Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mau dapat kuliah murah di luar negeri? wajib baca ini!

Mau Dapat Kuliah Murah di Luar Negeri? Wajib Baca Ini!

Beranda / Perkuliahan / Mau Dapat Kuliah Murah di Luar Negeri? Wajib Baca Ini!

Hampir semua siswa berupaya mendapatkan kesempatan untuk kuliah murah di luar negeri. Tak bisa dipungkiri bahwa kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang cukup banyak. Tak hanya biaya kuliah, namun juga biaya hidup yang cukup tinggi.

Namun, ternyata ada beberapa pilihan kuliah termurah di luar negeri. Negara-negara berikut ini memiliki biaya kuliah dan biaya hidup yang murah sehingga menjadi tujuan pendidikan bagi banyak siswa dari seluruh dunia. Apa saja daftar negara yang menawarkan kuliah murah di luar negeri? Berikut daftarnya!

Pilihan Kuliah Terjangkau di Luar Negeri

Temukan Peluang Kuliah Terjangkau di Luar Negeri! Explore keunikannya di Norwegia, keindahan budaya India, pendidikan berkualitas di Taiwan, hingga petualangan di Vietnam, Peru, Jerman, dan Kenya. Wujudkan impian kuliah internasional tanpa membebani dompet kalian.

1. Norwegia

Bicara seputar kuliah di luar negeri yang murah dan bagus, Norwegia menjadi negara tedepan yang dijuluki sebagai negara dengan biaya kuliah termurah. Hampir semua media tanah air setuju dengan julukan ini.

Pemerintah negara ini menerapkan aturan gratis pendidikan bagi siapapun dan di tingkat apapun. Hal ini bahkan berlaku untuk mahasiswa internasional. Jika mendaftar di sini, kamu hanya perlu membayar uang administrasi.

Kamu bahkan bisa mendaftar di universitas terkemuka di Norwegia, seperti University of Oslo, University of Adger dan University of Nordland.

2. India

Hingga kini, ada banyak orang yang tertarik untuk pergi ke India untuk mendaftarkan diri di universitas terkemuka negara ini. Hal ini karena India memiliki kebudayaan yang cukup unik untuk diketahui dan dipelajari. Selain itu, biaya hidup di negara ini juga cukup terjangkau.

Meski begitu, India memiliki deretan universitas terbaik yang bisa kamu pillih. Kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk akomodasi di India. Kamu bisa tinggal di apartemen dengan harga sewa yang cukup terjangkau dibandingkan dengan kota besar lainnya.

Untuk biaya transportasi, kamu cukup menyediakan uang sebesar $0,30 untuk biaya transportasi umum. Negara ini bisa menjadi pilihan kuliah di luar negeri dengan biaya hidup murah.

3. Taiwan

Rasanya sudah banyak orang yang tahu bahwa negara dengan ibukota Taipei ini memiliki kelebihan khususnya dari segi pendidikan.

Pemerintah negara ini bahkan sedang fokus dan gencar untuk mempromosikan program pendidikan terjangkau untuk siswa internasional. Program ini tentu menjadi program yang menarik dan dituju oleh banyak siswa internasional, menarik bukan?

Biaya kuliah di sini biasanya berkisar antara Rp25 juta hingga Rp30 juta khusus untuk siswa yang mengambil gelar sarjana dan magister. Butuh biaya kuliah yang jauh lebih murah? Bisa banget! Kamu bisa mengikuti program beasiswa untuk siswa internasional di negara ini. Dengan begitu, impian untuk kuliah di luar negeri bukan lagi mimpi.

Beberapa program beasiswa yang bisa kamu daftar adalah Higher Education Scholarship Programs of Taiwan, dan banyak lagi. Sedangkan, universitas yang siap menerima para siswa internasional adalah National Tsing Hua University dan National Taiwan University.

4. Vietnam

Tertarik kuliah di luar negeri dan masih dalam Kawasan Asia Tenggara? Vietnam bisa jadi negara tujuan pendidikan yang tepat. Biaya hidup di Vietnam masih tergolong murah dan sangat cocok untuk kamu yang ingin berkuliah di luar negeri.

Di kota besarnya, kamu tetap bisa tinggal di apartemen sederhana dengan harga sewa yang cukup murah setiap bulannya. Banyak makanan-makanan menarik yang lezat dan murah yang bisa kamu coba di negara ini. Makanan lokalnya pun tak kalah menarik perhatian dan bisa ditemukan dengan mudah.

Biaya hidup setiap bulan yang harus kamu keluarkan hanya berkisar Rp16,560,000 di negara ini. Cukup murah, bukan?

5. Peru

Selain menjadi tujuan travelling banyak orang, Peru nyatanya menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah dan hidup yang cukup murah. Bahkan, negara ini menyimpan jejak sejarah menarik tentang kehidupan manusia dan alam yang bisa digali.

Meski biaya sewa untuk satu kamar di negara ini cukup mahal, namun biaya makan di sini tergolong cukup murah. Kamu bahkan hanya perlu mengeluarkan biaya kurang dari $3 untuk setiap kali makan.

Kamu bahkan tetap bisa menghemat berbagai pengeluaran di kota ini untuk bisa tetap menabung.

6. Jerman

Siapa sangka, Jerman ternyata menerapkan biaya pendidikan yang sangat terjangkau. Biaya pendidikan di negara ini hanya sekitar Rp7 juta hingga Rp8,5 juta per tahunnya. Biaya ini bahkan ditetapkan juga untuk siswa internasional.

Lebih dari itu, beberapa universitas bahkan menawarkan program kuliah gratis khusus untuk siswa dengan gelar Sarjana atau S1.

7. Kenya

Kenya menjadi negara yang memiliki biaya kuliah selanjutnya. Banyak universitas di Kenya yang menawarkan biaya kuliah murah. Pilihan universitasnya juga beragam. Kamu bisa memilih universitas negeri atau swasta di negara ini. Masing-masing universitas menyediakan fasilitas lengkap dan sistem pengajaran kelas dunia.

University of Nairobi menjadi salah satu universitas terkemuka di Kenya. Universitas ini bahkan meraih peringkat teratas di Kenya untuk beberapa program studinya, antara lain Ekonomi Pertanian, Arsitejtur, Administrasi Bisnis dan Anatomi Manusia.

Baca juga:
Tips Menerapkan Biaya Hidup Murah Di Luar Negeri

Trik Jitu Kuliah Murah Di Luar Negeri

Agar bisa kuliah murah di luar negeri, kamu bisa menerapkan beberapa cara. Dengan cara-cara ini, kamu bisa mewujudkan mimpi untuk kuliah di luar negeri dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

  • Cek beasiswa apa saja yang tersedia dan daftarkan dirimu segera. Kamu bisa mendaftarkan diri di beberapa beasiswa agar peluang kuliah di luar negeri semakin besar.
  • Perhatikan kurs mata uang. Kamu perlu memperhatikan nilai tukar mata uang antara negara asal kamu dengan negara tujuan kuliah. Pilih negara mana yang kamu anggap tidak memberatkan, jika dilihat dari nilai tukar mata uang tersebut.
  • Terbiasa hidup minimalis. Jika berencana kuliah di luar negeri, kamu perlu memperhitungkan pengeluaran yang akan dilakukan. Perhitungkan baik-baik apa saja pengeluaranmu selama satu bulan dan potong pengeluaran mana yang dirasa tidak terlalu penting. Kamu juga bisa menghemat dengan membeli makanan dengan harga murah.
  • Buat anggaran biaya secara rutin. Catat semua pengeluaran primer dan berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk hiburan dan keperluan tersier lainnya. Tekan beberapa pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting.

Dengan memperhatikan trik tersebut, kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk kuliah di luar negeri. Meski kamu memilih negara dengan biaya kuliah dan biaya hidup terjangkau, kamu juga perlu memiliki uang tabungan untuk berjaga-jaga jika ada kondisi yang tak terprediksi.

Pilih Negara yang Tepat

Nah, dari daftar negara yang telah disebutkan di atas, kamu perlu memilih satu negara yang benar-benar tepat untuk tujuan kuliah. Kuliah murah di luar negeri tentu bukan lagi mimpi jika memilih salah satu negara tersebut. Namun, bagaimana memilih satu negara yang benar-benar tepat untukmu? Simak dulu tipsnya!

  • Sebaiknya kamu memilih negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan dan bahasa sehari-hari yang digunakan. Hal ini untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi dan mengerti setiap perkuliahan yang diberikan.
  • Kamu juga perlu memperhatikan bagaimana proses pengajuan visa di setiap negara. Proses ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung negara tujuan dan program kuliah yang dipilih. Jangan takut untuk bertanya ke kedutaan besar masing-masing negara untuk hal ini.
  • Pola pengajaran dan sistem pendidikan juga perlu dipertimbangkan karena setiap negara memiliki sistem dan pola pengajaran yang berbeda. Kamu bisa memilih negara yang menawarkan pola pengajaran yang cocok dengan gaya belajar kamu agar bisa memahami pembelajaran yang diberikan.

Dengan informasi dan tips-tips di atas, kamu bisa memilih negara yang tepat dan tak ragu lagi untuk mendaftarkan diri untuk kuliah di luar negeri. Persiapkan diri mulai sekarang agar impianmu bisa segera terlaksana!

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan