Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
contoh personal statement yang bisa jadi rekomendasi

Contoh Personal Statement yang Bisa Jadi Rekomendasi

Beranda / Bacaan Umum / Contoh Personal Statement yang Bisa Jadi Rekomendasi

Personal statement adalah contoh salah satu syarat yang cukup membingungkan para pelajar ketika hendak melamar pada berbagai universitas di luar negeri. Syarat ini juga penting untuk mengurus pekerjaan atau mengajukan beasiswa.

Personal statement yaitu dokumen penting untuk melengkapi pendaftaran. Bahkan, bisa mempengaruhi apakah kamu dapat mencapai kriteria yang ditentukan atau tidak. Dari dokumen tersebut, pihak admisi jadi tahu siapa kamu, apa tujuan kamu, dan value apa yang kamu miliki.

Panduan Membuat Personal Statement

ICAN Education Consultant kali ini akan membagikan panduan dalam menulis personal statement beserta contoh. Penulisan personal statement adalah dua halaman, menjabarkan sedikit informasi tentang kamu, alasan relevan, tujuan, serta kontribusi unik yang akan kamu berikan pada pihak penyelenggara.

Agar menarik, berikut adalah beberapa langkah dalam penulisan personal statement:

Baca juga:
Tips Lengkap Membuat Personal Statement Yang Menarik

Identitas Singkat

Kamu tidak sedang menulis autobiografi. Tetapi, berikan informasi tentang diri kamu secara singkat, termasuk passion dan latar belakang pendidikan.

Personal statement tidak berarti ajang untuk memamerkan diri, menceritakan keberhasilan dan prestasi secara detail. Apa yang harus kamu tulis adalah kelebihan dan kecocokan kamu yang relevan dengan pekerjaan, universitas tujuan, atau apapun yang sedang kamu tuju. Struktur tulisan harus berdasarkan pada minat dan fokus yang satu frekuensi dengan penyelenggara.

Pengalaman dan Tujuan Masa Depan

Paparkan pengalaman terbaik dan apa tujuan kamu di masa depan. Utarakan apa saja yang ingin kamu lakukan, kembangkan, terlebih urusannya dengan kepentingan lamaran yang kamu buat. Jabarkan kalau kamu punya prestasi yang tidak hanya berdampak positif untuk diri sendiri tapi dalam hal lainnya.

Keunggulan Sesuai Program

Ceritakan keunikan apa yang kamu punya dan apa dampak baik bagi penyelenggara. Jangan ragu menceritakan apa ambisi dan kemampuan kamu sebagai bentuk kontribusi bangsa dan negara.

Tunjukkan Jika Kamu Aset

Buat penutup, tambahkan informasi yang meyakinkan bahwa kamu adalah sosok ideal untuk kuliah, kerja, atau memperoleh program beasiswa dari penyelenggara. Tunjukkan bahwa kamu layak dan kamu adalah asset pentnig untuk mereka. Dengan cara ini, maka kamu bisa menjadi penerima yang cocok.

Be Yourself

Jadilah jujur dan mencoba menjadi diri sendiri ketika menulis personal statement. Buatlah seorisinil mungkin menggunakan kata-kata yang tidak terlalu berlebihan, tapi dapat menggambarkan sifat dan kemampuan dengan baik.

Personal statement yang kamu buat harus mencerminkan masalah kepribdaian yang membuat kamu tampak berbeda dan menonjol dibandingkan kandidat lain.

Baca Juga:
Kesalahan Dalam Menulis Personal Statement yang Perlu Dihindari
Cara Membuat Personal Statement

Contoh Personal Statement

Personal statement beserta contoh dapat membuat kamu lebih mudah memahami bagaimana cara menyusun dokumen tersebut dengan jelas, langsung tepat sasaran, dan ringkas. Usahakan setiap tulisan mempunyai makna. Berikut adalah contoh pembukaan personal statement.

In this letter, I would like to state my personal interest of applying for a Masters Degree in Epidemiology. I always had this interest, in the field of Medicine. For this reason, I have already completed my study in this field in just five years, rather thansix years.

My interest of Epidemiology is because of the scientific work of my father as an Epidemiologist. I have enrolled in this field, completing it in 2020, and I earned a Bachelors Degree in Public Health at People University.

Baca kembali tulisan tersebut dan mintalah pendapat atau saran orang lain. Apabila kamu merasa personal statement tersebut sudah sangat baik, lampirkan berkas tersebut untuk pendaftaran sesuai kebutuhan.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
WSU Surabaya
Education Expo Batam TJ 2024
Education Expo Bandung
Education Expo Jabodetabek

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan