Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test

Kenali Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

kenali perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika
Beranda / Jurusan / Kenali Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Jika selama ini kamu menganggap bahwa sistem informasi dan teknik informatika adalah jurusan yang sama, maka anggapan tersebut tidak tepat. Terdapat beberapa perbedaan antara jurusan sistem informasi dan teknik informatika yang wajib kamu pahami. Sehingga, kamu tidak akan salah pilih jurusan saat menjalani perkuliahan nanti.

Pekerjaan di bidang teknologi dibagi dalam beberapa bagian, termasuk pengembangan, teknik, dan bisnis. Gelar ilmu komputer biasanya dibagi dalam beberapa kategori yang sama. Misalnya, sistem informasi dan teknik informatika termasuk dalam ilmu komputer (computer science). Mahasiswa yang tertarik kuliah di bidang teknologi dapat mengambil salah satu jurusan tersebut.

Penjelasan Seputar Jurusan Sistem Informasi

Sistem informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai macam jaringan, perangkat keras, dan perangkat lunak yang digunakan dalam berbagai kegiatan manusia. Sistem informasi berhubungan dengan informasi data pengolahannya. Selain untuk interpretasi data, sistem informasi juga mengumpulkan, mengolah, dan mendistribusikannya.

Sistem Informasi (IS) adalah jurusan yang ideal untuk kamu yang mempunyai minat tinggi dalam ilmu komputer, bisnis, dan teknologi informasi. Selama perkuliahan, kamu akan belajar tentang desain efektif, penyampaian, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memecahkan masalah perusahaan, lembaga pemerintah, dan masyarakat.

Dengan menjadi mahasiswa Sistem Informasi, kamu akan membangun pengetahuan dasar dalam komputasi, komunikasi, dan pengembangan perangkat lunak. Kamu juga akan belajar tentang ilmu sosial, dan teori organisasi untuk mengembangkan cara berpikir kritis dan memahami pengaruh perubahan teknologi pada manusia.

Penjelasan Seputar Teknik Informatika

Teknik Informatika atau Information Engineering adalah disiplin ilmu yang luas berfokus pada inovasi teknologi. Misalnya, kamu akan belajar tentang telekomunikasi, arsitektur internet dan internet protokol, jaringan dan pengolahan multimedia, teknologi big data, keamanan siber, kriptografi, Internet of Things, dan Machine Learning.

Fokus jurusan teknik informatika adalah membangun sistem atau jaringan yang cerdas dan efisien agar dapat menghasilkan kebutuhan telekomunikasi, termasuk akses broadband. Dengan infrastruktur tersebut, akan lebih mudah mengembangkan aplikasi dan layanan cerdas untuk memudahkan kehidupan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari atau kebutuhan profesional yang didistribusikan dalam skala besar.

Lima Perbedaan Mata Kuliah yang Dipelajari

Untuk mengetahui perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika, kamu juga dapat mengetahuinya dari mata kuliah yang dipelajari. Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang akan kamu jumpai saat memilih jurusan sistem informasi:

1. Computer System

Kamu akan belajar tentang apa itu sistem operasi computer dan kegunaannya. Selama mempelajari mata kuliah tersebut, kamu akan belajar membandingkan perangkat lunak dan perangkat keras, memahami pentingnya CPU (Central Processing Unit), dan apa saja faktor yang dapat mempengaruhi performa komputer.

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk mempersiapkan para ahli teknologi agar mempunyai keahlian dalam mengolah sistem komputer. Selain itu, juga untuk mengembangkan aplikasi berbasis kebutuhan.

2. Programming in Java

Programming in Java adalah salah satu mata kuliah yang membantu para pelajar dalam mempelajari konsep programming dan menyelesaikan berbagai masalah kompleks. Mata kuliah ini membutuhkan keterampilan melakukan analisa, kesabaran, dan kemampuan memahami secara detil.

Java, adalah bahasa pemrograman yang telah dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995 dan saat ini merupakan milik Oracle. Java digunakan di berbagai platform termasuk Windows, Mac OS, dan berbagai versi UNIX.

3. Software Engineering

Software Engineering merupakan cabang ilmu komputer yang berkaitan dengan desain, uji coba, pengembangan, dan perawatan dalam perangkat lunak. Teknisi software akan menerapkan prinsip-prinsip teknik dan pemahaman dalam bahasa pemrograman untuk membuat solusi software yang berguna bagi para penggunanya.

Mata kuliah ini sangat membantu untuk memberikan pemahaman terkait struktur data, pemrograman komputer, statistik, algoritma, dan database. Software Engineering adalah mata kuliah yang harus dipelajari karena setiap sektor industri dan bisnis membutuhkan software yang dirancang secara khusus.

4. Information Strategy Management

Tujuan utama adanya mata kuliah Information Strategy Management adalah untuk memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai informasi, kegunaan mengolah informasi tersebut bagi bisnis, dan kegunaan menggunakan informasi sebagai sumber komunal strategis. Contoh nyata dari Information Strategy Management adalah ketika berbagai organisasi harus mengubah strategi IT mereka pada tahun 2020 karena adanya Pandemi.

5. Business Analysis and Solution Design

Business Analysis adalah perpaduan memperoleh informasi dari data menggunakan teknik spesifik, dan melakukan identifikasi kebutuhan bisnis. Dari dua hal tersebut, selanjutnya dapat dicapai perubahan dan solusi sesuai kebutuhan stakeholder.

Solution Design merupakan proses membuat dan menyampaikan solusi spesifik terkait peluang bisnis atau masalah bisnis. Untuk mencapai hal tersebut, maka mahasiswa akan belajar melakukan analisa ruang lingkup masalah dan peluang, arsitektur, desain, uji coba dan penerapan sollusi, serta evaluasi manfaat dan resikonya.

Untuk mahasiswa teknik informatika, lima contoh mata kuliah yang akan kamu temui adalah berikut:

1. Algorithmic Design

Mata kuliah ini mempelajari tentang pemrograman komputer atau ketika kamu tertarik belajar tentang bagaimana program komputer dapat berfungsi. Desain algoritma adalah salah satu dasar komputasi, dan algoritma digunakan untuk memecahkan masalah kompleks.

Algorithm Design adalah salah satu mata kuliah yang cukup sulit, tetapi bisa dipelajari. Apa yang membuat mata kuliah ini sulit dibandingkan mata kuliah lainnya adalah bagaimana intuisi dilibatkan dalam merancang dan analisa algoritma.

2. Computing Architecture

Arsitektur komputasi adalah sekumpulan aturan dan sistem yang mengatur bagaimaan sistem komputer dapat bekerja. Ada banyak komponen yang akan kamu pelajari termasuk instruksi dalam arsitektur, mikroarsitektur, dan impelementasinya.

Mata kuliah ini penting untuk membantu mahasiswa memiliki pemahaman dasar dalam memahami dan merancang sistem komputasi modern. Kemampuan ini juga berguna dalam organisasi dasar komputer, menerapkan teknik yang dibutuhkan dalam merancang mikroprosesor modern.

3. Operating Systems

Pengenalan perangkat keras sistem komputer dan sistem operasi membahas beberapa topik. Contohnya, prinsip dasar konsep sistem perangkat keras dan OS, dan bagaimana data dalam sebuah komputer.

Belajar Sistem Operasi bukanlah mata kuliah yang mudah. Dalam mata kuliah tersebut, kamu akan dibebankan dengan banyak tugas, waktu, dan membutuhkan keahlian ilmu Matematika.

4. Computer Network

Beberapa topik yang dibahas dalam mata kuliah Computer Network adalah Network Basics, Routing, Network Services, Wireless Network, Network Management, dan Security Technologies. Fokus mata kuliah adalah merancang dan menerapkan sistem informasi dan jaringan untuk kebutuhan bisnis. Dalam pembelajaran ini, membutuhkan pengetahuan tentang jaringan LAN, WAN, dan apa saja masalah yang berpotensi muncul.

5. Computer Systems Engineering

Kamu akan belajar tentang apa saja prinsip dasar sistem komputer. Keterampilan yang dibutuhkan adalah ilmu Matematika, Komputasi, Kontrol, Elektronik, Perangkat Lunak, dan sistem yang terhubung. Kamu juga akan mengembangkan, menguji, dan melakukan evaluasi komputer personal dan perangkat lunak dengan menggunakan pengetahuan ilmu teknik, ilmu komputer, dan kemampuan analisa.

Setelah lulus jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika, kamu dapat menyandang gelar Bachelor of Science (B.Sc.) atau Bachelor of Arts (BA). Gelar berbeda sesuai dengan tawaran universitas yang kamu pilih.

Lima Universitas Luar Negeri dengan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Berikut adalah daftar universitas luar negeri terbaik jurusan sistem informasi dan teknik informatika menurut QS World University Rankings 2023:

1. Massachusetts Institute of Technology

MIT unggul di bidang sains dan teknologi yang ada di Cambridge United States, berdiri pada tahun 1861. Saat ini, lembaga pendidikan tersebut mempunyai hingga 1,000 anggota fakultas dan lebih dari 11.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

MIT adalah lembaga swasta yang menawarkan lima sekolah, yaitu: Engineering; Science; Management; Architecture and Planning; Humanities, Arts, and Social Science). MIT mempunyai alumni yang telah membuka lebih dari 30,000 perusahaan aktif dan membuka hingga 4,6 juta lapangan pekerjaan.

2. Carnegie Mellon University

Berada di Pittsburgh United States, Carnegie Mellon University adalah universitas riset global yang unggul di bidang teknik, ilmu komputer, robotika, bisnis, humaniora, sains, dan seni. Universitas ini berdiri pada tahun 1900.

Fakultas dan mahasiswa bekerja bersama untuk menciptakan berbagai solusi yang menjawab tantangan nyata saat ini melalui pendekatan kolaboratif dan multidisiplin. Metode baru dalam pengajaran mendukung pendidikan yang menginspirasi. Saat ini, terdapat hingga lebih dari 100,000 alumninya tinggal dan bekerja di berbagai belahan dunia.

3. Stanford University

Stanford Unviersity berada di United States, berdiri pada tahun 1885 yang unggul dalam hal temuan, inovasi, kreativitas, dan layanan medis kelas dunia. Terdapat lebih dari 7.000 mahasiswa sarjana dan 9.000 mahasiswa pascasarjana memilih kuliah di Stanford setiap tahunnya.

Universitas tersebut menjadi salah satu universitas dengan kampus terbesar di US, dengan total 18 lembaga riset multidisiplin dan tujuh sekolah ditawarkan, yaitu: School of Medicine; Graduate School of Business; School of Humanities and Sciences; Law School; School of Earth, Energy & Environmental Sciences; School of Engineering; Graduate School of Education.

4. University of California, Berkeley

University of California, Berkeley disingkat UCB adalah pilihan selanjutnya jika kamu ingin kuliah di universitas riset negeri. Universitas ini berafiliasi dengan University of California system. Berkeley menjadi salah satu dari 14 anggota pendiri Association of American Universities dan menjadi lembaga riset kelas dunia.

Terdapat lebih dari 1,300 mahasiswa memilih tinggal di 17 rumah dan 3 apartemen yang berada di sekitar Berkeley Campus. Universitas ini mempunyai tiga per empat dari 40.000 mahasiswa yang memilih jurusan sarjana.

5. University of Oxford

Lokasi University of Oxford berada di United Kingdom, mempunyai 48 gelar sarjana pada berbagai macam disiplin. Kamu bisa memilih kuliah jurusan ilmu pengetahuan, humaniora, bahasa, hukum, hingga seni. Selain itu, ada juga program Honors untuk jurusan Filsafat, Teologi, Arkeologi, dan Antropologi.

Kuliah sarjana di University of Oxford dapat kamu selesaikan dalam waktu tiga tahun. Selama kuliah, kamu akan mendapatkan banyak metode pengajaran, termasuk metode ceramah, tutorial, hingga praktik di laboratorium.

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja perbedaan jurusan sistem informasi dan teknologi informatika. Teknologi Informatika berfokus pada desain dan manajemen sistem informasi, sedangkan teknologi informatika berfokus pada penerapan sistem-sistem tersebut. Agar kamu tidak salah pilih jurusan, manfaatkan layanan konsultasi gratis bersama ICAN Education Consultant.

Konsultasi GRATIS

Event Schedule

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan