Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
daftar universitas negeri terbaik di malaysia

Daftar Universitas Negeri Terbaik di Malaysia

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Daftar Universitas Negeri Terbaik di Malaysia

Tertarik kuliah di negara tetangga? Malaysia bisa menjadi salah satu negara terbaik. Negeri Jiran ini memiliki berbagai kampus negeri maupun swasta dengan kualitas Pendidikan terbaik. Universitas negeri di Malaysia cukup banyak dan tentunya memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau.

Beberapa universitas negeri terbaik yang ada di negara ini memiliki jumlah siswa internasional yang cukup banyak. Berbagai persyaratan perlu diperhatikan sebelum kamu mendaftar di universitas-universitas tersebut.

Berikut ini adalah beberapa daftar universitas negeri di Malaysia yang cukup popular di kalangan siswa internasional. Informasi ini mencakup universitas negeri di Malaysia dan jurusannya yang bisa kamu pilih.

Universiti Sains Malaysia

universitas negeri di malaysia - Universiti Sains Malaysia

Terkenal dengan nama USM, kampus ini sangat populer di kalangan pecinta ilmu pengetahuan alam.

Universiti Sains memiliki tiga kampus, di antaranya berada di Penang, dengan kampus utama di USM. Beberapa kampus lainnya terletak di Kelantan dan Belgaum (India). Kampus yang satu ini juga masuk dalam 50 universitas terbaik yang berusia di bawah 50 tahun.

Kampus ini memiliki 24 fakultas dan merupakan salah satu dari tiga universitas riset di Malaysia. Informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di situs resmi universitas.

Universitas Teknologi Malaysia

universitas negeri di malaysia - Universitas Teknologi Malaysia

Kampus utama universitas ini terletak di Skudai, Distrik Johor Baru. Sedangkan, kampus cabangnya berada di Kuala Lumpur. Dikenal dengan nama UTM, kampus ini memperoleh status universitas pada Maret 1972.

UTM adalah universitas riset kewirausahaan berbasis inovasi terkemuka di bidang teknik, sains, dan teknologi.

Sebagai universitas riset pascasarjana terbesar di bidang teknologi, kampus ini juga telah membangun reputasi untuk pendidikan inovatif dan penelitian mutakhir, dengan visi menuju pengembangan sumber daya manusia yang kreatif dan inovasi teknologi kemajuan. Informasi lebih lengkap bisa kamu dapatkan di sini.

Universitas Tun Hussein Onn Malaysia

universitas negeri di malaysia - Universitas Tun Hussein Onn Malaysia

Universitas ini sebelumnya bernama Pusat Latihan Staf Politeknik (PLSP) yang berdiri pada tanggal 16 September 1993. Lembaga pelatihan ini dikelola bersama oleh Universiti Teknologi Malaysia dan Kementerian Pendidikan Malaysia.

Pada tanggal 20 September 2006, Pemerintah Malaysia setuju untuk memberikan kampus ini status universitas penuh dan mengubah namanya menjadi Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

UTHM adalah salah satu universitas negeri di Malaysia dengan fokus utama di bidang Teknik dan Teknologi. Lokasinya yang strategis di lingkungan sub-urban di Johor membuat mahasiswa kampus ini memiliki mobilitas yang cukup baik.

Saat ini, universitas memiliki lebih dari 18.000 mahasiswa termasuk mahasiswa internasional dari 22 negara di seluruh dunia. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi situs resmi universitas.

Universiti Malaya

universitas negeri di malaysia - University Malaya

University of Malaya merupakan lembaga perguruan tinggi riset public yang ada di Kuala Lumpur sekaligus menjadi universitas paling tua di Malaysia. Berdiri sejak tahun 1905 dengan misi untuk meningkatkan jumlah dokter saat negara jiran tersebut kekurangan tenaga medis.

Sampai saat ini, Universiti Malaya berhasil mempertahankan eksistensinya dengan menjadi sekolah kedokteran. UM juga menyediakan gelar sarjana serta kualifikasi doktor pada berbagai disiplin ilmu, termasuk hukum, ekonomi, akuntansi, teknik, pendidikan, dan linguistik.

Universitas tersebut juga bermitra dengan berbagai institusi lainnya di seluruh dunia, termasuk untuk menunjang pendidikan mahasiswanya ke Australia, Inggris, Prancis, dan Jepang. Terdapat komunitas mahasiswa dengan jumlah 21.050, termasuk mahasiswa internasional mencapai 2.900 pelajar. UM juga berkomitmen meningkatkan reputasi multidisplin. Lebih lanjut seputar universitas ini bisa kamu dapatkan di situs resminya.

Baca Juga: Info Lengkap Seputar Biaya Kuliah di Luar Negeri

Universiti Kebangsaan Malaysia

universitas negeri di malaysia - Universiti Kebangsaan Malaysia

Berada di Bangi, Selangor, Universiti Kebangsaan Malaysia berjarak 35 km dari jantung kota Kuala Lumpur. UKM mempunyai komunitas pelajar mencapai 27.000 mahasiswa dengan berbagai program kuliah pada bidang pendidikan, matematika, teknik, hukum, dan politik.

Mahasiswa internasional dapat memilih Universiti Kebanggaan Malaysia untuk program studi Pascasarjana. Sedangkan untuk sekolah kedokterannya tersedia di wilayah pinggiran Cheras, kamu juga dapat menemukan kampus cabang di ibu kota.

Populer dengan julukan Universitas Nasional Malaysia, lembaga perguruan tinggi tersebut berdiri sejak tahun 1970 sekaligus menjadi salah satu dari empat univeristas riset Malaysia sejak tahun 2006 karena standar dan kualitas pendidikannya.

Bidang-bidang utama yang ditawarkan UKM adalah ilmu bumi dan bioteknologi. Seluruh hasil penelitian telah berguna untuk perkembangan industri Malaysia, terutama ilmu makanan, arsitektur, dan bidang teknik.

Tak hanya universitas swasta, universitas negeri di Malaysia juga cukup diminati oleh banyak siswa, terutama siswa internasional. Selain memiliki kualitas Pendidikan yang sangat baik, kampus negeri Malaysia menetapkan biaya kuliah yang cukup terjangkau. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi situs resmi universitas.

Selain universitas negeri terbaik di Malaysia yang telah disebut di atas, kampus negeri yang bisa kamu pilih lainnya adalah Universitas Malaya, Universitas Putra Malaysia, Universitas Teknologi MARA dan lainnya.

Baca juga: Deretan Universitas Negeri Terbaik Di Dunia

Apakah Biaya Kuliah di Malaysia Mahal?

Biaya belajar di Malaysia untuk pelajar internasional biasanya lebih rendah dibandingkan dengan tujuan terkenal lainnya di dunia. Gelar sarjana di Malaysia biasanya berharga sekitar 43,000 hingga 100,000 MYR sedangkan program master menelan biaya hampir 1,800 hingga 30,000 MYR. Harganya akan sangat bervariasi tergantung jenis universitas yang kamu pilih. 

Misalnya, gelar sarjana TI dari lembaga publik atau universitas negeri akan menelan biaya sekitar 8,900 hingga 9,910 MYR, namun biaya kuliah serupa dari universitas swasta lokal atau lembaga swasta internasional akan menghabiskan biaya masing-masing hampir 33,000 hingga 43,000 MYR dan 52,800 hingga 84,000 MYR.

Karena semakin banyak pelajar internasional yang studi ke Malaysia, pemerintah Malaysia mengadakan pendanaan yang cukup bagi kandidat yang ingin belajar di sana. Bantuan keuangan diberikan antara lain dalam bentuk hibah dan pinjaman Pemerintah, beasiswa swasta dan pemerintah, beasiswa universitas, penghargaan universitas dan program studi tertentu.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Bekasi
Macquarie
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan