Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
berapa lama durasi kuliah di amerika

Berapa Lama Durasi Kuliah di Amerika

Beranda / Perkuliahan / Berapa Lama Durasi Kuliah di Amerika

Berapa lama kuliah di Amerika? Lamanya durasi kuliah di Amerika Serikat tergantung pada jenjang pendidikan apa yang kamu ambil. Baik S1, S2 atau S3 ketiganya memiliki durasi masa tempuh pendidikan yang berbeda. Bisa lebih singkat maupun lebih lama tergantung bagaimana kamu dapat menyelesaikan program studi kamu dalam perkuliahan.

Untuk mendapatkan informasi kuliah di luar negeri, kamu dapat menggali informasi mengenai persyaratan yang diperlukan dan lain sebagainya dengan konsultan pendidikan. Salah satu konsultan yang dapat kamu hubungi adalah education. Untuk mengetahui informasi beasiswa dan program pembelajaran lainnya di Amerika Serikat, kamu dapat melakukan konsultasi kuliah luar negeri bersama tim kami.

Berapa Lama Kuliah di Amerika untuk Program Sarjana?

Program sarjana di Amerika Serikat terbagi menjadi dua tingkatan yaitu Associate degree dan Bachelor degree. berikut penjelasan tingkat pendidikan program undergraduate di Amerika Serikat.

Associate Degree

Berapa lama kuliah di Amerika untuk program Associate degree? Jika di Indonesia para pelajar lulusan SMA bisa langsung mengambil program sarjana. Di Amerika Serikat para pelajar harus terlebih dahulu mengambil program collage selama dua tahun di community college. Hal ini sebagai mata kuliah prasyarat dengan gelar AA (Associate of Art).

Pada program Associate degree ini kamu diwajibkan untuk mengambil kelas dengan mata kuliah yang berbeda seperti literatur, sejarah, ilmu sosial, sains, seni, dan yang lainnya. Mata kuliah prasyarat tersebut bertujuan sebagai pengetahuan umum untuk bidang studi yang lebih spesifik lagi nantinya.

Baca juga :
Universitas Untuk Kuliah Murah Di Amerika

Bachelor degree

Setelah lulus dari Associate degree kamu bisa melanjutkan pendidikan kamu pada program bachelor selama 4 tahun. Pada program bachelor terdapat jurusan atau yang disebut Major. Pada tahun ketiga Kamu akan diarahkan secara spesifik pada bidang pendidikan yang akan kamu ambil.

Sebagai contoh jika kamu mengambil major di bidang jurnalisme maka gelar yang akan dimiliki adalah Bachelor of Arts in Journalism (Sarjana Seni di Jurnalisme). Sehingga kamu perlu mengambil beberapa dari mata kuliah pada bidang tersebut agar dapat memenuhi syarat dalam memperoleh gelar tersebut.

Durasi Belajar untuk Program S2

jika kamu berencana untuk kuliah di Amerika dengan program S2, disana terdapat dua jenis program pascasarjana yaitu akademik atau riset dan program profesional. Masing- masing program ini ditempuh dengan masa dua tahun pendidikan. berikut ini penjelasan program pascasarjana di Amerika.

Program Akademik atau riset

Program ini memakan waktu dua tahun dan satu tahun untuk beberapa program studi tertentu seperti di bidang jurnalisme. Lulusan pada program ini biasanya melanjutkan karir pada bidang riset. Untuk bisa masuk dalam program pascasarjana kamu membutuhkan GRE atau GMAT untuk bidang bisnis, LSAT untuk hukum dan MCAT untuk kedokteran.

Program Profesional

Pada program ini kamu akan disiapkan pada beberapa bidang profesi dengan memakan waktu selama dua tahun. Gelar yang akan diperoleh yaitu master. Program ini diajarkan dalam ruang kelas, dimana kamu perlu menyiapkan karangan yang panjang yaitu master thesis.

Baca juga:
Cara Kuliah Di Amerika, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Durasi Belajar Program S3

Gelar master merupakan syarat utama untuk dapat memasuki jenjang pendidikan S3 atau Doktor. Pada jenjang pendidikan ini kamu akan mengejar gelar Phd. Durasi kuliah untuk program Doctoral ini berbeda untuk mahasiswa domestik dengan mahasiswa Internasional. Berikut penjelasan berapa lama kuliah di Amerika program S3.

Durasi Waktu Bagi Mahasiswa Domestik

Program Doctoral ini bisa ditempuh dengan masa tiga tahun atau lebih untuk mendapatkan gelar Phd. Pada dua tahun pertama, setiap kandidat mendaftarkan diri pada kelas dan seminar. Adapun satu tahun pertama melakukan penelitian dan membuat tesis/disertasi yang berisikan rencana, pandangan dan penelitian yang belum dipublikasikan sama sekali.

Durasi waktu bagi mahasiswa internasional

Untuk mahasiswa internasional gelar Phd bisa memakan waktu lima sampai enam tahun. Sama halnya dengan mahasiswa domestik, mahasiswa internasional juga melakukan penelitian dan membuat tesis. Pada sebagian universitas yang memiliki program doktor mewajibkan kandidat untuk memiliki kemampuan membaca bilingual, untuk in residence.

Baca Juga :
Jadwal Libur Kuliah Di Amerika

Tips Kuliah di Amerika

Program doktoral ini bisa memakan waktu yang cepat selama tiga tahun atau bahkan lebih lama hingga 6 tahun. Hal ini tentunya berpengaruh pada pembiayaan yang dibutuhkan untuk melakukan program pendidikan di Amerika. berikut ini merupakan tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan biaya lebih murah di Amerika.

Seperti yang diketahui bahwa durasi kuliah di ditentukan oleh jenjang pendidikan yang diambil. Selain itu, kamu perlu mengetahui bagaimana budaya kehidupan masyarakat disana. Dengan begitu, kamu akan mudah beradaptasi dengan tidak melakukan hal-hal yang dianggap tidak sopan atau melanggar aturan yang masyarakat sekitar terapkan. Meskipun begitu, kamu tidak boleh melupakan prinsip atau nilai-nilai kehidupan yang selama ini kamu yakini.

Cobalah untuk menjelajah tempat makan atau supermarket yang menjual produk dengan harga terjangkau. Kamu pun tidak boleh lupa untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. Namun, hal yang paling penting adalah memilih dan menentukan tempat tinggal. Sehingga sesampainya disana kamu pun tidak bingung lagi akan kemana. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang telah ditentuntukan maupun disepakati bersama orangtua atau keluarga.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
SIM
KINGS USA
KINGS UK
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta
Auckland
Queensland
Macquarie

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan