Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips memilih universitas di australia

Tips Memilih Universitas di Australia

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips Memilih Universitas di Australia

Australia sampai saat ini masih menjadi destinasi favorit bagi pelajar Internasional sebagai tempat kuliah. Terdapat sekitar 700 ribu lebih pelajar internasional yang kuliah di berbagai universitas di Australia. Australia merupakan negara yang penuh dengan keramahan serta padat aktivitas dan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pelajar internasional yang kuliah di Australia guna mendapatkan pengalaman yang unik.

Sebenarnya tidak perlu ditanyakan lagi mengenai kualitas dan reputasi pendidikan yang terdapat pada universitas di Australia, sudah sangat terbukti banyak universitas di Australia yang masuk dalam ranking  universitas terbaik di dunia. Telah ada sekitar 7 universtas di Australia yang berada dalam ranking 200 besar untuk kategori universitas terbaik di dunia. Sebut saja University of Melbourne serta Australian National University yang berada di peringkat 37 dan 38.

Tips Memilih Universitas yang Tepat di Australia

Cukup banyak sekali universitas di Australia yang dapat menjadi destinasi Anda untuk melanjutkan pendidikan. Diantara begitu banyak pilihan universitas dan jurusan yang tersedia di Australia mungkin hal ini membuat Anda cukup bingung dalam menentukannya . Berikut ada Tips Memilih Universitas di Australia dengan tepat.

Pengalaman seperti apa yang Anda inginkan

Akan sangat cukup banyak pengalaman kuliah Anda yang berlangsung diluar kampus. Untuk dari itu caritahulah seperti apa pengalaman para mahasiswa disana secara umum; apakah mereka memiliki suatu club atau komunitas tertentu? Apakah ada untuk student exchange, internship? Cari tahu juga apakah disana ada layanan untuk mahasiswa mencakup perpustakaan, fasilitas untuk olahraga, serta layanan kesehatan.

Waktu yang paling tepat untuk mencari informasi ini adalah ketika adanya Open House, karena pada kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk melihat-lihat kampusnya dan bebas untuk bertanya tentang aktifitas EkSkul yang ditawarkan.

Lakukanlah apa yang Anda sukai

Terpenting ialah jurusan apa yang akan Anda ambil. Jika Anda memilih universitas di Australia tanpa berfikir lebih dalam, lalu di kemudian hari Anda baru tersadar bahwa jurusan yang dipilih tidak diminati, otomatis Anda akan menjalani kedepannya pun akan terasa berat.

Jangan membuat suatu keputusan hanya dengan berdasarkan hasil ujian sekolah (SMA)

Bagi para calon mahasiswa yang berencana kuliah di Australia agar tidak membuat kesalahan dalam mencocokan sebuah jurusan dengan Ranking Penerimaan Perguruan Tinggi (ATAR). Perlu di ingat bahwa skor penerimaan adalah indikator pelamar dari sebuah jurusan dan bukanlah suatu kualitas inhern dari jurusan tersebut. Syarat masuknya adalah perbandingan antara jumlah kursi yang tersedia dengan jumlah calon para mahasiswa yang akan menjalani kuliah di jurusan tersebut. Hal tersebut tidak berarti bahwa gelar yang memiliki nilai penerimaan lebih rendah menjadi kurang prestisius atau kurang tepat.

Baca Juga: Ranking Universitas di Australia

Peringkat universitas antara penting dan tidak

Memang sejumlah universitas di Australia menempati peringkat atas di semua sistem peringkat global, kriteria dan bidang jurusan. Menurut data yang tercatat dalam QS World University Ranking, ada 8 universitas di Australia masuk dalam 100 besar universitas top dunia.

Sebagian besar skema dalam menentukan ranking universitas internasional berdasarkan hasil penelitian, bukan dari sistem pengajarannya. Sistem pengajaran yang bagus cukup sulit untuk diukur atau masuk dalam peringkat, jadi peringkat universitas tersebut bukan indikator yang cukup bagus diharapkan bagi mahasiswa potensial.Intinya apakah Anda mencari pendidikan yang bisa disesuaikan dengan aktifitas lainnya dan dilakukan secara online? Ataukah sebuah reputasi dan status penelitian begitu penting bagi Anda? Atau juga Anda ingin terlibat dalam suatu klub olahraga, teater dan majalah sekolah? Atau mungkin juga Anda ingin terlibat untuk memperkuat pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki.

Bagi para mahasiswa yang mencari keuntungan finansial tinggi di tingkat universitas, Anda perlu mencatat dalam diri bahwa jurusan yang dipelajari biasanya lebih penting ketimbang universitas yang dipilih. Dengan mengingat konsekuensi karir jangka panjang yang bisa ditimbulkan dari pemilihan jurusan kuliah, apa yang mau dipelajari adalah pertanyaan utamanya dan kemana Anda harus mengambil kuliahnya adalah pertanyaan kedua yang harus kalian jawab dalam diri masing-masing.

Nah, itu tadi beberapa Tips Memilih Universitas di Australia yang dapat menjadi pegangan bagi Anda yang memiliki rencana kuliah di Australia.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
UTS College
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan