Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pentingnya belajar bahasa inggris dengan membaca

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca

Belajar bahasa Inggris bukan hanya belajar kosakata dan grammar. Ini juga melibatkan penguasaan keterampilan seperti mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca. Bukan hal berlebihan bahwa belajar bahasa Inggris dengan membaca adalah keterampilan terpenting dalam mempelajari bahasa asing ini.

Membaca adalah hal penting, terutama jika kamu mencoba belajar bahasa Inggris. Bahkan, jika kamu dapat mendengarkan dan memahami kata-kata bahasa Inggris, kamu belum fasih berbahasa Inggris jika tidak tahu cara membacanya.

Mengapa Penting Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca?

Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Belajar bahasa Inggris dengan membaca akan memungkinkan kamu untuk fasih membaca teks yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Artinya, kamu akan memiliki akses ke hal-hal yang lebih menyenangkan untuk dibaca.

Nah, seberapa penting belajar bahasa Inggris dengan membaca?

Meningkatkan Kosakata

Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata yang kamu miliki. Kamu akan menemukan banyak kata baru saat membaca. Bahkan, kamu mungkin tidak membutuhkan kamus karena kamu bisa memahami kata-katanya dari konteks buku.

Dalam sebuah buku, satu kata bisa diulang beberapa kali. Pengulangan adalah kunci agar kamu lebih ingat dan memahami kata tersebut. Dengan demikian membaca akan memungkinkan kamu untuk memperluas kosakata dan menghafalnya dengan lebih baik.

Baca juga :
Pilihan Buku Untuk Belajar Bahasa Inggris

Meningkatkan Pemahaman Grammar

Membaca tentu sangat baik untuk memahami lebih banyak grammar. Mirip dengan kosata, saat membaca buku, kamu akan menemukan berbagai struktur grammar, baik yang sudah dikenal maupun yang baru, dalam berbagai konteks yang berbeda.

Kamu juga akan menemukan beberapa struktur berulang kali. Cara ini akan memperluas tata bahasa kamu dan dengan mudah bisa masuk ke ingatan.

Menambah Ilmu Secara Umum

Membaca penting untuk pembelajaran secara umum. Dengan membaca, kamu bisa mempelajari berbagai aspek lain dari bahasa tersebut. Misalnya, kamu bisa membaca definisi kata, deskripsi struktur tata bahasa, instruksi untuk menulis, atau saran umum tentang cara meningkatkan bahasa Inggris. Untuk melakukannya dengan sukses, kamu memerlukan pemahaman bacaan yang baik.

Baca juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Santai

Mengetahui Lebih Banyak Hal

Membaca adalah kunci untuk belajar tentang dunia. Banyak sumber bacaaan yang tersedia di internet, mulai dari berita, fiksi, situs web, forum, cerita, dan sebagainya.

Meningkatkan pemahaman bahasa Inggris dengan membaca akan membuka dunia pengetahuan yang luas. Ada lebih dari 80% informasi di internet yang menggunakan bahasa Inggris, sebagian bsar tersedia dalam bentuk teks. Kamu tentu membutuhkan keahlian membaca untuk hal tersebut.

Baca Juga:
Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online

Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca

Membaca adalah keterampilan kunci yang memperluas kosakata dan grammar, serta memberikan banyak latihan bahasa Inggris. Cara ini juga bisa sangat menyenangkan, sebab kamu bisa memilih banyak bahan bacaan, seperti buku, novel, situs web dan masih banyak lagi.

Kursus bahasa Inggris di ICAN English juga bisa membantu kamu memahami berbagai aspek dalam bahasa Inggris. Sebab, kelas intensif di sini dibimbing oleh tutor professional sehingga kamu bisa memahami materi dengan lebih mudah.

Ketika belajar bahasa Inggris dengan membaca, penting untuk membaca hal-hal yang ingin disukai. Di waktu luang, bacalah hal-hal yang kamu minati, seperti buku komik atau majalah atau juga buku dengan topik yang menurut kamu penting.

Untuk meningkatkan kosakata, kamu bisa memilih buku yang diterbitkan oleh penutur asli bahasa Inggris. Dengan membaca buku ini, kamu akan belajar mengenai kosakata dan struktur kalimat yang lengkap. Setelah memilih sebuah buku, periksa kembali tingkat kesulitannya dengan memastikan tidak lebih dari 10% kata yang tidak diketahui di dalamnya. 

Saat kamu berlatih membaca intensif, pilihlah teks yang cukup pendek dan menarik minat. Jika kamu memiliki teks yang sangat panjang atau tidak peduli dengan topiknya, kamu mungkin akan menyerah sebelum menyelesaikannya.

Selain membaca intensif, kamu juga perlu melakukan membaca ekstensif, yang berarti membaca dengan santai apa pun bahan bacaannya. Jangan stres. Jangan khawatir tentang arti setiap kata.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan