Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
update informasi jurusan teknik utem malaysia dan prospek gelar

Update Informasi Jurusan Teknik UTeM Malaysia dan Prospek Gelar

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Update Informasi Jurusan Teknik UTeM Malaysia dan Prospek Gelar

Jurusan Teknik UTeM Malaysia adalah salah satu jurusan unggulan yang berhasil memenuhi kebutuhan industri teknologi. UTeM berdiri pada 1 Desember 2000 sebagai Universitas Negeri Teknik 1 di Malaysia. Terletak di kota warisan dunia UNESCO Melaka, universitas tersebut mempunyai luas lahan 766 hektar dengan lanskap hijau, dilengkapi fasilitas canggih di semua tujuh fakultasnya.

Universitas Malaysia yang satu ini telah mendapatkan pengakuan sebagai universitas yang mampu menghasilkan lulusan teknik berkualitas. Lulusannya dibekali kemampuan yang dapat memenuhi kebutuhan industri teknologi. Universitas tersebut juga memiliki kompetensi penelitian dan memberikan kontribusi kepada negara. Beberapa penelitian terkait Rekayasa Sistem, Interaksi Manusia-Teknologi, dan Teknologi Berkembang.

UTeM tidak hanya menerima mahasiswa lokal tetapi juga internasional. Kamu akan bertemu dengan mahasiswa asal Irak, india, Arab Saudi, Chad, Suriah, Pakistan, Kamerun, Bangladesh, Tanzania, India, Somalia, Singapura, Qatar, Palestina, Libya, Iran, Ghana, Prancis , Yaman, Nigeria, dan Yordania.

Pilihan Jurusan Teknik UTeM Malaysia

Berikut adalah apa saja pilihan jurusan teknik yang disediakan di UTeM Malaysia jika kamu sudah menyelesaikan pendidikan Menengah:

1. Diploma in Electronic Engineering

Dalam proses peningkatan daya saing industri Malaysia, sumber daya manusia yang terampil dan berpengetahuan di bidang teknik elektronik sangat penting dan diperlukan. Lulusan diploma UTeM Malaysia akan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja semi-profesional. Selain itu, lulusan diploma dengan prestasi akademik yang luar biasa akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi ke tingkat sarjana.

Terdapat tiga perkuliahan utama yang diusung oleh Fakulti Kejuruteraan Elektronik dan Kejuruteraan Komputer (FKEKK) uTeM. Selain industrial electronics, terdapat pula computer engineering, dan telecommunication engineering.

Baca juga:
3 Universitas Teknik Di Malaysia

2. Bachelor of Mechatronics Engineering

Sarjana Teknik Mekatronika dengan Kehormatan (BEKM) diprakarsai dan didirikan oleh UTeM pada tahun 2005, menghadirkan peluang penelitian, kolaborasi industri, dan pembelajaran yang menarik. Perkuliahan ini merupakan tradisi, hasil kolaborasi dengan industri oleh universitas negeri ini. Banyak modul diajarkan oleh staf akademik yang bermotivasi tinggi di bidang Elektro dan Elektronik serta Teknik Mesin.

Tujuan utama dari program Teknik Mekatronika adalah untuk membekali mahasiswa, agar dapat bekerja di tingkat profesional dalam industri terkait teknik mekatronika multidisiplin. Penekanan pembelajaran difokuskan pada kemampuan mahasiswa untuk mempelajari hal-hal baru dan memecahkan masalah teknik, secara individu atau kolektif.

Program ini juga dirancang agar mahasiswa mengetahui dan menerapkan pengetahuan dasar matematika, sains, teknik elektro dan mekatronika saat lulus. Para mahasiswa juga dapat menerapkan pengetahuan dasar matematika, sains, teknik elektro dan mekatronika dan merancang sistem, dan komponen, untuk berbagai kebutuhan.

3. Bachelor of Electrical Engineering with Honors (BEKG)

Fakultas Teknik Elektro menawarkan program Sarjana Teknik Elektro dengan Honors (BEKG) Mode Paruh Waktu. Program ini akan memakan waktu lima setengah tahun, dengan gelar Sarjana Teknik Elektro. Sesuai kurikulum akademik, tujuan perkuliahan ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri

Efektivitas dan kualitas kurikulum seperti konten pendidikan, proses belajar mengajar terus dipantau dengan metode penilaian yang tepat untuk mencapai LO dan PO. Tujuan utamanya adalah membekali mahasiswa dengan unsur-unsur soft skill, kegiatan ko-kurikulum, keterampilan manajemen, kemampuan kewirausahaan, keterampilan komunikasi, dan menghasilkan insinyur lulusan berkualitas.

Baca juga:
Seputar Perkuliahan Program Studi UTeM Malaysia Dan Alasan Memilihnya

Prospek Gelar Jurusan Teknik

Jika kamu tertarik untuk kuliah di Malaysia namun di universitas lain, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant. Tim konselor kami akan memberikan informasi lengkap seputar perkuliahan di Malaysia. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami akan membantu proses pendaftaran hingga kamu menjadi mahasiswa di kampus ini.

Universiti Teknikal Malaysia Melaka sendiri adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Alor Gajah, Malaysia yang berada pada peringkat #1201-1400 dalam QS World University Rankings 2024.

Memilih kuliah jurusan Teknik membuat kamu bisa belajar banyak hal termasuk berpikir logis dan terstruktur. Prospek kerja jurusan teknik juga terbilang menjanjikan, misalnya dengan menjadi engineering manager atau quality controller atau bekerja sesuai latar pendidikan bidang teknik.

Setelah lulus dari program jurusan Teknik UTeM Malaysia, kamu tidak harus menjadi seorang karyawan. Kamu dapat memanfaatkan gelar tersebut sebagai freelance atau menyediakan jasa konsultan. Contoh, kamu dapat membuka jasa pemetaan dan jasa desain.

Selama masa kuliah, mahasiswa teknik wajib belajar ilmu teknik saja. Akan tetapi, kamu dapat belajar sebagai seorang teknokrat profesional. Mahasiswa teknik juga sudah terbiasa dalam hal manajemen waktu, paham tentang kebutuhan klien, mampu negosiasi, dan berbagai soft skill pendukung.

Belajar mencari solusi berbagai macam masalah sehingga mempunyai kreativitas tinggi adalah salah satu keterampilan penting yang juga dimiliki oleh lulusan teknik. Keterampilan tersebut juga dibutuhkan untuk berbagai bidang saat berkarir.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Macquarie
Auckland
Study in SIngapore

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan