daftar universitas terbaik di kuala lumpur

Daftar Universitas Terbaik di Kuala Lumpur

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Daftar Universitas Terbaik di Kuala Lumpur

Untuk para siswa yang sedang mencari kampus terbaik di luar negeri, rasanya tak lengkap jika tidak memasukan Malaysia ke dalam daftar. Universitas di Kuala Lumpur, Malaysia terkenal dengan reputasi dan kualitas pendidikannya. Tak heran, jika para siswa internasional, khususnya Indonesia memilih untuk kuliah di negara ini.

Selain kualitas pendidikan yang tak perlu diragukan lagi, kesamaan rumpun dan beberapa budaya membuat Malaysia mirip dengan Indonesia. Lokasinya yang tak terlalu jauh juga membuat negara ini menjadi tujuan pendidikan banyak siswa Indonesia.

6 Universitas di Kuala Lumpur

Buat kamu yang akan melanjutkan kuliah di negara tetangga ini, berikut daftar universitas di Kuala Lumpur Malaysia yang wajib kamu tahu!

Baca Juga: Apa Saja Universitas Favorit di Malaysia?

1. Universiti Malaya (UM)

Menurut data dari QS World Ranking University, UM berada di peringkat ke-167 dengan skor 56.9 di dunia dan peringkat 32 dengan skor 80.4 di Asia. Kampus ini sendiri terletak di Lingkungan Budi, Kuala Lumpur dan telah berdiri sejak 1905.

UM sendiri dikenal dengan ilmu kedokterannya dan memiliki berbagai jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Ekonomi, Hukum, Akuntansi dan lainnya.

Sebagai bentuk perkembangannya, universitas ini juga melakukan kerja sama dengan kampus internasional yang berada di Australia, Prancir, Jepang dan Inggris.

2. Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Sebagai salah satu universitas terbaik di Malaysia, UTAR memiliki Sembilan fakultas, 110 program studi dan 32 pusat riset. Universitas swasta ini sendiri sudah ada sejak 2002 lalu.

Untuk menjalin relasi sesama mahasiswa, kamu bisa mengikuti berbagai klub mahasiswa atau UKM yang sangat beragam. UKM di sini terdiri dari komunitas yoga, komunitas pecinta robot hingga komunitas persahabatan internasional.

3. Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU)

Asia Pacific University of Technology & Innovation menjadi salah satu universitas di Kuala Lumpur yang cukup terkenal. Kampus ini memiliki perpaduan yang unik antara teknologi, inovasi dan kreativitas.

APU juga memiliki reputasi yang cukup baik sebagai universitas pemenang lebih dari 200 penghargaan bergengsi, baik di tingkat lokal dan internasional.

4. HELP University

Telah berdiri sejak 1986 lalu, HELP University berupaya memberikan pendidikan berkualitas yang terjangkau bagi para siswa.

Seiring perkembangannya, universitas  ini telah menjadi institusi pendidikan tinggi terkemuka di Malaysia dengan reputasi internasional yang baik.

Berbagai program termasuk bisnis, hukum, manajemen, ekonomi, IT, ilmu sosial dan humaniora tersedia di sini.

Baca Juga: Daftar Universitas Bagus di Malaysia

5. Universiti Kuala Lumpur UNIKL

Peringkat universitas ini pada tahun 2013 adalah terbaik nomor 5, dengan setting kampus urban dan sebanyak 11% pelajar internasional memilih UNIKL.

UNIKL terkenal sebagai lembaga pendidikan tinggi populer karena teknologi rekayasa. Tujuan pembangunannya adalah untuk memajukan status pendidikan teknis Malaysia. Selama belajar, kamu akan dibimbing agar memiliki pengetahuan teknologi mumpuni, punya keterampilan kewirausahaan, dan membangun karir impian.

Memilih Universiti Kuala Lumpur berarti kamu akan tinggal pada apartemen dan bergabung dalam komunitas, bertemu berbagai pelajar internasional dengan ras, agama, dan budaya berbeda. Harga wajar akomodasi juga menjadi keuntungan tersendiri. Sebagai murid baru, kamu wajib tinggal di area kampus terlebih dahulu selama satu tahun.

6. Methodist College

Menunjukkan eksistensinya hingga lebih dari 36 tahun, lembaga pendidikan ini selalu aktif menyelenggarakan pendidikan tinggi di Kuala Lumpur. Methodist College Kuala Lumpur berada pada kawasan strategis, tepat di jantung kota KL.

Selama kuliah, kamu akan belajar tentang bagaimana menggunakan berbagai teknologi untuk menjawab tantangan industri 4.0 yang terus berkembang. Program pendidikan yang ditawarkan juga bervariasi, menjadikannya sebagai universitas terbaik di Kuala Lumpur. Kamu bisa ikut program Pre-University, Tertiary Programmes, dan terakhir Professional Qualification.

Dengan total biaya kuliah RM 25.000 per semester, Methodist College telah menjadi rumah bagi 2000 mahasiswa dan 200 tenaga pendidik.

Perkiraan Biaya Hidup dan Kuliah di Kuala Lumpur Malaysia

Setelah mengetahui universitas terbaik di Kuala Lumpur, kini kamu perlu tahu perkiraan biaya hidup dan kuliah di Malaysia. Berikut informasi lengkapnya agar kamu bisa melakukan persiapan mulai sekarang.

Biaya Hidup di Kuala Lumpur Malaysia

Besarnya biaya hidup akan sangat tergantung dari lokasi tempat tinggal. Jika kamu tinggal di dekat wilayah perkotaan, maka kamu membutuhkan dana kira-kira RM1,200 setiap bulannya.

Besaran ini sudah termasuk ke dalam biaya akomodasi sekitar RM300 hingga RM450 tergantung jenis kamar yang kamu pilih, biaya makan sebesar RM5 untuk satu kali makan, laundry, telekomunikasi, transportasi dan lainnya.

Biaya lain-lain yang biasanya kamu perlukan mencakup biaya hiburan, seperti tiket bioskop, buku pelajaran, alat tulis, dan biaya pengobatan. Meski terkadang ada diskon spesial untuk pelajar, akan lebih baik jika kamu dapat mengatur gaya hidup untuk dapat berhemat.

Baca Juga: Apa Saja Universitas Swasta Di Kuala Lumpur?

Biaya Kuliah di Kuala Lumpur Malaysia

Biaya kuliah masing-masing siswa tentu tidak sama. Ini akan sangat tergantug pada jenis universitas, program dan jurusan yang kamu ambil. Di Malaysia sendiri, kamu bisa memilih universitas negeri, perguruan tinggi swasta, universitas swasta, hingga universitas kampus cabang asing.

Sebagai gambaran, jika kamu mengambil program Master Administrasi Bisnis di universitas swasta, kamu mungkin akan menghabiskan RM35,000 hingga RM58,000. Namun, jika kamu mengambil program tersebut di universitas negeri, maka bisa menjadi RM15,000 hingga Rm20,000.

Cara Mendaftar Kuliah di Kuala Lumpur

Proses pendaftaran di universitas di Kuala Lumpur atau universitas lainnya di Malaysia akan berbeda tergantung dari universitas yang kamu pilih.

Kamu bisa melakukan pendaftaran langsung ke universitas tujuan dengan mengunjungi situs resminya. Selain itu, proses pendaftaran juga bisa kamu lakukan melalui agen pendidikan luar negeri. Di sini, proses pendaftaran dan keberangkatan akan dibantu oleh para tim professional.

Meski begitu, kamu perlu mengetahui syarat-syarat umum yang diperlukan, misalnya fotocopy sertifikat, transkrip nilai resmi, salinan paspor dan kartu identitas, rincian akomodasi, pas foto berwarna dan lain sebagainya.

Jika pendaftaran kamu diterima, universitas akan menginformasikannya lewat surat penerimaan lengkap dengan kapan waktu perkuliahan dimulai dan tagihan kuliah.

Kamu perlu melakukan pembayaran dan segera mengajukan permohonan visa untuk bisa kuliah di Universitas di Kuala Lumpur.

Lakukan persiapan dari sekarang agar prosesnya berjalan tanpa hambatan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
Monash Malaysia
Deakin University
SIT
Education Expo Manado

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan