Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Jurusan Manajemen Bisnis: Ketahui Syarat Masuk Hingga Prospek Karir

Jurusan Manajemen Bisnis: Ketahui Syarat Masuk Hingga Prospek Karir

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Jurusan Manajemen Bisnis: Ketahui Syarat Masuk Hingga Prospek Karir

Jurusan manajemen bisnis adalah disiplin ilmu yang mengawasi dan mengendalikan operasi, proses, dan sumber daya bisnis untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Manajemen bisnis melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya, termasuk orang, keuangan, material, dan teknologi, untuk mencapai hasil yang diinginkan secara efisien dan efektif.

Manajemen bisnis yang efektif memerlukan kemampuan kepemimpinan yang kuat, keterampilan memecahkan masalah dan keahlian komunikasi. Seseorang yang bekerja di bidang ini bertanggung jawab atas pilihan-pilihan penting yang mempengaruhi anggaran, proses, staf dan infrastruktur untuk mencapai tujuan.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Bisnis

Ada beberapa alasan memilih jurusan manajemen bisnis. Kamu akan mempelajari apa yang membuat suatu organisasi sukses dalam lingkungan bisnis global, serta keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja pada bisnis dengan segala ukuran, mulai dari perusahaan multinasional hingga perusahaan rintisan.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan memilih jurusan manajemen bisnis yang perlu kamu tahu:

Pelajari berbagai disiplin ilmu

Jika kamu ingin memiliki pengetahuan yang luas, maka gelar manajemen bisnis adalah pilihan yang sangat baik. Kamu akan mempelajari fungsi bisnis utama yang berkontribusi terhadap keberhasilan suatu bisnis dan kemudian sering kali dapat mengkhususkan diri dalam bidang pilihan. Ini biasanya meliputi:

  • manajemen sumber daya manusia
  • kewirausahaan
  • keuangan
  • operasi layanan

Keterampilan yang dibutuhkan di manapun

Banyak keterampilan yang akan berguna di bidang pekerjaan apapun, seperti komunikasi, pengambilan keputusan, numerasi, presentasi dan pemahaman umum tentang cara kerja sebuah organisasi. Sebagai lulusan bisnis, kamu juga akan memiliki berbagai pilihan karir serta bakat yang dibutuhkan untuk bekerja di industri apapun. 

Mengenal industri bisnis

Meskipun para pemberi kerja seringkali mencari pengalaman dalam resume, gelar dalam manajemen bisnis dapat memberikan pengetahuan yang mungkin dibutuhkan para pemberi kerja. Gelar memberikan wawasan terperinci tentang berbagai industri, dan kamu dapat mempelajari topik-topik seperti tren pasar dan laporan industri. 

Universitas Luar Negeri yang Memiliki Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik

Banyak universitas luar negeri yang bisa kamu pilih untuk belajar manajemen bisnis. Dari banyaknya universitas tersebut, ada beberapa yang memang terbaik di bidangnya. Berikut beberapa pilihan universitas terbaik untuk jurusan manajemen bisnis:

University of Oxford

University of Oxford memiliki sejarah panjang keunggulan dan terkenal dengan pengajaran, penelitian, dan peluang pembelajaran luar biasa yang ditawarkannya. Gelar Economics and Management di kampus ini akan mengkaji isu-isu ekonomi dan organisasi dan bagaimana sumberdaya dialokasikan dan dikoordinasikan untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengajaran mata kuliah ini disediakan oleh Department of Economics and the Saïd Business School. Akan tetapi, mata kuliah ini bukan merupakan gelar Studi Bisnis. Program ini diajarkan sebagai mata kuliah akademik dalam Divisi Ilmu Sosial Universitas. Biaya kuliah untuk siswa internasional di jurusan ini berkisar £38,550.

King’s College London, University of London

King’s College London adalah universitas ternama di dunia yang memberikan pendidikan luar biasa dan penelitian terkemuka di dunia serta berdedikasi untuk mendorong perubahan positif dan berkelanjutan dalam masyarakat. Dengan lima kampus di pusat kota London, para mahasiswanya mendapatkan keuntungan dari hubungan universitas dengan para pengusaha, universitas, dan organisasi di seluruh London dan dunia.

Kampus ini menduduki peringkat 1 di London untuk studi Bisnis & Manajemen (The Complete University Guide 2020), kursus Manajemen Bisnis di sini menyediakan pendekatan yang komprehensif dan menarik untuk studi bisnis modern. Ada berbagai topik yang dipelajari, mulai dari bisnis internasional, keuangan, kewirausahaan, ekonomi, pemasaran, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah internasional untuk tahun akademik 2024-2025 adalah £33.450 per tahun.

London School of Economics and Political Science

LSE adalah salah satu universitas spesialis ilmu sosial terkemuka di dunia, dengan reputasi, komunitas, dan pandangan global. Kampusnya terletak di jantung kota London. Gelar manajemen dirancang untuk memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan untuk berhasil sebagai manajer masa depan dalam bisnis, pemerintahan, dan perusahaan sosial di seluruh dunia.

Program ini juga memberi mahasiswa kemampuan untuk memahami dan mengevaluasi secara kritis bukti yang berkaitan dengan praktik manajemen. Dalam mengembangkan kombinasi kemampuan kuantitatif dan kualitatif, mahasiswa dalam program BSc Manajemen menerima pelatihan ketat dalam beberapa disiplin ilmu sosial. Untuk program ini, biaya mahasiswa internasional per tahun adalah £34.000.

City, University of London

Didirikan 130 tahun lalu, City berlokasi di jantung kota London. Universitas ini memiliki semua manfaat yang diharapkan mahasiswa dari universitas di London, hubungan yang kuat dengan bisnis dan industri untuk pengembangan karier, komunitas yang inklusif dan beragam, serta peluang yang tak tertandingi untuk olahraga, budaya, dan hiburan.

Gelar Manajemen Bisnis diberikan oleh Bayes Business School (sebelumnya Cass), salah satu sekolah bisnis terkemuka di Eropa. Sebagai bagian dari City, University of London, Bayes berada di peringkat 6 sekolah bisnis terbaik di Inggris dan ke-4 terbaik di London untuk Studi Bisnis dan Manajemen.

Gelar ini dirancang untuk siswa yang ingin memperoleh pemahaman luas tentang cara kerja organisasi dan ingin memperoleh pengalaman praktis di bidang yang paling mereka minati. Untuk siswa internasional yang berminat di kursus ini, maka biayanya berkisar £24,500.

Cardiff University

Cardiff University telah membangun reputasi internasional untuk keunggulan dalam pengajaran dan penelitian sejak didirikan pada 1883. Program Manajemen Bisnis memiliki tahun pertama yang generik, di mana siswa akan mengambil tujuh modul wajib dari berbagai disiplin ilmu bisnis, memberikan pemahaman yang luas tentang konteks dan proses bisnis dan manajemen.

Program ini mengkaji proses manajemen khas di perusahaan multinasional dan mempertimbangkan pengaruh konteks bisnis internasional pada perusahaan tersebut. Program ini juga mencerminkan internasionalisasi aktivitas bisnis dan pertumbuhan perusahaan dengan jangkauan global. Selain itu, juga menawarkan kesempatan untuk belajar di luar negeri selama satu semester pada tahun kedua.

Dilansir dari situs resmi universitas, saat ini mereka sedang menunggu konfirmasi mengenai biaya kuliah untuk tahun akademik 2025/26.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis

Biasanya setiap universitas memiliki mata kuliah yang berbeda dalam jurusan manajemen bisnis. Namun, secara umum kamu akan mendapatkan pemahaman yang luas tentang bisnis yang terkait dengan organisasi, budaya dan struktur termasuk manajemennya. 

Kamu akan mengembangkan pengetahuan khusus subjek di berbagai bidang termasuk pemasaran, keuangan, operasi, komunikasi, kebijakan bisnis, strategi, keberlanjutan, dan kewirausahaan.

Banyak kemampuan yang akan berguna di segala bidang pekerjaan, termasuk:

  • kepemimpinan
  • manajemen sumber daya manusia
  • pemecahan masalah, analisis kritis dan pengambilan keputusan
  • inovasi, kreativitas dan kewirausahaan
  • manajemen diri
  • kemampuan beradaptasi
  • keterampilan berpikir kritis, sistemik dan konseptual untuk memahami bagaimana perubahan ekonomi dan eksternal lainnya dapat mempengaruhi bisnis.

Beberapa lulusan memilih untuk melanjutkan studi di bidang-bidang seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, kewirausahaan, manajemen proyek, komputasi dan manajemen bisnis internasional, untuk mengembangkan keahlian mereka di bidang bisnis tertentu.

Spesialisasi dalam Manajemen Bisnis

Bagi sebagian mahasiswa yang ingin mengambil spesialisasi dalam manajemen bisnis, ada beberapa kursus spesialisasi yang bisa kamu pilih.

Berikut adalah beberapa jenis gelar bisnis yang berbeda, masing-masing didasarkan pada nilai-nilai inti bisnis, yang dapat membantu kamu menempuh berbagai jalur karier:

Finance Degree Specialization

Untuk kamu yang punya minat dalam keuangan, ada spesialisasi finance yang bisa dipilih. Program ini akan mencakup bidang yang relevan dalam keuangan, termasuk investasi, perencanaan modal, keuangan internasional dan analisis keuangan. 

Mata kuliah juga dapat mengeksplorasi cara menilai dan memecahkan masalah dalam lingkungan bisnis dengan menerapkan prinsip-prinsip keuangan dan akuntansi, menggunakan alat-alat kuantitatif untuk menganalisis fungsi dan praktik bisnis kontemporer, mengenali hubungan antara konsep-konsep keuangan dan penggunaannya di pasar global, dan menggunakan praktik dan prinsip-prinsip manajemen pemasaran terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Human Resource Management Degree Specialization

Hampir setiap industri mencakup manajemen sumber daya manusia, dan spesialisasi ini menawarkan jalur yang berbeda bagi mereka yang ingin bekerja di bidang bisnis. Kursus ini dirancang untuk fokus pada industri tentang berbagai topik mulai dari manajemen aset manusia hingga penyelesaian konflik. 

Kurikulum juga dapat mencakup pembelajaran tentang cara mengembangkan proses seleksi untuk posisi tertentu, menetapkan standar kinerja untuk suatu pekerjaan dan memilih metode penilaian kinerja, mengevaluasi nilai relatif dari serangkaian pekerjaan dan menentukan struktur kompensasi, serta mencakup tindakan disipliner dan strategi perubahan.

Marketing Degree Specialization

Pemasaran merupakan bidang bisnis yang dinamis, dan spesialisasi gelar pemasaran mungkin merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang tertarik pada bidang tersebut. Prinsip-prinsip utama pemasaran dibahas, difokuskan pada perencanaan, implementasi, pengendalian, dan evaluasi strategi pemasaran untuk mencapai tujuan organisasi.

Mahasiswa juga dapat mempelajari cara mengukur permintaan pasar dan melakukan segmentasi pasar secara efektif untuk mencapai keunggulan kompetitif, serta menganalisis kasus-kasus yang berfokus pada tugas-tugas manajemen pemasaran utama, seperti riset pemasaran, perkiraan penjualan, manajemen produk dan merek, saluran distribusi, penetapan harga, dan promosi.

Entrepreneurship Degree Specialization

Jika kamu memiliki keinginan untuk memulai bisnis atau sudah menjalankan bisnis sendiri, maka gelar bisnis yang berfokus pada kewirausahaan bisa jadi sangat cocok. Dalam jenis program ini, mahasiswa dapat memahami isu-isu dunia nyata yang relevan bagi para pengusaha, seperti hukum ketenagakerjaan dan penganggaran, serta mengembangkan keterampilan manajerial utama seperti kepemimpinan tim dan taktik manajemen.

Kelas-kelas juga dapat berfokus pada pemeriksaan lingkungan hukum dan berbagai tantangan dalam mengelola organisasi modern, menggunakan taktik dan strategi negosiasi, mengetahui faktor-faktor yang memastikan kepatuhan hukum, dan memahami kontrak dan pengadaan.

Syarat Masuk Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis di Luar Negeri

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk mendaftar di program studi bisnis dan manajemen di luar negeri berbeda-beda di setiap negara dan institusi. Namun, secara umum, berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk mengambil gelar manajemen bisnis di luar negeri:

Kualifikasi Akademik

Siswa harus telah menyelesaikan pendidikan menengah (setara dengan sekolah menengah atas) dengan catatan akademis yang kuat untuk belajar di program sarjana dan gelar pascasarjana 

Kemahiran Berbahasa

Kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sangatlah penting. Untuk negara-negara berbahasa Inggris, siswa mungkin perlu memberikan skor pada tes kemahiran berbahasa standar seperti IELTS atau TOEFL.

Ujian Masuk

Untuk program sarjana, perguruan tinggi tertentu mungkin mengharuskan pelamar untuk mengikuti SAT atau ACT. Ujian GMAT atau GRE diperlukan untuk program pascasarjana agar dapat diterima di universitas.

Materi Aplikasi

Siswa internasional perlu menyerahkan formulir aplikasi, transkrip, surat rekomendasi, pernyataan tujuan, dan resume atau CV beserta gelar akademis mereka.

Prospek Karir Lulusan Manajemen Bisnis 

Tidak mengherankan bahwa banyak lulusan manajemen bisnis akan mencari peluang untuk memulai karier di sektor bisnis. Namun, dengan keterampilan yang kamu miliki, ada sejumlah industri dan peran yang bisa kamu jalankan. Pilihan karir yang populer bagi lulusan manajemen bisnis meliputi:

  • Business consultant
  • Sales manager
  • Business manager
  • Account manager
  • Accountant
  • Project manager
  • Logistics manager
  • Operational researcher
  • Retail manager
  • Sales manager
  • HR manager

Gelar manajemen bisnis akan memberikan dasar yang kuat, namun untuk bekerja di bidang manajemen, kamu biasanya memerlukan pengalaman bertahun-tahun.

Tips Sukses dalam Jurusan Manajemen Bisnis

Untuk memastikan keberhasilan maksimal dalam gelar di bidang manajemen bisnis, berikut beberapa tips berguna untuk membantu kamu mendapatkan hasil maksimal dari program gelar ini:

Ikut Organisasi

Berorganisasi adalah langkah pertama untuk berhasil dalam program gelar apa pun. Setiap gelar mengharuskan kamu untuk menyelesaikan semua tugas, ujian, dan proyek tepat waktu, yang berarti memiliki keterampilan berorganisasi yang baik adalah suatu keharusan.

Sering kali, ini mempersiapkan kamu untuk dunia kerja. Sebagai seorang manajer bisnis, kamu akan menangani banyak tanggung jawab, oleh karena itu, lebih baik mengerjakannya sejak awal – gelar manajemen bisnis mempersiapkan kamu untuk ini.

Kelola Waktu dengan Baik

Selain berorganisasi, kamu juga perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Pastikan kamu menggunakan waktu belajar dengan bijak dan tetap fokus pada tugas yang ada. Meskipun membuat jadwal belajar akan membantu kamu tetap teratur, namun membagi tugas yang bisa dikerjakan lebih dulu akan membantu kamu tetap fokus. 

Misalnya, jika kamu memiliki makalah untuk ditulis, kamu dapat membaginya menjadi tugas-tugas yang lebih kecil seperti penelitian, menulis kerangka, menyusun makalah, dan mengedit, dan mengalokasikan waktu yang cukup untuk masing-masing tugas.

Manfaatkan Sumber Daya Sekolah Secara Maksimal

Sebagian besar universitas memiliki banyak sumber daya yang tersedia bagi mahasiswa, tetapi sayangnya terkadang sumber daya tersebut kurang dimanfaatkan. Beberapa di antaranya termasuk layanan perpustakaan, layanan konseling, layanan disabilitas,  dan banyak lagi.

Bicaralah dengan penasihat mahasiswa tentang kebutuhan kamu, dan lihat rekomendasi apa yang mereka miliki tentang sumber daya yang tersedia. Kamu mungkin menemukan kelas bimbingan belajar yang dapat membantu meningkatkan IPK. Biaya kuliah sering kali mencakup biaya sumber daya ini, jadi pastikan kamu memanfaatkannya secara maksimal.

Kesimpulan

Manajemen bisnis merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di kalangan siswa internasional. Keuntungan yang cukup banyak membuat banyak siswa tertarik dengan kursus ini. Di luar negeri sendiri, ada banyak universitas yang bisa jadi pilihan untuk mempelajari manajemen bisnis. 

Jika kamu tertarik untuk belajar lebih jauh dalam jurusan ini, kamu bisa memilih universitas yang unggul dalam bidang ini. Namun, banyaknya universitas seringkali justru membuat kamu bingung. ICAN Education akan membantu kamu memilih universitas yang tepat dengan konsultasi yang lengkap.

Tim konselor kami akan memberikan konsultasi lengkap seputar universitas terbaik dalam jurusan manajemen bisnis, akomodasi yang bisa kamu pilih, serta briefing keberangkatan agar kamu lebih siap untuk menempuh pendidikan di luar negeri,

Hadir di berbagai kota, kamu bisa memilih cabang mana yang paling tepat dengan domisili kamu. Tim konselor profesional kami akan membantu setiap proses pendaftaran hingga kamu memulai perkuliahan di universitas tujuan. 

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan