Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
perbedaan antara ielts academic dengan ielts general training

Perbedaan Antara IELTS Academic dengan IELTS General Training

Beranda / Bacaan Umum / Perbedaan Antara IELTS Academic dengan IELTS General Training

Nah, bagi kalian yang mungkin masih bertanya apa perbedaannya sih dari test IELTS ACADEMIC & GENERAL TRAINING? Apa dua-duanya sama bisa digunakan untuk fungsi yang sama atau malah bahkan test atau harganya yang beda?

Yuk simak..

Tujuan di selenggarakan test ielts pada dasarnya adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris seseorang. Dimana di dalam test ielts di simulasikan empat kemampuan berbahasa yang seharusnya bisa dikuasai jika ingin berkomunikasi dengan baik di dalam lingkungan berbahasa Inggris. Namun memang dalam kehidupan sehari hari biasanya setiap lingkungan atau bidang menggunakan tipe bahasa yang berbeda beda tergantung lingkungannya. Misalnya bahasa yang sering digunakan di dunia akademisi tentunya berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam dunia bisnis, begitupun bahasa dalam percakapan sehari hari sudah barang tentu berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam lingkungan akademisi dan lingkungan bisnis. Biasanya masing masing bidang lingkungan atau bidang mempunyai aturan tata bahasa yang berbeda beda termasuk juga pemilihan kosakatanya.

Begitupun dengan IELTS Test, Rupanya masih banyak yang bingung ketika diharuskan untuk mengikuti test ielts, Apakah harus ambil IELTS Academic module atau IELTS General Training lalu apa perbedaan antara ielts academic module dan general training ? Sangat disarankan sebelum mengikuti test ielts, sebaiknya mengetahui mana yang akan di ikuti apakah Academic atau general. Dengan mengetahui jenis ielts yang akan diikuti sudah barang tentu juga akan membantu dalam mengikuti persiapan test ielts  atau ielts preparation , karena akan lebih fokus dalam belajar dan berlatih soal soal ielts yang akan diujikan. Berikut perbedaan antara ielts academic module dan ielts general training:

Tujuan IELTS Academic Module dan IELTS General Training

IELTS Academic module digunakan bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikan di negara negara yanng menggunakana bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar. Melanjutkan pendidikan dalam berbagai level sepert : S1 atau Bachelor , S2 atau Postgraduate atau master, bahkan juga beberapa lembaga di luar negeri yang mengadakan kursus singkat atau short course mewajibkan ielts academic module sebagai syarat atau kelengkapan administrasi pada saat mendaftar. Biasanya nilai atau score IELTS untuk kuliah di luar negeri untuk jenjangs tratta satu atau S1 berkisar antara 5.5 – 6.5 tergantung dari institusi pada saat mendaftar, bahkan mungkin ada beberapa institusi yang meminta score ielts 7 untuk jenjang S1.

IELTS General Training bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dalam berbahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari hari, seperti lingkungan kerja ataupun dalam interaksi sosial. IELTS General Training lebih cocok bagi meraka yang akan bekerja di negara negara berbahasa Inggris atau pun bagi mereka yang akan mengikuti training singkat di negara negara berbahasa Inggris. Selain itu IELTS General Training biasanya juga di jadikan syarat atau kelengkapan administrasi bagi mereka yang akan mengurus keperluan immigrasi ke negara negara seperti : Australia, Inggris, Canada dan New Zealand. Nilai ielts atau score ielts untuk keperluan immigrasi cukup bervariasi tergantung dari kebijakan masing negara.

Baca juga : Apa Sih IELTS ?

Perbedaan  IELTS Academic Module dan IELTS General Training pada saat test

Yang berbeda pada ielts academic dan general training pada saat test adalah pada bagian Writing dan Reading. pada bagian Listening dan Speaking tidak terlalu berbeda jauh. Reading section pada academic module akan lebih panjang dan jauh lebih kompleks dan sulit baik bacaaan maupun pertanyaannya di bandingkan reading section pada ielts General Training yang cenderung lebih pendek dan lebih mudah untuk di cerna atau di mengerti bacaan dan pertanyaan nya.

Selanjutnya perbedaan ielts academic dan general training terletak pad bagian writing. Writing section pada academic module, anda harus bisa menjelaskan dan juga membaca sebuah grafik yang akan di tampilkan, disinilah kemampuan anda menganalisa sebuah table atau grafik akan diuji. Sedangkan writing section pada general module anda hanya akan di minta menjelaskan atau menyampaikan kembali serta mendeskripsikan suatu kejadian atau tema yang biasa nya topiknya tidak jauh dari kehidupan sehari hari.

Di atas telah di jelaskan perbedaan ielts academic module dan ielts general training. Dalam hal preparation akan lebih baik jika mengikuti ielts preparation untuk academic module, karena jika anda mengikuti ielts preparation yang academic module kemungkinan anda akan bisa mengerjakan ielts general training dengan baik. Tapi jika anda mengikuti ielts preparation untuk general training, tetapi pada saat test anda mengikuti yang academic module bisa di pastikan anda akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal soal academic module. Oleh sebab itu sebelum mengikuti ielts test pastikan anda sudah mengetahu module mana yang akan di ikuti.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan