Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal model pembelajaran di singapura

Mengenal Model Pembelajaran di Singapura

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Model Pembelajaran di Singapura

Model pembelajaran di Singapura sering menjadi pertanyaan besar, mengapa sistem pendidikan di Negara tersebut terbilang berhasil. Negara kecil ini justru menjadi salah satu negara maju yang berperan dalam perkembangan ekonomi industri modern. Di era revolusi, sistem pendidikan Singapura menjadi bagian yang mencuri perhatian dunia, karena dianggap punya model pembelajaran terbaik secara global.

Keberhasilan tersebut tidak hanya terjadi pada sekolah menengah Singapura, tetapi juga hingga pada jenjang pendidikan perguruan tinggi. Contohnya, Universitas Nasional Singapura sebagai universitas di Singapura berhasil menduduki ranking tertinggi sebagai universitas terbaik se-Asia, sekaligus menjadi top universitas dunia.

Sejak awal perkembangan Singapura, pemerintah terus  memperhatikan bidang pendidikan sebagai bagian dari pembangunan ekonomi. Bermula dari adanya siswa berprestasi tinggi pada tingkat internasional dalam program OECD terkait Penilaian Siswa Internasional, atau terkenal dengan istilah PISA.

5 Hal Seputar Model Pembelajaran di Singapura

Singapura juga masuk dalam daftar negara top dunia dalam bidang matematika, sains, membuat nama negara tersebut sejajar dengan Kanada, Finlandia, Irlandia, dan Estonia. Untuk tahu lebih banyak tentang belajar di Singapura, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant untuk melakukan konsultasi kuliah luar negeri. Dalam model pembelajarannya, Singapura tidak lepas dari hal-hal positif berikut ini:

1. Pendidikan Adalah Ekosistem

Setelah merdeka dari Inggris, Singapura masuk dalam deretan negara terkaya, bahkan kekayaannya mengungguli beberapa negara di Asia, Amerika utara, dan Eropa. Sehingga layak menjadikan Singapura sebagai pemimpin sektor pendidikan.

Hal ini karena Singapura memilih pendidikan sebagai ekosistem yang berkembang, menerapkan reformasi efektif pada sistem dari atas sampai ke bawah secara total, sehingga masyarakat juga bisa merasakan perubahan masif tersebut.

Contohnya, Singapura mendorong terwujudnya meritokrasi sebagai bagian dari reformasi sistem pendidikan untuk membangun negara. Reformasi yang terjasi contohnya Sekolah Berpikir, Bangsa Belajar menghasilkan pelajar Singapura yang kreatif, inovatif, dan didukung sekolah yang terus melakukan reformasi agar bisa memenuhi standar internasional.

2. Kurikulum Sekolah Dengan Skill Problem Solving

Sistem pendidikan Singapura menghasilkan para pelajar yang sangat menyukai pekerjaan, melakukan proyek, atau juga berpikir kreatif. Setiap kelasnya menyediakan pembelajaran agar dapat memberikan bekal berupa keterampilan dan wawasan memecahkan masalah pada setiap mata pelajaran. Sehingga, para pelajar mampu memecahkan apa saja tantangan dalam dunia nyata. Kuliah di Singapura akan membawa pengalaman nyata agar siap memulai karir.

Singapura juga punya lembaga berwenang yang secara aktif bekerja untuk mengevaluasi dan terus membangun sistem sekolah sebagai solusi kinerja. Pada tahun 2017, pernah terdapat laporan masa psikologis pada siswa, karena adanya sistem akademis yang terlalu ketat.

Saat itulah, otoritas pendidikan memilih mengurangi tekanan terhadap siswa, kemudian Singapura memperkenalkan strategi baru yaitu Teach Less, Learn More untuk memberikan inspirasi terhadap para pendidik bahwa lebih baik memberikan kualitas, bukan kuantitas.

3. Budaya Kondusif

Singapura merupakan negara yang percaya setiap anak itu sama pandai. Dalam hal ini, melibatkan peran orang tua. Jadi, para orang tua tidak fokus terhadap kecerdasan anak, tetapi lebih cenderung memberikan pujian terhadap kemampuan masing-masing anak.

Kementerian Pendidikan di Singapura juga memberikan tekanan terhadap keterlibatan para orang tua. Itulah mengapa, dalam model pembelajarannya, tidak lepas dari adanya dua platform, yaitu Parent Support Group serta pertemuan wali murid tahunan di sekolah untuk membangun partisipasi para orangtua terhadap berbagai kegaitan sekolah.

4. Model Pembelajaran Akuntabel

Profesionalisme adalah kunci utama keberhasilan model pembelajaran di Singapura, terutama untuk para tenaga pendidik. Singapura bahkan mempunyai aturan bahwa guru harus mengikuti pelatihan dari Lembaga Pendidikan Nasional yaitu NIE. Guna mendukung sumber daya manusia dan profesionalisme para guru, Singapura juga rajin melakukan investasi  supaya para tenaga pengajar punya prestise atau status membanggakan.

NIE adalah institusi untuk melatih para guru agar menjadi pribadi yang berkualitas melalui berbagai macam kursus, memastikan adanya kontrol kualitas bahwa setiap ada guru baru, pasti bisa bekerja profesional di dalam kelas, menggunakan sistem pembelajaran era digital. Bahkan, NIE juga menerapkan pembelajaran baru yang telah diciptakan yaitu Model Pendidikan Guru Abad-21.

5. Kurikulum Nasional Yang Tepat Sasaran

Ciri khas pembelajaran di Singapura adalah tujuan yang sangat jelas, dan identifikasi apa hasil pendidikan yang diharapkan. Sehingga, akan diterapkan dalam pembuatan kurikulum nasional, meniru berbagai pedagogi untuk pengembangan profesionalitas guru.

Tujuan-tujuan ini juga penting, untuk menciptakan hubungan konseptualisasi dan penerapan kebijakan. Sehingga dapat memenuhi visi pendidikan nasional.

Baca juga:
Kuliah Di Singapura Vs Australia, Mana Yang Akan Kamu Pilih?

Sistem Pendidikan di Singapura dari SD Sampai Universitas

Menurut Menteri Singapura, Tharman Shanmugaratnam, menyebutkan bahwa tujuan pendidikan di Singapura adalah mempertahankan nilai-nilai keunggulan juga mendorong generasi muda agar mampu menemukan hasrat dan mencapai keberhasilan sesuai kemampuan.

Model pendidikan di Singapura dari umur enam tahun, yaitu siswa masuk SD dengan masa belajar selama 10-11 tahun. Kemudian, melanjutkan pendidikan sekolah menengah selama 4-5 tahun. Selanjutnya, pelajar bisa memilih dua jalur pembelajaran kejuruan, politeknik, perguruan tinggi junior agar bisa sampai pada tingkat universitas.

Itulah informasi lengkap tentang model pembelajaran di Singapura. Sekarang, kamu sudah tahu bahwa alasan keberhasilan pendidikan di Singapura tidak lepas dari kemampuan negara tersebut dalam menerima bahwa masing-masing anak didik pasti berbeda dan punya kelebihan pada bidang tertentu. Sehingga, bisa mendorong para pelajar agar mencapai kemampuan terbaik sesuai kecepatannya.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan