Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
persiapan kuliah di luar negeri

Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri untuk menjadi impian dari banyak pelajar di Indonesia. Namun berbagai macam tantangan dan biaya untuk melanjutkan kuliah di luar negeri bisa menjadi pertimbangan. Apabila kamu memiliki kemampuan dalam bidang akademik, sebaiknya kamu melakukan persiapan kuliah di luar negeri dengan matang.

Program beasiswa di luar negeri bisa kamu dapatkan informasi lebih jelasnya di ICAN Education Consultant yang merupakan salah satu agen pendidikan luar negeri berkualitas bagus yang akan membantu kamu mempermudah untuk kuliah di luar negeri. 

Di luar negeri ini butuh persiapan yang cukup matang. Bahkan persiapan untuk menempuh pendidikan tinggi ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran. Banyak persiapan yang harus kamu lakukan, sehingga kamu kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi bisa didapatkan dengan mudah.

Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan sebelum melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, seperti berikut. 

Cari Banyak Informasi tentang Kampus Tujuan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi terkait kampus tujuan. Sebelum melakukan pendaftaran kamu harus memahami dengan baik tentang kampus yang yang dijadikan tujuan. Ada berbagai macam informasi penting yang harus diketahui oleh calon mahasiswa, seperti kualitas kampus, informasi program studi yang disediakan, jenjang pendidikan yang tersedia dan berbagai macam informasi penting lainnya.

Selain itu kamu juga harus mengetahui bagaimana lokasi kampus di negara tersebut, apa saja akomodasi terdekat di kampus, bahasa pengantar kuliah yang diajarkan di kampus tersebut, dan berbagai macam hal penting yang akan membantu kamu memperlancar perkuliahan di kampus tersebut.

Baca juga:
Persiapan Sebelum Menjalani Program Kuliah Di Luar Negeri

Siapkan Semua Syarat Kuliah

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melengkapi persyaratan kuliah di kampus tersebut. Biasanya persyaratan setiap kampus di negara berbeda-beda. Secara umum persyaratan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri ini seperti ijazah, transkrip nilai, visa dan Paspor, essay dan CV, letter of acceptance, TOEFL maupun IELTS, akta kelahiran, surat rekomendasi, dan lain sebagainya.

Jadi persyaratan tersebut sangat umum dan harus rapi serta terpenuhi, agar kamu mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Maka dari itu sangat penting untuk mempersiapkan semua persyaratan tersebut jauh-jauh hari sebelum proses pendaftaran dilakukan.

Coba Tulis Motivation Statement

Persiapan kuliah di luar negeri selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat motivation statement. Jadi, jika semua dokumen sudah tersusun rapi, kamu harus membuat motivation statement ya. Kamu harus memperhatikan motivasi di dalam tulisan tersebut untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

Digunakan untuk komitmen dan acuan mencapai target tujuan kuliah yang akan dijalankan. Selain itu, motivation statement adalah syarat penting untuk mengikuti program beasiswa.

Kamu bisa Menjelaskan alasan mengapa memilih kuliah di kampus tersebut dan program studi yang diambil. Kamu juga bisa menjelaskan apa saja skill yang kamu miliki. Pastikan bahwa penulisan tersebut harus mengeksplor dengan berbagai macam trik untuk mengisi motivation statement.

Prediksi dan Cari Solusi untuk Biaya Kuliah

Melanjutkan pendidikan tinggi juga harus memikirkan tentang pembiayaan. Biaya kuliah menjadi salah satu poin penting yang harus dipersiapkan. Banyak pelajar di Indonesia yang tidak mampu mewujudkan mimpi untuk kuliah di luar negeri karena alasan biaya.

Jadi kamu harus mempersiapkan semua kebutuhan biaya kuliah dengan detail. Bila biaya kuliah di luar negeri menjadi kendala, kamu bisa mencoba untuk mempersiapkan alokasi biaya di luar negeri dengan berburu beasiswa, mencari beasiswa parsial, atau program student loan.

Kuncinya adalah terus aktif dalam mengupdate berbagai macam informasi biaya perkuliahan dari kampus yang diinginkan. Tidak hanya memperhatikan biaya perkuliahan, kamu harus mengetahui biaya hidup di negara kampus tujuan. 

Persiapkan Diri dan Mental Kamu

Persiapan selanjutnya adalah mematangkan diri sendiri untuk melanjutkan pendidikan tinggi di negara asing. Kamu harus mempersiapkan berbagai macam potensi diri agar siap untuk melanjutkan studi di luar negeri. Kemampuan bahasa menjadi bagian paling penting dan Salah satu syarat untuk menjadi mahasiswa di luar negeri.

Kamu juga harus mempersiapkan diri Bagaimana cara bertahan hidup di negeri asing. Sebab bertahan hidup di negeri asing bisa menjadi salah satu proses penting dalam menempuh pendidikan tinggi.

Baca Juga:
Syarat Umum Yang Harus Dipenuhi Untuk Kuliah di Luar Negeri
Cara Mendaftar Kuliah Di Luar Negeri

Penutup

Disarankan agar kamu terus fokus dan menjaga motivasi sebagai proses perencanaan pendidikan. Jangan pernah melupakan tujuan dan target yang ingin kamu wujudkan untuk mengambil pendidikan di luar negeri.

Jadi kamu harus terus fokus dan tetap konsisten terhadap motivasi yang sudah dibangun. Maka dari itu, menggunakan jasa Ican education bisa membantu kamu untuk fokus dan mampu menghadapi berbagai macam proses tahapan seleksi masuk perguruan tinggi di luar negeri. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk persiapan kuliah di luar negeri. Siapkan diri dengan baik jauh-jauh hari akan membantu kamu mampu menghadapi berbagai macam tantangan. Tertarik untuk lanjut kuliah di luar negeri?

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan