Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
ranking universitas di australia

Ranking Universitas di Australia

Beranda / Bacaan Umum / Ranking Universitas di Australia

Sebanyak 38 universitas di Australia masuk dalam QS World University Rankings 2024, dengan sembilan di antaranya masuk dalam 100 universitas terbaik di dunia. University of Melbourne adalah universitas terbaik di Australia, dengan skor indikator tertinggi untuk rasio mahasiswa internasional dan reputasi akademik.

Mengapa Harus Kuliah di Australia?

Belajar di Australia menawarkan banyak kesempatan bagi pelajar dari seluruh dunia. Mulai dari universitas kelas dunia hingga pemandangan alam yang indah, ada banyak alasan mengapa belajar di Australia adalah pilihan yang tepat. Berikut  alasan mengapa harus mempertimbangkan belajar di Australia:

Kualitas pendidikan

Australia adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik di dunia, banyak di antaranya masuk dalam peringkat 100 terbaik dunia seperti University of Melbourne, University of Sydney, UNSW Sydney, Monash University dan University of Queensland. Universitas-universitas Australia menawarkan beragam program dan program studi, mulai dari tingkat sarjana hingga pascasarjana, dan terkenal dengan pendidikan dan penelitiannya yang berkualitas tinggi.

Lingkungan Multikultural

Australia adalah negara multikultural, dan hal ini tercermin dari keberagaman populasi siswanya. Pelajar internasional dari seluruh dunia datang untuk belajar di Australia, memberikan kesempatan unik untuk belajar dan tumbuh dalam lingkungan yang inklusif dan beragam.

Pengakuan internasional

Gelar dan kualifikasi Australia diakui dan dihormati secara internasional. Artinya, setelah menyelesaikan studi di Australia, kamu akan memiliki aset berharga dalam hal mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan.

Biaya Hidup Terjangkau

Dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat atau Inggris, biaya hidup di Australia relatif terjangkau. Ini termasuk biaya akomodasi, makanan, dan transportasi.

Peluang Kerja

Pelajar internasional di Australia diperbolehkan bekerja paruh waktu hingga 40 jam per dua minggu selama masa studi, dan penuh waktu selama libur semester. Hal ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga dan mendapatkan uang untuk menghidupi diri mereka sendiri selama belajar.

Baca juga:
Seputar Jurusan Hubungan Internasional Di Australia

5 Ranking Universitas di Australia Menurut QS World University

Pemeringkatan QS untuk universitas-universitas Australia juga telah dipisahkan berdasarkan subjek dan kelayakan kerja lulusan untuk tahun 2022-23. Saat ini, hanya pemeringkatan berdasarkan universitas untuk tahun 2024 yang tersedia. Padahal, pemeringkatan THE hanya didasarkan pada pemeringkatan global dan pemeringkatan nasional yang dirilis tahun 2023 untuk universitas-universitas Australia.

Berikut peringkat terbaru universitas-universitas Australia:

1. The University of Melbourne

university of melbourne ranking universitas di australia

Berperingkat ke-14 di dunia, University of Melbourne adalah universitas terbaik di Australia pada tahun 2024. Universitas ini mengungguli institusi-institusi Australia lainnya dalam hal reputasi akademis dan reputasi pemberi kerja, serta menduduki peringkat kedua dalam hal hasil ketenagakerjaan setelah UNSW.

Seperti halnya banyak universitas di Australia, mahasiswa dapat mengharapkan lingkungan kampus yang sangat internasional. Lebih dari 8.000 staf akademik dan profesional mendukung badan mahasiswa yang berjumlah sekitar 65.000 orang, termasuk 30.000 mahasiswa internasional dari lebih dari 130 negara di seluruh dunia.

2. University of New South Wales

University of New South Wales ranking universitas di Australia

Tidak ada universitas di Australia yang memiliki skor lebih tinggi untuk jaringan penelitian internasional dibandingkan Universitas New South Wales dan hanya Universitas Western Australia yang memiliki kinerja lebih tinggi dalam hal kutipan penelitian.

Selain memberikan penekanan besar pada penelitian, universitas ini juga menawarkan mahasiswanya hasil karir yang luar biasa. Lulusan UNSW mempunyai tingkat pekerjaan penuh waktu lulusan tertinggi ketiga dan gaji tertinggi di antara universitas-universitas yang berbasis di Sydney dan Go8.

3. University of Sydney

university of sydney ranking universitas di australia

Dua universitas berikutnya berada di peringkat 20 besar dunia dan sama-sama berada di peringkat ke-19, menjadikan mereka sama-sama menduduki peringkat kedua terbaik di Australia.

Yang pertama, University of Sydney didirikan pada tahun 1850 sebagai universitas pertama di Australia dan juga merupakan anggota Kelompok Delapan, universitas dengan penelitian paling intensif di Australia.

4. Australian National University

Australian National University ranking universitas di Australia

Sebelumnya menduduki peringkat universitas terbaik di Australia, ANU harus puas menempati peringkat keempat tahun ini. Kampus utamanya terletak di Acton, Canberra, tetapi terdapat juga kampus di New South Wales dan Northern Territory.

Masing-masing dari tiga universitas di atas ANU tahun ini memiliki skor lebih tinggi untuk keberlanjutan dan reputasi pemberi kerja.

5. Monash University

Monash University ranking universitas di australia

Berperingkat hanya satu tingkat di atas University of Queensland secara global, Monash University sebagian besar berbasis di Melbourne namun memiliki lima kampus di negara bagian Victoria dan dua kampus di luar negeri, di Malaysia dan Afrika Selatan.

Universitas ini merupakan salah satu universitas Australia yang meraih nilai sempurna untuk internasionalisasi fakultas dan kemahasiswaan, sedangkan nilai terbaik berikutnya adalah perbandingan antara reputasi akademis dan kutipan penelitian.

Di bawah universitas-universitas ini, masih ada beberapa universitas Australia lainnya yang masuk dalam 100 besar ranking dunia. Namun, untuk 10 besar universitas di Australia di antaranya adalah The University of Queensland, The University of Western Australia, The University of Adelaide,  University of Technology Sydney dan Macquarie University (Sydney, Australia).

QS Subject Rankings 2023 untuk Universitas Australia

Selain ranking dunia, QS juga menerbitkan ranking untuk subjek mata kuliah yang paling diminati dan terbaik di Australia. Karena QS juga memberi peringkat pada universitas-universitas berdasarkan mata pelajaran individu di lima bidang studi yang luas di bawah 52 konsentrasi, maka tentu saja universitas-universitas Australia juga memberi peringkat pada bidang-bidang ini. Mata pelajaran teratas yang mendapat peringkat luar biasa dari universitas-universitas Australia pada tahun 2023 berdasarkan pemeringkatan mata pelajaran QS adalah sebagai berikut:

  • UNSW Sydney berada di peringkat #21 untuk Akuntansi dan Keuangan di antara 18 Universitas Australia lainnya.
  • University of Queensland menduduki peringkat #1 untuk program studi Pertanian dan Kehutanan di Australia, namun peringkat #19 secara global, turun tiga poin dari peringkat #16. 
  • Untuk mata pelajaran Fisiologi dan Anatomi, University of Sydney berada di peringkat #13 secara global di antara sembilan universitas Australia lainnya pada tahun 2023, mencatat penurunan satu poin.
  • Australian National University berada di peringkat #8 secara global untuk Antropologi dan delapan universitas Australia lainnya juga mendapat peringkat untuk mata pelajaran ini tetapi di bawah ANU.
  • University of Melbourne berada di peringkat #37 untuk Studi Bisnis dan Manajemennya, turun tiga poin lagi, dan juga peringkat untuk kursus Arsitektur di peringkat #23, naik satu poin sejak tahun 2022.
  • Meskipun UniMelb kehilangan dua peringkat pada peringkat tahun 2022, dan menempati peringkat #41 untuk kursus Ilmu Komputer & Informasi pada tahun 2023.

Berbicara tentang peringkat universitas-universitas Australia menurut QS, universitas-universitas tersebut berfluktuasi setiap tahun, baik di posisi yang sama atau berubah dari posisi peringkat yang lebih tinggi ke posisi peringkat yang lebih rendah. Pemeringkatan hanyalah gambaran umum tentang parameter dasar pemeringkatan universitas dan pada akhirnya merupakan kebijaksanaan pelamar yang mendaftar ke universitas tersebut.

Baca juga : Universitas Bergengsi Di Australia Menurut QS World University Ranking

Tips Menentukan Universitas di Australia

Ranking universitas Australia yang tinggi membuat banyak mahasiswa internasional memilih negara ini untuk berkuliah. Nah, tapi ada beberapa tips menentukan universitas di Australia yang bisa kamu lakukan agar menemukan kampus yang tepat. Berikut beberapa tipsnya:

Penerimaan Universitas

Seperti pelajar Australia, kamu mempunyai pilihan untuk mulai masuk universitas pada semester pertama (Maret-Juni) atau semester kedua (Juli-Oktober).

Jika ingin memulai pada semester pertama, lamaran kamu harus sudah sampai ke universitas paling lambat bulan Desember. Sebagian besar pelajar dalam negeri akan menerima lamarannya jauh lebih awal, dan hal ini sering kali merupakan ide yang baik, karena universitas dapat kembali dengan keputusannya hanya beberapa minggu kemudian.

Batas waktu terakhir untuk memulai semester kedua adalah pada bulan Mei, namun sekali lagi, sebaiknya tidak menunggu terlalu lama.

Selain mengisi formulir pendaftaran secara online, melalui surat atau secara langsung, kamu juga harus membayar biaya pendaftaran satu kali, dan dalam sebagian besar situasi, memberikan hasil tes Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, seperti TOEFL atau IELTS.

Anggaran Kuliah

Untuk mempelajari gelar sarjana, kamu memerlukan biaya kuliah antara A$15,000 dan A$33,000 per tahun. Namun kamu tidak perlu membayar semuanya sendiri. Terdapat sejumlah beasiswa pemerintah Australia dan peluang pendanaan langsung dari universitas yang dapat membantu kamu memenuhi biayanya.

Secara khusus, beasiswa Australia Awards hanya tersedia bagi pelajar internasional dari Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Pasifik. Tanggal penutupan pendaftaran sebagian besar adalah pada bulan April, namun hal ini berbeda untuk setiap negara.

Baca juga : Sembilan Peringkat Teratas Universitas Di Australia

QILT untuk Universitas Australia

Quality Indicators for Learning and Teaching (QILT) adalah ukuran efektif yang diperkenalkan oleh Pemerintah Australia yang memberikan statistik rinci tentang umpan balik mahasiswa dalam aspek teknik pengajaran, tingkat pekerjaan, kepuasan mahasiswa, dan tingkat kelulusan universitas. Data per tahun yang disediakan di sini dapat membantu siswa mengetahui lebih banyak tentang universitas favorit mereka dan dengan demikian membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

Nah, jadikan poin-poin ini sebagai acuan untuk memilih universitas di Australia agar kamu bisa menemukan universitas yang tepat.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
SIM
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan