Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
apa saja tugas konsultan pendidikan? simak ini!

Apa Saja Tugas Konsultan Pendidikan? Simak ini!

Beranda / Bacaan Umum / Apa Saja Tugas Konsultan Pendidikan? Simak ini!

Apakah kamu mengalami kesulitan dalam memilih kampus dan jurusan untuk melanjutkan pendidikan? Bingung antara kuliah di dalam negeri atau di luar negeri, kamu bisa meminta layanan konsultasi pada konsultan pendidikan. jika penasaran apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan berkonsultasi, artikel ini akan mengulas tugas Konsultan Pendidikan.

Salah satu contoh konsultan pendidikan ternama di Indonesia sebut saja ICAN Education Consultant. Sebagai konsultan pendidikan sekaligus agen pendidikan yang membantu pelajar Indonesia untuk menemukan kampus dan jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan keterampilan. Kantornya berlokasi di beberapa kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Yogyakarta.

Mengapa Perlu Berkonsultasi sebelum Kuliah

Meskipun melakukan konsultasi kuliah ke luar negeri merupakan pilihan, akan tetapi merencanakan pendidikan secara matang akan mengarahkan kamu pada keberhasilan. Kamu bisa mulai membuat perencanaan karir dan menyesuaikannya dengan minat dan keterampilan yang bisa kamu kembangkan. Berikut ini beberapa alasan kamu perlu berkonsultasi sebelum kuliah.

Menemukan Jurusan yang Relevan

Bertahun-tahun mengenyam pendidikan tapi tidak berkarir sesuai bidang dipilih, selain faktor persaingan yang ketat di dunia kerja hal ini bisa disebabkan kurang matangnya perencanaan. Sebelum kamu mendaftar kuliah kamu perlu mengetahui bakat dan minat yang kamu miliki untuk mengasah dan mengembangkan keterampilan di dunia kerja.

Melansir dari republika.co.id, Indonesia Career Center (ICCN) melakukan penelitian di tahun 2017. hasilnya sebanyak 87% mahasiswa Indonesia berpendapat tidak mengambil jurusan yang tidak relevan dengan minat. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi tenaga kerja bahkan menjadi salah satu pengangguran di Indonesia.

Baca juga : Pembukaan Kantor Baru ICAN Education Consultant Di Yogyakarta

Mengetahui Kehidupan Kampus dan Mahasiswa

Selain menemukan jurusan yang sesuai tentunya kamu perlu mengetahui kultur wilayah tempat dimana kamu akan melanjutkan kuliah. Khususnya jika kamu akan berkuliah di luar negeri, pastikan untuk berkonsultasi dengan konsultan khusus yang mengetahui pendidikan yang berfokus di Timur Tengah atau berfokus di kampus-kampus Eropa maupun Amerika.

Jasa Konsultan lebih Profesional

Untuk menjalankan tugas konsultan seseorang harus memiliki pendidikan yang mumpuni dan berfokus pada pendidikan saja. Pasalnya seorang konsultan harus memiliki gelar yang kredibel untuk memberikan layanan konsultasi. Untuk menjalankan tugas Konsultan Pendidikan Keahlian yang harus dimiliki diantaranya yaitu :

  • Pengetahuan ilmu pendidikan
  • Penguasaan bahasa asing
  • Dapat melakukan interpersonalTerampil melakukan observasiDapat melakukan analisis
  • Memiliki pengetahuan di bidang psikologi, dan lain-lainnya.

Umumnya konsultan pendidikan dibutuhkan pada berbagai tingkat level pendidikan mulai dari lingkup kecil hingga pendidikan yang lebih tinggi. Konsultasi pendidikan juga sering dilakukan di berbagai universitas yang membantu mahasiswa saat akan melanjutkan pendidikan.

Berdasarkan Pengalaman Mahasiswa Internasional

Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri mereka menggunakan jasa konsultan pendidikan. Hal ini berdasarkan informasi dari laman hotcourses.co.id yang menyebutkan sebagian besar mahasiswa mengakui menggunakan jasa konsultan pendidikan. sehingga kamu bisa mempercayakan jasa konsultan pendidikan saat kamu akan kuliah.

Jasa Konsultan Memberikan Informasi secara Lengkap

Tidak hanya memberi saran seputar kampus dan jurusan yang diminati, seorang konsultan pendidikan akan memberikan informasi secara lengkap mengenai akomodasi, tempat tinggal, hingga sistem pendidikan yang diterapkan. Bahkan konsultan pendidikan juga dapat membantu pelajar dalam mengurus administrasi hingga proses keberangkatan.

Baca juga : Mengenal Sistem Pendidikan Di Luar Negeri

Mengenal Tugas Konsultan Pendidikan

Dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan Jasa Konsultan Pendidikan tentunya kamu akan terdorong untuk melakukan konsultasi sebelum mendaftar kuliah. Selain dapat merencanakan peluang karir lebih terarah, kamu juga dapat terbantu dengan saran tempat tinggal, hingga mengenalkan kehidupan mahasiswa di kampus tujuan. berikut tugas konsultan pendidikan.

Mempersiapkan Pelajar Melakukan Tes Pendaftaran

Tidak hanya membantu dalam proses administrasi dan masukan saran dalam memilih universitas. Tugas konsultan pendidikan juga membantu kamu dalam mempersiapkan tes pendaftaran perguruan tinggi. Pasalnya beberapa universitas membutuhkan persyaratan tertentu untuk mengetahui kemampuan pelamar.

Biasanya pelajar yang akan melamar ke perguruan tinggi akan membuat portofolio dan lain sebagainnya. Sehingga konsultan pendidikan untuk mengasah keterampilan yang dimiliki oleh pelajar yang akan mendaftar kuliah ke perguruan tinggi sesuai minat yang dimiliki. Disamping itu, konsultan pendidikan juga memberikan rekomendasi dan persiapan tes lainnya.

Baca juga : Konsultan Pendidikan Luar Negeri Terbaik Di Bekasi

Merencanakan Pendidikan dan Karir Siswa

Selain membantu memilihkan kampus dan jurusan yang relevan dengan minat pelajar, konsultan pendidikan juga membantu mahasiswa dalam merencanakan prospek karir siswa. Mulai dari mengarahkan memilih jurusan yang sesuai dengan keterampilan yang dapat dikembangkan hingga memberikan informasi peluang karir setelah lulus dari pendidikan.

Merencanakan Pendidikan Pelajar Bersama Orang tua

Hal paling penting, konsultan pendidikan melakukan pendampingan tidak hanya pada pelajar yang akan melamar pendidikan. Layanan Konsultasi pendidikan pada umumnya juga melakukan perencanaan pendidikan bersama orang tua untuk bekerja sama untuk menunjang keberhasilan pelajar saat berkuliah.

Baca juga : Rekomendasi Konsultan Pendidikan Luar Negeri Di Bandung

Memberikan Arahan bagi Pelajar dalam Manajemen Waktu

Kedisiplinan dalam mengatur waktu merupakan kebiasaan yang harus dimiliki oleh pelajar saat akan melanjutkan pendidikan. terutama bagi pelajar yang memilih tinggal jauh dari keluarga dan merantau ke tempat yang lebih jauh baik di dalam maupun luar negeri. sehingga pelajar harus dapat mengatur waktu dan membuat kebiasaan yang disiplin sebelum dan saat berkuliah.

Sehingga tugas konsultan pendidikan juga membantu pelajar dalam mengatur manajemen waktu. kedisiplinan tersebut tentunya akan mempengaruhi pada keberhasilan proses belajar saat kuliah nantinya hingga pencapaian prestasi akademik. Pasalnya jika kamu tidak memiliki kesadaran untuk disiplin tentunya akan kesulitan saat menempuh pendidikan.

Baca juga : Menggunakan Jasa Konsultan Pendidikan, Why Not?

Mengadakan Wawancara dan Tes Bakat

Tidak kalah pentingnya, tugas konsultan pendidikan juga melakukan wawancara dan tes bakat. Cara ini bertujuan untuk mengetahui jurusan mana yang tepat sesuai dengan bakat dan minat pelajar. Tes tersebut bisa berupa tes psikologi, wawancara, serta tes keterampilan lainnya. sehingga nantinya kamu bisa menentukan prospek pendidikan dan karir yang lebih terarah.

Dari sekian banyaknya tugas konsultan pendidikan, bagian terpenting saat melakukan konsultasi adalah wawancara, pendampingan manajemen waktu, dan bekerja sama dengan orang tua. Cara tersebut dapat membantu para pelajar untuk menentukan masa depan yang lebih terarah.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan