Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
10 universitas terbaik untuk kuliah teknik perminyakan di luar negeri

Universitas Terbaik untuk Kuliah Teknik Perminyakan di Luar Negeri

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Universitas Terbaik untuk Kuliah Teknik Perminyakan di Luar Negeri

Kuliah teknik perminyakan di luar negeri bisa membantu kamu untuk mendapatkan prospek pekerjaan luas secara global. Saat ini program studi teknik perminyakan menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mulai banyak diminati oleh generasi muda.

Tidak hanya di Indonesia, tetapi di luar negeri jurusan ini juga cukup populer sehingga banyak dipilih oleh beberapa pelajar internasional. Banyak perguruan tinggi besar di luar negeri yang menyediakan jurusan teknik perbanyakan dengan kurikulum dan fasilitas terbaik dunia.

Kuliah jurusan teknik perminyakan di luar negeri justru bisa membantu kamu semakin berkembang dan unggul dalam bidang tersebut.

Mengenal Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan teknik perbanyakan merupakan bidang ilmu yang akan membantu kamu untuk mempelajari bagaimana cara menggali dan mengeksplorasi sumber daya alam dengan tujuan untuk mengekstraksi mineral, misalnya seperti panas bumi, gas, dan minyak. Program studi ini juga bisa membantu kamu belajar di berbagai macam aspek yang memiliki kaitannya dengan peralatan, teknologi, serta metode yang digunakan dalam industri minyak dan gas.

Ada berbagai macam materi-materi penting yang dipelajari dalam jurusan teknik perminyakan, sehingga memperhatikan semua materi tersebut dengan baik dan benar. Mahasiswa juga bisa mempelajari teknik pengolahan serta minyak bumi maupun gas alam, termasuk untuk melakukan pemisahan, pengukuran, dan transportasi.

Jadi, jurusan teknik perminyakan ini bisa menyenangkan loh.

Baca juga:
Daftar Universitas Teknik Perminyakan Di Australia

Apa yang Dipelajari dalam Jurusan Perminyakan?

Apa saja yang akan dipelajari jika tertarik untuk mengambil teknik perminyakan? Mata perkuliahan jurusan teknik perminyakan fokus pada berbagai aktivitas yang memiliki hubungan dengan produksi hidrokarbon dan berupa minyak mentah maupun gas alam.

Program studi ini juga mempelajari sistem yang memiliki kaitan dengan bangunan rig lepas pantai dan digunakan eksplorasi minyak di laut. Ketika kamu sudah masuk kuliah di jurusan teknik perminyakan, maka akan lebih banyak belajar tentang pengeboran tambang minyak, prosedur keamanan, pembuatan fasilitas, hingga manajemen penambangan minyak dan gas.

Program studi teknik perminyakan sangat menarik dan masih banyak dibutuhkan di Indonesia, maka dari itu kamu harus paham mata kuliah apa saja yang mungkin didapatkan, seperti berikut:

  • Kimia Fisika
  • Mineralogi Dasar
  • Geologi Fisik
  • Ekskursi Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi
  • Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi
  • Sedimentologi dan Stratigrafi
  • Teknik Pengangkatan Buatan
  • Kimia Dasar
  • Teknik Reservoir
  • Ekonomi Migas dan Panas Bumi

Masih banyak mata perkuliahan yang akan kamu dapatkan ketika mengambil teknik perminyakan. Tetapi perlu diketahui bahwa kemungkinan setiap perguruan tinggi akan memiliki mata perkuliahan yang berbeda, karena kurikulum yang diterapkan juga tidak sama. Apalagi bagi beberapa perguruan tinggi di luar negeri, yang menggunakan kurikulum berkualitas internasional.

10 Universitas untuk Kuliah Jurusan Teknik Perminyakan

Setelah mengetahui beberapa mata perkuliahan dan apa saja yang akan dipelajari ketika mengambil teknik perminyakan, kamu memiliki kesempatan untuk mengambil jurusan teknik perminyakan di luar negeri. Ada banyak perguruan tinggi di luar negeri yang menyediakan jurusan Teknik permintaan dengan kualitas kurikulum internasional.

Menurut QS WUR, berikut ini kampus dengan jurusan teknik perminyakan yang terbaik secara global:

1. National University of Singapore

National University of Singapore menjadi universitas terbaik pertama yang menyediakan program studi teknik perminyakan. Kampus Ini menggunakan sistem pengajaran yang cukup unik, dimana mahasiswa program undergraduate dan graduate menggunakan pembelajaran sistem modular.

Ada berbagai macam jurusan yang ditawarkan salah satunya adalah teknik perminyakan yang tergabung dalam Fakultas Teknik NUS. Fakultas tersebut sudah tersedia sejak 1980 dan menjadi fakultas terbesar di antara beberapa fakultas lain di perguruan tinggi NUS.

2. University of Texas at Austin

Perguruan tinggi Selanjutnya yang bisa dipilih untuk jurusan teknik perminyakan adalah University of Texas at Austin yang berada di Amerika Serikat. Kampus ini merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki peringkat top di Amerika Serikat dan sekarang sudah menduduki peringkat ke-36 dunia.

Kamu sini sudah terkenal dengan berbagai macam program dengan peringkat terbaik dunia, salah satunya adalah teknik perminyakan. Menjadi perguruan tinggi riset terkemuka dengan 50.000 lebih mahasiswa membuat University of Texas at Austin banyak diminati   oleh pelajar internasional.

3. Technical University of Denmark

Selanjutnya ada Technical University of Denmark yang menyediakan jurusan teknik perminyakan dengan kualitas terbaik dunia. Sebagai salah satu universitas teknik terkemuka di Eropa, kampus ini menyediakan berbagai macam program unggulan.

Sejak didirikan pada tahun 1829, kampus ini sudah menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan teknik, penelitian, serta inovasi di Denmark. Dengan komitmen yang dimiliki yaitu fokus terhadap penelitian berbasis teknik dan sains, kampus ini terus memberikan peran kuat dalam menciptakan solusi inovatif dalam tantangan global.

4. Stanford University

Siapa yang tidak kenal dengan Stanford University? Merupakan salah satu kampus unggulan di dunia, Stanford University juga menyediakan program studi teknik perminyakan. Kampus ini berhasil meneliti posisi terbaik ketika di dunia dan menempati rangking kedua Sebagai perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat.

5. Texas A & M University

Jurusan teknik perminyakan terbaik selanjutnya bisa dipilih di Texas A&M University. Kampus ini merupakan institusi negeri memilih yang berlokasi di College Station. Didirikan pada tahun 1876, saat ini jumlah mahasiswa sudah mencapai 46.000 orang dalam berbagai macam jurusan.

Salah satu jurusan yang ditawarkan adalah teknik perminyakan yang didampingi oleh dosen profesional dan ahli dalam bidangnya.

6. King Fahd University of Petroleum & Minerals

Selanjutnya ada King Fahd University of Petroleum & Minerals yang merupakan anniversitas berperingkat tinggi di Arab Saudi. Fokus pada bidang teknik perminyakan, kampus ini menawarkan pilihan Sudi melalui 6 fakultas seni yang mencakup dalam bidang teknik.

7. Imperial College London

Kampus terbaik selanjutnya dalam bidang teknik perminyakan adalah Imperial College London. Perguruan tinggi ini termasuk bagian dari Russel Group dan berhasil menduduki peringkat universitas terbaik 5 di Inggris.

Sebagai salah satu perguruan tinggi top di dunia, ada Berbagai macam program studi yang ditawarkan dan salah satunya adalah teknik perbanyakan. Kualitas pembelajaran dan penelitian dalam teknik perminyakan di kampus ini sudah tidak perlu dilakukan lagi. Kamu bisa masuk dalam Fakultas Teknik untuk mendapatkan jurusan teknik perminyakan.

8. University of Alberta

Pada peringkat ke-8 ada University of Alberta, yang merupakan universitas dengan komitmen menciptakan pengalaman mahasiswa serta memberdayakan, maupun mempersiapkan mahasiswa untuk menciptakan perubahan positif di dunia setelah lulus kuliah di University of Alberta.

Kampus ini menyediakan berbagai macam program studi pilihan terbaik, salah satunya adalah teknik perminyakan. Bahkan kampus ini berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi yang memiliki prospek kerja lulusan tinggi di Kanada.

9. Delft University of Technology

Kampus selanjutnya yang perlu dipertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di jurusan teknik perminyakan adalah Delft University of Technology. Universitas yang berlokasi di Netherland berhasil didirikan di 1842 dan menjadi perguruan tinggi teknik tertua serta terbesar di Belanda.

Fokus pendidikan pada bidang teknik membuat perguruan tinggi ini menyediakan berbagai macam program studi pilihan terbaik, salah satunya adalah teknik pertunjukan.

10. The University of Adelaide

Di peringkat ke-10 ada The University of Adelaide sebagai perguruan tinggi terbaik dunia yang menyediakan program studi teknik perminyakan. Kampus ini merupakan perguruan tinggi terbaik di Australia dengan reputasi yang kuat di bidang pendidikan maupun penelitian.

Baca juga :
Kuliah Jurusan Oseanografi Di Luar Negeri, Ini Kampus Terbaiknya

Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan

Kuliah jurusan teknik perminyakan kamu memiliki kesempatan untuk bekerja dengan prospek pekerjaan yang luas. Sebagian lulusan teknik perminyakan, kamu tidak diwajibkan untuk bekerja kilang atau rig minyak saja, ada di juga beberapa prospek kerja lain, seperti berikut:

Petroleum Landman

Prospek pekerjaan pertama yang bisa dicoba petroleum landman, di mana profesi ini dibilang cukup menarik dan bisa menjadi pilihan pekerjaan utama bagi kamu. Profesi ini membuat kamu menjadi seorang profesional yang bekerja pada industri minyak dan gas dan memiliki tanggung jawab utama untuk melakukan penelitian serta pengumpulan data.

Data yang dikumpulkan tersebut bisa seputar milik tanah, hukum properti, maupun kontrak leasing. Tidak hanya itu, tetapi kamu juga bisa bertanggung jawab untuk mengevaluasi serta menentukan kepemilikan hak atas tanah yang akan digunakan sebagai kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas.

Tugas utama dari petroleum landman adalah melakukan negosiasi serta pembelian hak atas tanah, kemudian memastikan bahwa perusahaan minyak dan gas sudah memenuhi syarat hukum yang ditetapkan.

Perkiraan gaji dari petroleum landman sekitar $90.000 – $150.000 per tahun.

Teknik Reservoir

Menyelesaikan studi teknik perminyakan kamu juga bisa mencoba menjadi teknik reservoir. Teknik reservoir merupakan profesional di bidang teknik perminyakan dan memiliki tanggung jawab untuk memantau serta menganalisis kinerja sumur maupun reservoir minyak dan gas.

Tugas utama adalah memastikan bahwa produksi minyak dan gas pada lapangan bisa dioptimalkan serta dijalankan secara efisien. Perkiraan gaji yang didapatkan untuk menjadi seorang teknisi reservoir sekitar $81.000 – $110.000 per tahun.

Well-Log Analyst

Lulusan teknik perminyakan juga bisa bekerja sebagai well-log analyst. Pekerjaan ini dilakukan untuk menganalisis serta menafsirkan data log sumur dari peralatan geofisika yang dipasang di dalam sumur, seperti gamma ray, sonic, neutron, dan masih banyak lagi lainnya.

Data log sumur digunakan untuk membuat gambaran 3D, tentang struktur bumi di sekitar sumur dan identifikasi Sumber Daya Mineral maupun bahan bakar yang ada di dalamnya. Kisaran gaji menjadi seorang well-log analyst sekitar $92.000 – $135.000 per tahun.

Energy Economist

Sudah pernah dengar tentang energy economist? Pekerjaan Ini merupakan seorang ahli ekonomi yang fokus terhadap masalah energi, termasuk untuk produksi, distribusi, dan konsumsi energi.

Dalam profesi ini kamu bisa menerapkan berbagai macam prinsip-prinsip ekonomi yang digunakan untuk permasalahan energi serta bentuk perusahaan maupun pemerintah membuat keputusan yang tepat terkait energi.

Gaji yang  didapatkan bagi seorang energy economist sekitar $88.000 – $128.000 per tahun.

Surveyor Tanah

Prospek pekerjaan selanjutnya bisa dipilih oleh lulusan teknik  menjadi perminyakan adalah surveyor tanah. Jadi pekerjaan ini bisa dilakukan oleh seorang profesional yang sudah terlatih untuk melakukan pengukuran serta pemetaan lahan.

Prospek pekerjaan ini mungkin tidak terlalu sinkron dengan mata perkuliahan teknik perminyakan, apalagi tugasnya untuk mengukur dan membatalkan perbatasan lahan.

Tetapi perlu diketahui bahwa survei tanah juga bisa melakukan pemetaan untuk beberapa proyek rekonstruksi, misalnya untuk lokasi yang digunakan dalam pertambangan minyak.

Nah, gaji yang  bisa didapatkan sekitar $66.000 -$85.000 per tahun, tertarik?

Baca juga :
Universitas Untuk Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik Di Dunia

Kesimpulan

Jurusan Teknik perminyakan merupakan bidang ilmu yang akan membantu kamu untuk mempelajari bagaimana cara menggali dan mengeksplorasi sumber daya alam sehingga bertujuan mengekstraksi mineral seperti minyak, gas, dan panas bumi.

Program di ini merupakan cabang ilmu teknik yang banyak diminati baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Jika kamu tertarik untuk mengambil program studi teknik perbanyakan di luar negeri, konsultasikan keinginan tersebut dengan agen pendidikan luar negeri terbaik dan profesional seperti ICAN Education Consultant.

Melalui agen pendidikan luar negeri terbaik akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan berbagai macam informasi terkait jurusan Teknik perminyakan di luar negeri dan membantu kamu melakukan proses pendaftaran di kampus pilihan. Kesempatan kuliah teknik perminyakan di luar negeri jauh lebih besar.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan