Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 cara mudah belajar dan memahami structure toefl

5 Cara Mudah Belajar dan Memahami Structure TOEFL

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / 5 Cara Mudah Belajar dan Memahami Structure TOEFL

Cara belajar structure TOEFL bagi sebagian orang adalah hal penting karena mengerjakan TOEFL pada bagian ini terkenal sebagai bagian tersulit. Structure and written expression merupakan bagian kedua dalam tes TOEFL. Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan maupun kompetensi yang kamu miliki dalam hal grammar bahasa Inggris.

Soal structure and written expression dalam tes TOEFL mencapai hingga 40 butir pertanyaan dan durasi waktu pengerjaan adalah 30 menit. Pada bagian structure, terdapat soal kalimat tidak lengkap sehingga kamu harus memilih frasa maupun kata tepat dalam melengkapi kalimat.

Sedangkan untuk expression artinya kamu harus mengerjakan soal berupa kalimat apa dengan beberapa bagian yang telah di garis bawahi. Dalam hal tersebut maka kamu harus mencari mana bagian yang tidak tepat dalam kalimat.

Tips Mengerjakan Soal Structure And Written Expression TOEFL

Bagian soal structure and written expression membutuhkan kejelian juga pengetahuan grammar tinggi. Itulah mengapa sering dianggap sebagai soal tersulit dalam TOEFL. Agar lebih mudah memahami cara belajar structure TOEFL, berikut adalah tips yang harus kamu lakukan:

Cari subjek dan kata kerja

Dalam kalimat bahasa Inggris selalu menggunakan satu subjek dan kata kerja. Salah satu cara termudah dalam mengerjakan soal TOEFL structure secara mudah adalah identifikasi terlebih dahulu subjek dan kata kerja.

Pada beberapa soal kalimat kamu bisa menemukan subjek dan kata kerja secara mudah namun tidak menutup kemungkinan terdapat struktur kalimat lebih kompleks. Dalam hal ini kamu perlu latihan supaya terbiasa mencari subjek dan kata kerja dalam struktur kalimat tes TOEFL.

Baca Juga:
Tips, Trik dan Strategi Dalam Mengerjakan Tes TOEFL

Perhatikan masing-masing jawaban

Apabila kamu sudah mengidentifikasi komponen kalimat mulai dari subjek predikat objek juga kata keterangan maka berikutnya kamu harus memperhatikan komponen yang hilang dalam kalimat tersebut. Setelah itu perhatikan pilihan pilihan jawaban yang tersedia.

Hindari menjawab sebelum baca keseluruhan soal dan perhatikan seluruh pilihan jawaban yang ada. Terkadang semua pilihan jawaban tampak benar kecuali apabila kamu membaca setiap kata demi kata.

Proses pengerjaan dengan cara eliminasi

Apabila sudah berulang kali membaca soal namun masih bingung memutuskan pilihan jawaban, cobalah mengerjakan secara eliminasi. Eliminasi terlebih dahulu bagian yang mengganggu sebanyak mungkin.

Biasanya pilihan jawaban yang salah adalah karena hilangnya frasa maupun kata penting sehingga kalimat tampak kurang lengkap atau karena frasa maupun kalimat tidak penting masuk dalam kalimat. Boleh juga karena adanya jawaban yang mempunyai grammar salah.

Jika sudah melakukan proses eliminasi, baca kembali kalimat jawaban yang sudah kamu pilih dan apabila terkesan enak dibaca, maka itu adalah jawaban yang tepat. Apabila masih bingung memutuskan, tinggalkan pertanyaan tersebut dan lanjutkan pertanyaan lainnya.

Cermati kata yang digaris bawahi

Pada bagian written expression soal TOEFL terdapat kata maupun kelompok kata digarisbawahi. Cari bagian mana yang kurang tepat dengan mengidentifikasi. Dalam hal ini kamu perlu menguasai materi sesuai kalimat yang diujikan.

Misalnya, dalam bentuk superlative ataupun soal lainnya. Kuncinya adalah membaca keseluruhan kalimat secara cermat.

Struktur kalimat harus paralel

TOEFL written expression juga berhubungan dengan struktur kalimat paralel, di mana terdapat dua maupun lebih kata maupun kalimat juga unit bahasa lain yang mempunyai kesetaraan. Sehingga lebih menekankan dalam hal konsistensi. Perhatikan kata kerja maupun kata benda yang digunakan termasuk pola grammar.

Jika kamu sudah mempelajari semua hal tersebut namun masih kurang percaya diri karena kemampuan bahasa Inggris minim dan tidak ada tutor profesional mendampingi, sebaiknya ikuti kursus TOEFL bersama ICAN English.

Nikmati belajar dengan cara interaktif dan efektif supaya kamu bisa memperoleh skor tinggi dalam tes TOEFL resmi serta menggunakan sertifikatnya sesuai kebutuhan karir maupun pendidikan.

Baca Juga:
Contoh Soal TOEFL Reading, Pelajari dari Sekarang!

Cara Mudah Belajar TOEFL

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang cara belajar structure TOEFL. Bagi pemula, belajar TOEFL artinya kamu harus memulai dengan latihan grammar dasar.

Seluruh tes TOEFL berhubungan dengan kemampuan penggunaan grammar sesuai kaidah. Cara lainnya juga bisa sering menghabiskan waktu membaca ini karena pada soal-soal TOEFL seringkali membahas tatanan grammar.

Menonton video orang seminar maupun konferensi luar negeri juga membantu supaya bisa mempelajari bahasa ilmiah. Cara praktis juga bisa dengan ikut kursus atau nonton channel YouTube yang fokus membahas berbagai soal TOEFL.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan