Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
20 jurusan yang dibutuhkan di masa depan, peluang karir cemerlang!

20 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Peluang Karir Cemerlang!

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / 20 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Peluang Karir Cemerlang!

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, pastikan kamu memilih salah satu jurusan yang dibutuhkan di masa depan. Memilih jurusan untuk melanjutkan perkuliahan memang tidak mudah, sebab kamu harus memiliki strategi untuk mendapatkan program studi yang tepat.

Banyak generasi muda saat ini yang lebih tertarik untuk memilih jurusan dengan prospek pekerjaan tinggi di masa depan. Siapa yang tidak ingin mudah mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan perkuliahan? Semua pasti ingin langsung mendapatkan pekerjaan setelah selesai kuliah. Apalagi jika pekerjaan yang didapatkan sesuai dengan minat dan jurusan yang dipilih.

Sebenarnya ada banyak jurusan yang memiliki peluang besar di masa depan untuk mendapatkan pekerjaan. Sebelum memilih, sebaiknya kamu mencari informasi lebih banyak dan mengetahui di mana letak bakat dan minat kamu sehingga proses perkuliahan bisa dilakukan dengan lancar.

Jurusan yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan

Ada banyak pilihan jurusan yang tersedia di beberapa universitas-universitas Indonesia, maupun universitas luar negeri. Tetapi di antara semua jurusan, ada beberapa program studi yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pekerjaan di masa depan, seperti berikut.

1. Teknik Informatika

Jurusan pertama yang bisa kamu pilih adalah teknik informatika. Program studi Teknik Informatika dibentuk agar kamu bisa menjadi seorang ahli dalam bidang teknologi. Jurusan ini juga akan membantu kamu untuk mempelajari tentang pemrograman, hingga membuat sebuah aplikasi.

Tidak heran apabila jurusan Teknik Informatika sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan, mengingat perkembangan teknologi saat ini sangat pesat.

2. Teknik Elektro

Selanjutnya ada jurusan Teknik Elektro yang memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Kebutuhan ilmu dari program studi ini sudah terbukti terus-menerus dibutuhkan hingga saat ini.

Mahasiswa jurusan Teknik Elektro tidak hanya belajar soal listrik, tetapi mereka juga akan belajar tentang telekomunikasi. Tanpa adanya program studi Teknik Elektro, tentu perkembangan teknologi internet dan komunikasi tidak akan sebagus saat ini.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Program studi selanjutnya adalah teknik robotika dan kecerdasan buatan. Program studi ini mungkin sudah banyak disediakan di beberapa perguruan tinggi luar negeri, tetapi menjadi program studi baru di Indonesia. Di tahun 2021, Universitas Airlangga sudah memiliki jurusan yang satu ini dan bisa dijadikan tanda bahwa SDM lulusan teknik robotika dan kecerdasan buatan saat ini sangat dibutuhkan.

4. Teknik Mesin

Program studi teknik mesin merupakan jurusan yang berkutat pada bagian mesin dan digunakan untuk berbagai macam objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga bisa membantu kamu untuk belajar tentang pembuatan serta pengoperasian robot.

Untuk bisa masuk dalam program studi teknik mesin, kamu harus memiliki pengetahuan dasar sains, seperti fisika, kimia, dan Matematika.

5. Teknik Biomedik

Teknik biomedik merupakan gabungan dari ilmu keteknikan dan ilmu kedokteran yang akan mempelajari tentang perancangan alat-alat mekanik maupun elektronik untuk dunia kesehatan. Program studi ini bisa membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri pada alat medis di Indonesia.

6. Ilmu Komputer

Selanjutnya ada jurusan ilmu komputer yang merupakan program studi saintek. Jurusan ini banyak diminati karena peluang besar mendapatkan pekerjaan di masa depan. Adanya kemajuan teknologi yang memiliki manfaat teknologi komputer dan informasi tentu membuat program studi ini banyak diincar.

Pada jurusan ilmu komputer kamu akan bentuk menjadi mahasiswa dengan wawasan global dan tanggap terhadap kebutuhan dunia pada bidang teknologi komputer dan informasi.

7. Sistem Informasi

Selanjutnya adalah sistem informasi yang masih memiliki kaitannya dengan teknologi. Jurusan ini akan membantu kamu belajar tentang ilmu komputer, manajemen, serta bisnis sehingga nanti bisa merancang sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jurusan Sistem Informasi sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar tentang mengaplikasian ilmu pada bidang IPA maupun IPS. Sistem informasi ini dapat ditemukan di beberapa universitas terbaik di Indonesia.

8. Matematika

Program studi matematika ternyata juga bisa memberikan a kesempatan besar bagi lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan. Jurusan Matematika adalah jurusan yang bisa membantu bank untuk memecahkan permasalahan melalui pemodelan rumus, serta hitungan matematika sehingga bisa menemukan solusinya.

Mata perkuliahan yang dipelajari dalam Jurusan Matematika akan membuat kamu selalu bertemu dengan data dan angka, misalnya matematika keuangan, geometri, kalkulus, dan lain sebagainya.

9. Statistika

Jurusan statistika juga bisa memiliki kesempatan bekerja di masa depan cukup baik. Dalam jurusan statistika kamu akan belajar bagaimana cara mengumpulkan, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, serta menyajikan data dengan tepat dan mudah dipahami.

10. Ilmu Ekonomi

Dari dulu hingga sekarang, jurusan ilmu ekonomi ternyata masih memberikan peluang besar bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan. Ilmu ekonomi akan membantu kamu mempelajari tentang strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas.

Melalui ilmu ekonomi kamu bisa mengetahui bagaimana caranya sampai pada kesejahteraan. Kemampuan untuk menyusun strategi sangat dibutuhkan dan akan terus dicari.

Baca juga:
Universitas Terbaik di Australia untuk Jurusan Ekonomi

11. Manajemen

Jurusan yang rame peminat dan memiliki peluang besar yang masa depan adalah manajemen. Jurusan ini bisa membantu kamu untuk belajar tentang ilmu pengelolaan bisnis, menyusun strategi dan rencana, memasarkan produk, hingga bisa merekrut sumber daya manusia.

Selain itu mahasiswa jurusan Manajemen juga akan mempelajari tentang ilmu pengantar teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan dunia di masa depan nanti.

12. Akuntansi

Akuntansi juga jurusan yang cerah di masa depan untuk mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa harus memiliki keterampilan dan ketelitian dalam proses menghitung serta Mengatur keuangan.

13. Marketing

Jurusan marketing maupun jurusan pemasaran sangat cocok bagi kamu karena program studi ini bisa membantu untuk belajar menganalisis pasar hingga memasarkan produk. Kecakapan dalam berbicara juga dibutuhkan dalam program studi marketing.

Ada beberapa kampus yang mengajarkan bagaimana cara menyusun strategi kreatif periklanan, bagaimana cara membuat desain iklan, hingga menulis iklan yang menarik untuk membantu meningkatkan kualitas marketing.

14. Desain

Jurusan desain juga memiliki peluang besar di masa depan untuk mendapatkan pekerjaan. Ada banyak sekali jenis jurusan desain, mulai dari jurusan desain produk, jurusan desain interior, dan lain sebagainya. Kreativitas dan kemampuan sangat dibutuhkan untuk bisa menggunakan teknologi yang menarik minat masyarakat luas.

15. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi merupakan program studi yang agar cara penyampaian pesan yang dilakukan bisa berjalan dengan efektif sehingga tepat sasaran. Sempat pada tahun 2021 Program Studi Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang banyak peminatnya di Indonesia untuk UTBK-SBMPTN.

16. Pendidikan

Program studi pendidikan masih tetap menjadi jurusan yang banyak diminati dan memiliki peluang pekerjaan luas di masa depan. Melalui program studi pendidikan, kamu memiliki kesempatan untuk membangun SDM di Indonesia agar menjadi lebih baik Dan unggul.

17. Kedokteran

Jurusan Kedokteran tidak akan pernah ada habisnya, karena peluang pekerjaan di masa depan sangat luas. Jurusan Kedokteran menjadi rumpun saintek yang banyak diincar oleh anak-anak IPA. Hal ini dikatakan prospek kerja yang cukup menjanjikan dan dibutuhkan sampai kapan.

Agar bisa menjadi salah satu mahasiswa dalam Jurusan Kedokteran, kamu harus mempelajari ilmu biologi.

18. Keperawatan

Selain Jurusan Kedokteran, ada program studi yang cukup menarik di bidang kesehatan lainnya yaitu keperawatan. Jurusan Keperawatan membuat kamu mempelajari bagaimana cara menangani pasien sehingga bisa membantu tugas dokter.

Baca juga :
Universitas Dengan Fakultas Keperawatan Terbaik Di Dunia

19. Kesehatan Masyarakat

Masih dalam bidang kesehatan, kamu juga bisa memilih untuk mengambil jurusan kesehatan masyarakat. Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan program studi yang akan mempelajari tentang ilmu peningkatan mutu kesehatan masyarakat serta mencegah penyakit di tengah masyarakat.

Jurusan ini sangat berbeda dengan Jurusan Kedokteran, di mana Jurusan Kedokteran hanya bisa menyembuhkan orang sakit. Jurusan Kesehatan Masyarakat tetap dibutuhkan di masa depan.

20. Farmasi

Ada program studi farmasi yang sangat cocok bagi kamu, sebab lulusan ini  akan bekerja di balik layar untuk mengidentifikasi, meracik, hingga menganalisis obat-obatan yang digunakan sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

Lulusan Farmasi sangat dibutuhkan untuk menyediakan asupan obat dan menjaga kesehatan, serta menyembuhkan orang sakit.

Baca juga :
Jurusan Kuliah Paling Dicari

Pentingnya Memilih Jurusan yang Tepat

Setelah mengetahui ada 20 jurusan yang memiliki peluang cerah di masa depan untuk prospek pekerjaan luas, kamu juga harus memahami kenapa jurusan wajib dipilih dengan tepat. Ada beberapa alasan kenapa sangat penting memilih jurusan yang tepat, seperti berikut:

Jurusan yang Diambil Memiliki Komitmen

Kenapa sangat penting untuk memilih jurusan yang tepat? Karena Jurusan yang akan didalami atau dipelajari memiliki komitmen, bahkan seumur hidup. Secara ideal apa yang dipelajari bangku kuliah akan digunakan sepanjang aktiva usia.

Misalnya, kamu memutuskan untuk kuliah jurusan kedokteran. Sangat besar kemungkinan profesi tersebut akan membantu kamu menjadi seorang dokter. Jadi apa yang kita kerjakan setelah menyelesaikan pendidikan pasti tidak akan jauh dari jurusan yang dipilih.

Bayangkan saja jika kamu sudah memilih program studi kedokteran, tetapi tidak suka seluk beluk kesehatan. Ketika bekerja sebagai dokter maupun dosen, tentu tidak akan bisa melakukannya dengan hati yang ringan.

Bisa Melakukan Hal Dasar yang Disukai

Alasan lain karena memilih jurusan yang tepat bisa membantu kamu melakukan hal-hal dasar yang disukai. Jika kamu bisa melakukan sesuatu hal atas dasar suka, maka nantinya bisa memberikan hal yang terbaik.

Mampu belajar kedokteran tidak sama dengan memiliki minat untuk belajar kedokteran. Ada beberapa orang yang saat ini bekerja karena kemampuan semata, tetapi tidak bisa menikmati pekerjaannya dengan benar. Sebagian waktu dihabiskan untuk bekerja dan akhirnya merasa mendapatkan berbagai macam tekanan.

Tetapi jika melakukan sesuatu hal yang benar-benar menjadi minat maka proses mengerjakan pekerjaan tersebut akan dilakukan sepenuh hati dan sebaik mungkin.

Kita Tidak Sama dengan Orang Lain

Memilih jurusan yang harus dilakukan dengan hati-hati karena masing-masing orang memiliki kekuatan dan keunikan yang berbeda. Kekuatan dan kemampuan diri sendiri tentu jauh berbeda dengan orang lain, masing-masing memiliki keunggulannya sendiri.

Pertimbangan pemilihan jurusan kuliah bisa disesuaikan dengan bidang yang lebih mudah kita kuasai. Misalnya, kita lebih mudah menguasai hafalan pada jurusan kesehatan, dibandingkan dengan jurusan matematika.

Tips Memilih Jurusan yang Tepat

Ada beberapa tips yang digunakan untuk memilih jurusan yang tepat. Nah, berikut ini tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan jurusan yang tepat.

1. Memahami Apa yang Kita Sukai

Cara pertama adalah mulai memahami apa yang sebenarnya kita sukai. Apabila kamu sudah memahami apa yang disukai, maka akan lebih mudah untuk menentukan jurusan yang tepat.

Misalnya, jika kamu suka menulis maka bisa  mengambil jurusan jurnalistik, sastra, atau beberapa jurusan lain yang memiliki hubungannya dengan menulis.

Pahami Bahwa Minat dan Bakat Tiap Orang Berbeda

Selanjutnya kamu harus memahami bahwa minat dan bakat tiap orang berbeda. Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing, misalnya kamu memiliki kelebihan untuk menjadi seorang pendengar yang baik dan sering dimintai saran oleh teman-teman, maka jurusan psikologi bisa jadi pilihan tepat.

2. Mulai Riset Jurusan

Selanjutnya kamu bisa mulai untuk  mencari banyak informasi tentang jurusan di Indonesia maupun di luar negeri. Mumpung masih ada waktu, Cari informasi sebanyak mungkin terkait jurusan yang ingin diambil.

Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru BK, kakak alumni, tutor, maupun agen pendidikan jika kamu menggunakan jasanya. Melalui informasi sebanyak mungkin, kamu bisa mengetahui mata perkuliahan, tantangan yang akan dihadapi dalam jurusan pilihan, serta prospek pekerjaan di masa depan.

3. Mulai Riset Kampus

Setelah menemukan jurusan yang benar-benar cocok, langkah selanjutnya adalah menemukan perguruan tinggi yang tepat. Cari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi dan memiliki fasilitas lengkap untuk memberikan pengajaran profesional di bidang studi pilihan.

4. Tidak Terpaku dalam Satu Jurusan

Tips lainnya adalah Jangan terpaku dengan satu jurusan saja. Jika kamu tertarik untuk mengambil program studi manajemen, pastikan memiliki rencana lainnya jika program studi manajemen tidak diterima.

Jadi kamu harus memikirkan jurusan cadangan dengan mata perkuliahan yang tidak jauh berbeda dari jurusan Manajemen. Misalnya kamu tidak diterima di jurusan Manajemen, maka bisa mencoba untuk mendaftar di jurusan ilmu ekonomi, bisnis digital, maupun administrasi  bisnis.

5. Perhatikan Biaya Kuliah

Menemukan jurusan yang tepat dan kampus pilihan berkualitas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan biaya perkuliahan. Pastikan kamu sudah pergi diskusi dengan wali atau orang tua agar tidak memberatkan mereka di kemudian hari.

Jika ingin mendaftar melalui jalur mandiri, maka siapkan dana untuk uang pangkal sesuai dengan aturan kampus. Bahkan ada beberapa jurusan seperti kedokteran, design, dan teknik yang sering mengadakan praktik harus memberi peralatan dengan harga yang lumayan, jadi kamu juga harus bersiap.

6. Tidak Perlu Ikut-Ikut Teman

Memilih jurusan yang paling penting adalah tidak perlu ikut-ikut teman. Jika sudah terlanjur menyamakan pilihan dengan teman karena bingung dan dikejar waktu, maka harus bisa bertanggung jawab dengan pilihan sendiri.

Untuk itu sangat penting mengenali minat dan bakat sejak dini agar tidak Mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Memilih jurusan adalah menjadi bagian penting ketika akan kuliah. Ada beberapa jurusan yang memberikan prospek pekerjaan cara di masa depan, misalnya seperti jurusan Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknik Mesin, Teknik Biomedik, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan lain sebagainya.

Jika ingin memiliki jurusan yang tepat, kamu bisa berkomunikasi dan berdiskusi dengan agen pendidikan terbaik yaitu ICAN Education. Agen pendidikan yang satu ini bisa membantu kamu untuk mendaftarkan diri di kampus luar negeri maupun di dalam negeri. Ada banyak layanan yang ditawarkan, dan kamu bisa mendapatkan informasi seputar perkuliahan secara gratis. Peluang mendapatkan jurusan yang tepat bisa dilakukan dengan mudah. Tertarik?

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan