Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tes masuk universitas di amerika untuk siswa internasional

Tes Masuk Universitas di Amerika Untuk Siswa Internasional

Beranda / Perkuliahan / Tes Masuk Universitas di Amerika Untuk Siswa Internasional

Sebagian besar perguruan tinggi dan universitas di Amerika akan mengharuskan mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang mendaftar untuk mengambil satu atau lebih tes masuk standar. Tes masuk universitas di Amerika ini terdiri dari beberapa jenis. Tes ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan kamu selama berada di masa kuliah mendatang.

Universitas umumnya menentukan kemampuan seorang mahasiswa internasional setelah meninjau semua kriteria, termasuk apakah kemampuan bahasa Inggrisnya cukup untuk berhasil menyelesaikan program akademik mereka. Beberapa sekolah mungkin memberi bobot lebih pada nilai ujian siswa.

Apa Saja Tes Masuk Universitas di Amerika?

Tingkat keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam studi sarjana atau pascasarjana bervariasi menurut bidang atau departemen. Institusi sering melihat komponen skor tes yang terpisah karena mungkin ada perbedaan yang signifikan di antara mereka.

Misalnya, satu siswa mungkin mendapat skor rendah pada ukuran verbal tetapi tinggi pada ukuran matematika dari sebuah tes, sementara siswa lain mungkin mendapat skor sebaliknya. Departemen bahasa Inggris dan departemen teknik akan mempertimbangkan siswa ini secara berbeda.

Untuk penerimaan sarjana, tes masuk universitas di Amerika yang diperlukan biasanya meliputi:

Scholastic Assessment Test (SAT)

Scholastic Aptitude Test juga dikenal sebagai SAT, diambil oleh siswa sekolah menengah atas dan senior yang mendaftar ke perguruan tinggi dan universitas. Ujian ini dapat diambil secara internasional enam kali dalam setahun. Tes ini sendiri adalah tes yang diakui secara global yang menerima siswa ke perguruan tinggi dan universitas di seluruh Amerika Serikat.

Masing-masing dari tiga sesi yang diuji pada SAT diberi skor secara terpisah. Skor digabungkan untuk membentuk skor SAT keseluruhan. Perguruan tinggi dan universitas melihat skor masing-masing keterampilan secara terpisah serta skor SAT keseluruhan. Sesi pada tes ini termasuk membaca, menulis dan matematika.

Ujian SAT mengharuskan siswa menjawab dengan jawaban yang benar. Satu poin diberikan untuk setiap pertanyaan yang dijawab dengan benar. Untuk jawaban pilihan ganda yang salah, poin dikurangi. Jawaban yang harus dihitung terlebih dahulu dan salah, maka akan diberikan poin nol.

Untuk soal yang dihilangkan, peserta tes tidak mendapatkan poin positif atau pengurangan poin, hanya nol poin untuk setiap soal. Dalam kasus ini, siswa tidak boleh menebak jawaban, melainkan melewatkan pertanyaan yang mereka tidak tahu bagaimana menjawabnya.

Skor mentah berkisar antara 20-80 poin per setiap bagian matematika. Sedangkan untuk soal membaca, maka skor adalah pada skala 200-800. Bagian menulis esai didasarkan pada skala 0-6, 6 sebagai skor tertinggi.

Baca juga:
Universitas Untuk kuliah Murah Di Amerika

American College Testing (ACT)

Ujian ACT, atau American College Test, adalah ujian berstandar nasional yang berfungsi sebagai pengukuran bakat dan pemikiran kritis. Perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat dengan cermat meninjau hasil ujian saat menerima siswa ke sekolah. Skor ACT merupakan faktor pertimbangan yang penting. Oleh karena itu, kinerja yang baik di ACT adalah komponen kunci untuk masa depan kamu.

Ujian ACT terdiri dari empat bagian yang berbeda, serta satu bagian penulisan opsional. Beberapa sekolah merekomendasikan mengambil bagian penulisan opsional ini, sementara yang lain tidak. Empat bagian dalam tes ini adalah Matematika, Bahasa Inggris, Membaca, Ilmu Pengetahuan dan Menulis (opsional).

Semua soal adalah pilihan ganda dan Matematika memiliki lima pilihan ganda, sedangkan yang lainnya hanya empat. Sementara itu, bagian penulisan adalah prompt esai.

Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

TOEFL adalah ujian masuk yang digunakan oleh beberapa sekolah terkemuka untuk memastikan kemampuan siswa internasional dalam bahasa Inggris. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan bahasa dengan menguji kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.

Kamu akan mendapatkan hasil sekitar sepuluh hari setelah mengikuti ujian. Tes ini diberi skor dari 0 hingga 120, dengan masing-masing dari empat bagian dihitung masing-masing 30 poin. Sebagian besar universitas akan mengharuskan siswa untuk memiliki standar nilai minimum yang telah mereka tetapkan. Universitas top mungkin memerlukan skor 100 agar dapat diterima.

Tes masuk universitas di Amerika berlaku untuk semua universitas yang ada di negara ini. Butuh informasi lebih lanjut? Kamu bisa menghubungi tim ICAN Education Consultant dan lakukan konsultasi kuliah luar negeri. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Alasan Memilih Universitas di Amerika

Amerika sudah lama terkenal dengan sistem pendidikan yang berkualitas dan banyak universitas di negara ini memiliki reputasi yang sangat baik.

Banyak universitas di negara ini secara konsisten mendapat peringkat yang bagus dalam ranking dunia. Perguruan tinggi Amerika memiliki praktik yang ketat untuk menjaga kualitasnya.

Sesuai QS World Ranking 2019, sebanyak 33 dari 100 universitas teratas berasal dari Amerika. Demikian pula, Times Higher Education Ranking juga menempatkan tujuh universitas Amerika dalam daftar 10 universitas teratas.

Universitas dan perguruan tinggi Amerika menawarkan banyak kursus dan program. Setiap siswa memiliki kebebasan untuk memilih konten kursus, beserta dengan strukturnya selama kuliah di Amerika.

Di tingkat sarjana, kamu bisa memilih kursus yang berbeda sebelum memilih jurusan yang sesuai inat. Ini membantu untuk mengeksplorasi minat subjek kamu. Demikian pula, untuk studi pascasarjana, kamudapat memilih preferensi kamu sendiri.

Universitas-universitas Amerika memahami perjuangan mahasiswa internasional dan oleh karena itu mengadakan program orientasi, lokakarya dan pelatihan secara teratur untuk menawarkan bantuan. Faktanya, kantor mahasiswa internasional membantu mahasiswa untuk terbiasa dengan gaya hidup baru di negara ini.Keuntungan Kuliah di AmerikaJutaan pelajar internasional telah memilih Amerika sebagai tujuan studi mereka. Jika Anda bertanya-tanya apa alasan yang menarik jutaan pelajar ke AS, mari cari tahu alasan utama mengapa pelajar internasional ingin belajar di AS.

Standar Akademik yang Tinggi

Universitas-universitas di Amerika termasuk di antara universitas-universitas terbaik di dunia. Universitas-universitas ini meraih peringkat teratas dengan mengembangkan dan mempertahankan standar akademik yang tinggi.

Sistem Pendidikan Fleksibel

Institusi di Amerika terkenal menghadirkan sistem pendidikan yang fleksibel. Siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai bidang minatnya. Dengan cara ini, mereka dapat memutuskan jurusan mata pelajaran mereka. Jenis sistem pendidikan ini ditawarkan di AS.

Laboratorium Penelitian Sangat Maju

Universitas-universitas di AS memiliki laboratorium penelitian yang sangat maju yang memfasilitasi ruang lingkup penelitian dan inovasi yang tak tertandingi. Mahasiswa institusi Amerika menerbitkan makalah penelitian paling banyak setiap tahunnya. Ada beberapa dana yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk penelitian.

Belajar di AS akan memungkinkan kamu bekerja di profesi yang kamu minati dan meraih peluang terbaik. Belajar di negara ini akan membantu kamu memanfaatkan semua manfaat yang disebutkan di atas.

Baca juga:
Kampus Terbaik di Amerika untuk Siswa Internasional
Kuliah Di Universitas Top Amerika: Edmonds College Info Session

Penutup

Kamu dapat memilih dari berbagai kursus dan mengembangkan rencana studi tertentu. Jika kamu tidak yakin dengan jurusan yang akan dipilih, pertimbangkan untuk mendaftar ke universitas di Amerika Serikat. Selama dua tahun pertama, kamu akan diberikan kemungkinan untuk mengambil kelas di berbagai mata pelajaran di bawah filosofi “seni dan sains liberal” sebelum berkonsentrasi pada satu bidang studi tertentu.

Amerika mempunyai posisi yang berpengaruh di antara institusi pendidikan dengan peringkat terbaik secara global. Hal ini sebagian disebabkan oleh tingginya tingkat pendanaan dan dukungan yang dimiliki universitas-universitas AS. Namun, ini juga merupakan masalah akademis yang tinggi dan persyaratan ketat yang mereka berikan kepada siswanya.

Universitas-universitas Amerika dengan berani berupaya setiap tahun untuk mengubah pendidikan yang mereka berikan sehingga mahasiswa asing dari seluruh dunia siap untuk kembali ke negara asal mereka dan menemukan peluang karir yang sangat baik.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan