Apalagi di beberapa negara, termasuk Indonesia memiliki peraturan bahwa belajar internasional harus memberikan bukti  memiliki dana yang cukup untuk membiayai perkuliahan serta kehidupan selama masa studi. Berikut ini rincian biaya hidup kuliah di Melbourne yang bisa menjadi patokan bagi kamu untuk membuat perencanaan keuangan, sehingga kuliah di kota metropolitan tersebut menjadi lebih mudah.

Biaya Makan dan Minum

Biaya makan dan minum adalah kebutuhan utama yang harus kamu penuhi ketika kuliah di Melbourne, Australia. Untuk bisa memenuhi kebutuhan biaya makan, paling tidak kamu harus memiliki biaya sekitar  AUD 280 per minggu atau bisa dikatakan AUD 1120 per bulan. Tetapi jika kamu memasak, lebih baik jika menghemat pengeluaran dengan memasak sendiri.

Biaya minuman perlu mengeluarkan uang sekitar AUD 1.45 untuk mendapatkan satu liter susu. 

Biaya Asuransi Kesehatan

Australia memiliki sistem asuransi kesehatan yang wajib dipenuhi oleh pelajar internasional untuk bisa memberikan perlindungan kesehatan. Kamu bisa mendaftar di Overseas Student Health Cover (OSHC). Cuma belajar internasional diwajibkan untuk membeli produk asuransi OSHC  sebelum berangkat. 

Asuransi tersebut bisa membayar perawatan medis atau rumah sakit apapun yang dibutuhkan selama masa perkuliahan di Australia. Bahkan asuransi yang satu ini juga bisa menutupi biaya sebagai usaha tanpa obat-otot layanan darurat yang dibutuhkan.

Biaya Transportasi Umum

Biaya transportasi juga menjadi salah satu  kebutuhan yang wajib dipertimbangkan ketika kuliah di Melbourne,  Australia. Untuk transportasi umum biayanya sangat bervariasi dan disesuaikan dengan tempat kamu tinggal serta jenis transportasi yang digunakan. Misalnya saja transportasi umum  Melbourne, Australia  seperti bus, kereta api, ataupun trem mencapai AUD 4.50 hingga AUD 9.00.

Tetapi transportasi umum tersebut juga disesuaikan pada jarak perjalanan. Apabila kamu sudah memiliki Myki Card, di mana merupakan kartu transportasi yang bisa diisi ulang maka biaya perjalanan bisa jauh lebih terjangkau, mulai dari AUD 2,25 hingga AUD 4.50.

Biaya Akomodasi

Selanjutnya ada biaya akomodasi mahasiswa internasional yang perlu diperkirakan dan biayanya juga bisa disesuaikan. Bila kamu memutuskan untuk menyewa apartemen di kawasan Melbourne, maka bisa mencapai sekitar AUD 130 – AUD 270 per minggu.

Tetapi untuk biaya tinggal di Asrama, paling tidak kamu harus mengeluarkan biaya AUD 150 – 240 per minggu. Jika ingin terjangkau memang lebih baik untuk tinggal di asrama yang telah disediakan oleh kampus, tetapi biasanya tidak selalu ada, sebab persaingan untuk mendapatkan akomodasi di dalam area kampus cukup ketat.

Baca juga : Estimasi Biaya Kuliah Di Melbourne Dalam Rupiah

Tips Hemat Biaya Hidup Kuliah di Melbourne

Biaya hidup kuliah di Melbourne memang cukup besar maka dari itu selama masa studi kamu harus pintar untuk berhemat. Jika ingin lebih hemat selama perkuliahan di Melbourne, kamu bisa melakukan beberapa tips yaitu, seperti berikut ini:

Susun Anggaran Belanja Secara Rinci

Tips hemat pertama yang bisa dilakukan adalah menyusun anggaran belanja secara rinci. Menyusun anggaran belanja sangat penting untuk dilakukan agar segala kebutuhan dapat terpenuhi sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Jika memang kondisi keuangan sedang terbatas, kamu tidak perlu melakukan hal-hal yang di luar kemampuan.

Langkah ini memang sangat cocok untuk bisa menetapkan kebutuhan biaya hidup bagi mahasiswa yang mayoritas dana bulanannya terbatas. Namun, untuk para pekerja maupun keluarga tidak ada salahnya jika ingin menerapkan tips yang satu ini untuk memastikan agar biaya hidup di Melbourne pada masa studies selalu tercukupi dengan baik.

Tinggalkan Gaya Hidup Berlebihan

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah meninggalkan gaya hidup yang terlalu berlebihan. Tinggal di salah satu kota metropolitan Australia, tentu kamu akan  menemukan banyak sekali aktivitas yang sifatnya hedon. Ada banyak sekali tempat hiburan yang membuat kotak  Melbourne Seolah tidak pernah tidur.

Sebagai salah satu upaya untuk menghemat biaya hidup ketika kuliah di Melbourne, kamu harus meninggalkan gaya hidup yang terlalu berlebihan. Jika tidak maka uang yang kau miliki akan cepat habis dan digunakan untuk hal-hal yang tidak ber.

Coba Masak Sendiri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Jika kamu ingin menghemat biaya hidup ketika kuliah di Melbourne, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk memasak sendiri. Menyusun rencana menu makanan menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menghemat biaya hidup.

Dengan menyusun menu makanan dan memasaknya sendiri, paling tidak kamu bisa lebih hemat hingga 50% dari biaya makan beli di luar loh. Apalagi jika bahan makanan yang kamu dapatkan beli di toko.

Baca juga : Biaya Kuliah Di Universitas Melbourne 

Penutup

Biaya hidup kuliah di Melbourne memang cukup tinggi, karena kota tersebut merupakan salah satu kota metropolitan di Australia yang banyak diminati oleh pelajar internasional. Sekalipun biaya hidup di kota tersebut cukup mahal, tetapi kamu bisa melakukan beberapa tips yang membantu menghemat pengeluaran biaya hidup.

Untuk membantu lebih hemat lagi dia hidup, kamu bisa konsultasi dengan agen pendidikan luar negeri sebelum berangkat ke Melbourne Australia untuk kuliah. Konsultasi dengan konselor profesional yang sudah ahli dalam pendidikan di luar negeri seperti ICAN Education akan membantu kamu membuat anggaran yang tepat dan mudah. Selain itu juga banyak sekali layanan terbaik yang ditawarkan oleh agen pendidikan luar negeri bagi pelajar Indonesia yang tertarik kuliah di Australia.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan