Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara daftar kuliah di luar negeri lengkap dengan pertimbangannya

Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri Lengkap Dengan Pertimbangannya

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri Lengkap Dengan Pertimbangannya

Kuliah di luar negeri mungkin menjadi salah satu impian setiap siswa yang paling umum. Karena semakin banyak siswa memutuskan untuk daftar kuliah di luar negeri, banyak universitas membuka pintu mereka untuk siswa internasional.

Memilih untuk kuliah di luar negeri adalah pilihan bagus, namun ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum kuliah di luar negeri. Kamu mungkin harus memutuskan di mana kamu akan berkuliah, berapa biaya kuliahnya, hingga jurusan apa yang akan kamu ambil. Untuk itu, memiliki pertimbangan akan sangat bagus.

3 Pertimbangan Sebelum Daftar Kuliah di Luar Negeri

Sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu perlu tahu dulu berbagai hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Tak hanya kampus dan jurusan yang tepat, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti di bawah ini

1. Biaya Kuliah di Luar Negeri

Satu hal yang harus kamu lakukan sebelum daftar kuliah di luar negeri adalah membuat anggaran. Belajar di luar negeri seringkali mahal, tapi kamu bisa mempertimbangkannya sejak dini. Berikut beberapa hal anggaran yang perlu kamu tahu:

  • Tiket pesawat
  • Akomodasi
  • Biaya kuliah
  • Asuransi kesehatan
  • Makanan
  • Pengurusan visa dan passport

2. Negara yang Akan Dituju

Cari tahu lebih lanjut seputar negara yang kamu tuju. Bahasa apa yang digunakan, agama yang menjadi mayoritas di sana, makanan, dan tipe akomodasi yang tersedia. Semua informasi ini perlu kamu ketahui agar kamu tidak buta dengan negara tersebut.

Sesuatu yang mungkin ingin kamu pertimbangkan juga adalah cuaca. Teliti iklim dan suhu rata-rata negara tersebut. Dengan hal ini, kamu akan tahu baju apa yang harus kamu bawa ke negara tersebut.

3. Keamanan Sebuah Negara

Tingkat kejahatan dan indikator keamanan publik di kota-kota besar luar negeri adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh siswa dalam hal keselamatan saat belajar di luar negeri. Tidak ada siswa yang ingin menjadi korban atau dirugikan dengan terlibat dalam tindakan kriminal yang disebabkan oleh orang ketiga.

Teliti negara mana saja yang memiliki tingkat keamanan rendah dan pilih negara tersebut untuk berkuliah. Keamanan sebuah negara mencerminkan kualitas penduduk negara tersebut.

Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

Memilih negara terbaik untuk kuliah tentu hal yang penting dan harus dipertimbangkan. Di tengah negara-negara popular seperti Amerika, Inggris, Australia dan Singapura, masih ada banyak negara lainnya yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa mendaftar kuliah di luar negeri di beberapa negara ini:

  • Kanada
  • Jerman
  • Swiss
  • Belanda
  • Prancis
  • Spanyol

Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat kamu memilih kuliah di Inggris atau negara lainnya. Hal inilah yang membawa keunikan dari satu negara dan negara lainnya. Masing-masing penduduk negara juga memiliki keunikan tersendiri dan membuat kamu harus mempertimbangkan negara mana yang bisa kamu pilih dan tinggali.

Cara Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Tiga hal utama yang harus kamu putuskan sebelum mendaftar kuliah di luar negeri adalah menentukan negara tujuan, universitas tujuan dan jurusan yang akan dipilih. Kamu harus mempertimbangkan ketiga hal ini dengan lengkap dan matang. Lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa jadi panduan kamu untuk bisa kuliah di luar negeri!

Menentukan Tujuan Studi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kamu harus mengetahui di mana kamu akan berkuliah dan jurusan apa yang akan kamu ambil. Kamu bisa memilih salah satu disiplin ilmu yang paling populer. Ini bisa saja menjamin bahwa kamu akan diminati di pasar kerja dan mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Beberapa disiplin ilmu yang cukup populer sekarang, seperti  Business and Management, Computer Science and IT, Engineering Law, Medicine, International Relations, Psychology.

Daftar di Beberapa Universitas

Sangat disarankan untuk mendaftar di beberapa universitas, tidak hanya satu. Kamu bisa mendaftar setidaknya di 2 atau 3 universitas berbeda. Proses mendaftar akan lebih mudah jika kamu mendaftar ke institusi pendidikan tinggi yang berada di negara yang sama, namun cukup umum bagi siswa untuk memilih universitas dari beberapa negara. Pastikan kamu membaca persyaratan penerimaan dengan cermat dan ikuti prosedurnya.

Lulus Tes Bahasa Inggris

Untuk mempelajari program pengajaran bahasa Inggris di universitas luar negeri, kamu  harus terlebih dahulu memberikan bukti kemahiran bahasa Inggris. Sebagian besar universitas menerima salah satu dari sertifikat bahasa Inggris berikut:

Kamu harus lulus salah satu tes ini sebelum mendaftar ke universitas. Tergantung pada tingkat bahasa Inggris saat ini, kamu mungkin dapat lulus tes hanya dengan persiapan beberapa hari atau minggu. Namun jika bahasa Inggris kamu perlu ditingkatkan, luangkan waktu setidaknya beberapa bulan untuk mempersiapkannya.

Kesimpulan

Untuk dapat kuliah di luar negeri, kamu perlu memahami berbagai hal dan mempertimbangkannya secara matang. Siapkan berbagai dokumen yang kira-kira belum kamu miliki.

Berbagai dokumen pendukung dan syarat utama yang tidak dalam Bahasa Inggris harus segera diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah.

Kamu juga perlu mempersiapkan biaya selama menempuh kuliah di luar negeri. Biasanya, biaya yang harus kamu keluarkan terbagi dalam beberapa kebutuhan, seperti misalnya tiket pesawat, akomodasi, biaya kuliah, asuransi Kesehatan, makanan dan masih banyak lagi.

Kamu juga perlu memilih negara mana yang akan kamu tuju dan mempertimbangkan apakah negara tersebut memiliki sistem keamanan terbaik dan menyediakan apa yang kamu butuhkan selama kuliah di sana.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan