Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Pertanyaan Seputar Kuliah di Luar Negeri, Ini Jawabannya!

Pertanyaan Seputar Kuliah di Luar Negeri, Ini Jawabannya!

Beranda / Perkuliahan / Pertanyaan Seputar Kuliah di Luar Negeri, Ini Jawabannya!

Tarik kuliah di luar negeri? Beberapa pertanyaan seputar kuliah di luar negeri yang mungkin terbersit di pikiran, dan kamu harus mencari tahu jawabannya dengan jelas. Jangan terburu-buru untuk mendaftar terlebih dahulu, jauh lebih baik jika kamu mencari informasi lebih banyak seputar perkuliahan di luar negeri.

Cobalah untuk menyusun daftar pertanyaan yang akan membantu mendapatkan jawaban pasti dan membuat kamu semakin yakin untuk kuliah di luar negeri. Tidak menemukan jawaban atas pertanyaan yang sudah kamu susun, maka melalui konsultan pendidikan akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan semua jawaban tersebut.

Melalui konsultan pendidikan, ada banyak sekali informasi yang perlu kamu ketahui seputar kuliah di luar negeri. Selain itu, konsultan pendidikan luar negeri yang baik juga akan memberikan berbagai macam layanan sehingga akan lebih mudah untuk melanjutkan studi di luar negeri.

10 Pertanyaan yang Sering Muncul Seputar Kuliah di Luar Negeri

Apabila sudah memutuskan untuk menggunakan agen pendidikan, maka ada beberapa pertanyaan yang harus kamu ajukan terlebih dahulu seputar perkuliahan di luar negeri, seperti berikut:

1. Kapan Waktu yang Tepat untuk Daftar ke Perguruan Tinggi Luar Negeri?

Pertanyaan yang paling umum dan harus kamu tanyakan kepada agen pendidikan adalah Kapan waktu yang tepat untuk mulai mendaftar ke perguruan tinggi luar negeri. Pada umumnya kamu akan disarankan untuk merencanakan pendaftaran 1 tahun sebelumnya. Karena dengan durasi yang panjang akan lebih mudah bagi kamu untuk mempersiapkan diri dan mengikuti berbagai macam tes masuk maupun mendaftar untuk program beasiswa jika tersedia.

Selain itu, kamu juga bisa merencanakan untuk membeli tiket, mengurus visa, dan melakukan banyak persiapan penting lainnya. Sangat penting untuk menanyakan agen pendidikan batas akhir pendaftaran dari universitas-universitas yang menjadi minat kamu untuk kuliah di luar negeri. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jurusan yang menyediakan satu kali gelombang masuk untuk 1 tahun.

Baca juga : Mengurus Visa Pelajar Ke Luar Negeri

2. Persyaratan Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Kuliah di Luar Negeri?

Selain itu, cobalah untuk mempertanyakan persyaratan apa saja yang harus disiapkan sebelum mendaftar di kampus tujuan. Biasanya pihak agen pendidikan akan memberikan beberapa persyaratan sesuai dengan perguruan tinggi yang kamu Minati. Secara umum, persyaratan yang dibutuhkan seperti berikut:

  • Persiapan niat dan mental
  • Persiapan suruh materi menjadi syarat, seperti IPK, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, dan lain sebagainya.
  • Mempersiapkan berkas-berkas pendukung
  • Memantapkan pilihan pada jurusan, universitas, dan negara tujuan.

Masih banyak syarat lainnya yang harus disiapkan, jadi sebaiknya jika memiliki keinginan untuk kuliah di luar negeri maka konsultasikan jauh-jauh hari.

3. Jika Finansial Kurang Memadai, Adakah Peluang Kuliah di Luar Negeri?

Banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk kuliah di luar negeri, tetapi masih terhambat dengan biaya perkuliahan yang cukup mahal. Melalui agen pendidikan, kamu bisa berkonsultasi terkait biaya perkuliahan di kampus favorit luar negeri. Jika memang dari keluarga yang kurang mampu, coba tanyakan apakah ada peluang untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Biasanya beberapa agen pendidikan memberikan opsi untuk mengikuti program beasiswa baik dari lembaga swasta maupun Pemerintah. Tidak hanya Membantu biaya perkuliahan kamu di luar negeri, tetapi juga bisa mendapatkan uang bulanan untuk mengcover kebutuhan para penerima beasiswa.

Informasi beasiswa di agen pendidikan jauh lebih valid, kamu juga bisa mempertanyakan seputar syarat beasiswa yang bisa dicoba.

4. Bagaimana Reputasi Universitas Tujuan?

Kuliah di luar negeri juga harus mempertimbangkan reputasi universitas yang menjadi tujuan. Agen pendidikan akan menunjukkan peringkat dari universitas yang menjadi tujuan kamu. Peringkat universitas adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan bagi pelajar internasional. Melalui peringkat universitas, tentu mudah bagi kamu untuk menentukan studi ke luar negeri.

Memahami kualitas dan kredibilitas dari program gelar yang ditawarkan bisa membantu mempengaruhi kesiapan dan prospek kerja kamu setelah menyelesaikan studi.

5. Bagaimana Cara Menentukan Kampus Terbaik di Luar Negeri?

Jika memiliki cita-cita untuk kuliah di Inggris, tetapi ketika mengevaluasi data profil, kemudian agen pendidikan menyarankan untuk kuliah di Australia. Mungkin kamu akan mengalami dilema untuk menentukan negara mana yang akhirnya menjadi tujuan studi.

Jadi ketika akan menentukan destinasi perkuliahan, ada beberapa faktor yang akan menjadi pertimbangan, seperti kualifikasi akademik kamu, keuangan, jurusan yang diinginkan, serta prospek kerja setelah lulus kuliah.

Jadi jika pihak agen memberikan pertimbangan untuk mendaftar di negara lain, maka hal tersebut tentu juga penuh pertimbangan ya. Kamu bisa meminta alasan dari pihak agen pendidikan memberikan pertimbangan negara tertentu untuk menjadi tujuan studi.

6. Berapa Biaya Kuliah di Luar Negeri?

Pertanyaan seputar kuliah di luar negeri yang harus diberikan kepada agen pendidikan adalah Berapa biaya perkuliahan di luar negeri. Jika biaya kuliah sudah tertera di brosur maupun situs universitas, maka kamu sudah tahu kisarannya. Tetapi bagaimana dengan biaya hidup di negara tersebut?

Konsultan pendidikan akan memberikan informasi secara rinci biaya hidup di negara pilihan kamu dan biaya perkuliahan yang dibutuhkan. Dengan bantuan agen pendidikan kamu juga bisa menganggarkan biaya yang perlu dipersiapkan. Tanyakan juga seputar peluang untuk kerjasama kuliah sehingga bisa meringankan biaya kuliah di luar negeri.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Kuliah Di Luar Negeri

7. Ujian Apa Saja yang Perlu Diikuti?

Kamu juga harus tahu tentang ujian apa saja yang perlu diikuti untuk bisa kuliah di luar negeri. Secara umum ada dua jenis ujian yang perlu diikuti agar bisa mendaftar di universitas luar negeri. Pertama ada ujian bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL, PTE, dan lain sebagainya. 

Selanjutnya juga ada ujian standarisasi, seperti GRE, SAT, GMAT, dan lain sebagainya. Kamu akan mendapatkan arahan dari agen pendidikan untuk mengikuti ujian-ujian yang dibutuhkan, sehingga daftar kuliah di luar negeri juga lebih mudah.

8. Kesulitan Apa yang Mungkin Ditemukan Ketika Kuliah di Luar Negeri?

Sebagai pelajar internasional yang pertama kali tinggal di lingkungan asing mungkin akan membuat kamu merasa bingung dan kurang nyaman. Tidak menutup kemungkinan ada beberapa masalah yang akan dihadapi, seperti kesepian, kangen rumah, budaya yang jauh berbeda, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu tentu lebih mudah untuk beradaptasi, karena kamu dituntut untuk lebih dewasa.

9. Apakah Ada Akomodasi yang Bisa Didapatkan?

Nah, akomodasi juga penting untuk ditanyakan ya. Akomodasi akan menjadi tempat tinggal selama kamu kuliah di luar negeri, jadi pihak agen akan memberikan bantuan untuk mendapatkan akomodasi. 

Biasanya setiap universitas di luar negeri akan memiliki tim tersendiri yang akan membantu mahasiswa internasional untuk mendapatkan akomodasi. Mahasiswa internasional lahan pertama akan dijamin dan diterima di asrama kampus.

Jika tidak kamu juga bisa menanyakan beberapa pilihan akomodasi lain, misalnya seperti tinggal di luar kampus, menyewa apartemen, kamar atau homestay, dan lain sebagainya.

10. Bagaimana Cara Mendapatkan Skor Sertifikat Bahasa Inggris yang Sesuai

Selanjutnya Bagaimana cara untuk mendapatkan skor sertifikat bahasa Inggris yang sesuai? Kemampuan berbicara bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi. Agar bisa lulus ujian kemampuan bahasa Inggris maka harus rajin melakukan latihan-latihan terkait tes yang akan diujikan.

Kamu bisa meminta bantuan lembaga bimbingan belajar atau pada para ahli untuk bisa mendapatkan skor bahasa Inggris sesuai kebutuhan.

Baca juga:
Syarat Umum Untuk Dapat Kuliah Di Luar Negeri
Sukses Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan yang Tepat

Penutup

Ada berbagai macam pertanyaan seputar kuliah di luar negeri yang harus dipahami oleh calon pelajar internasional. Kamu harus paham bagaimana prosedur untuk bisa kuliah di luar negeri dan mempersiapkan diri serta berbagai macam persyaratan lainnya. 

Meminta bantuan agen pendidikan luar negeri ICAN Education adalah pilihan yang tepat. Selain bisa membantu menjawab semua pertanyaan, agen pendidikan juga akan memberikan kemudahan dengan membantu mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Ada berbagai macam tips dan solusi menarik yang bisa membuat kamu kuliah di luar negeri lebih mudah.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan